Opini

Pentingnya Jasa Mesin Bubut CNC di Era Sekarang

Penyedia jasa bubut CNC sangat dibutuhkan untuk usaha dengan kebutuhan komponen mekanik terkustomisasi. Sebab, ada kalanya industri butuh komponen spesifik namun tidak tersedia di pasar.

Ishak Okta Sagita29 Juni 2024

Berdasarkan data dari Kemenkop UKM tahun 2023, terdapat 67 juta pelaku UMKM di Indonesia. Sekitar 30,5% atau 20,4 juta bergerak di industri manufaktur. Dapat dikatakan bahwa sepertiga dari UMKM di Indonesia berkaitan langsung dengan industri.

UMKM manufaktur adalah usaha yang menawarkan unit bisnis produksi barang, komponen produk, konsultasi desain, serta pengujian produk berskala industri. Salah satu bentuk unit bisnis yang ditawarkan adalah jasa bubut CNC

Penyedia jasa bubut CNC sangat dibutuhkan untuk usaha dengan kebutuhan komponen mekanik terkustomisasi. Sebab, ada kalanya industri butuh komponen spesifik namun tidak tersedia di pasar. 

Harga mesin bubut CNC terbilang mahal apabila Anda melakukan produksi skala kecil. Tetapi jangan risau karena Anda bisa memanfaatkan jasa bubut CNC untuk kebutuhan bisnis.

Pada pembahasan ini, Anak Teknik Indonesia menjabarkan betapa pentingnya menggunakan jasa mesin bubut CNC bagi usaha UMKM maupun industri. 

Sejarah lahirnya Teknologi mesin CNC

Mesin CNC (Computer Numerical Control) merupakan alat yang dirancang untuk membantu produksi dengan tingkat kesulitan tinggi. Operator hanya perlu memasukan program untuk menjalankan mesin. 

John Pearson adalah orang yang mengembangkan mesin CNC pada tahun 1952 di Institut Teknologi Massachusetts. Pembuatan mesin ini terinspirasi dari kemajuan mesin NC (Numerical Control) pada tahun 1949.  

Mulanya, mesin rancangannya adalah proyek untuk membuat baling-baling helikopter menggunakan bentuk aerofoil. Pada tahun 1958, mesin CNC mulai dipatenkan. 

Popularitas CNC mulai naik pada akhir tahun 1960an. Bermula dari munculnya sistem CAD pertama yang mana mampu menyediakan pemodelan gambar 3D untuk mengembangkan kode G. 

Munculnya kode G memudahkan akses ke teknologi CNC. Sehingga tak heran kalau mesin CNC modern memakai bahasa kode G untuk mengoperasikan mesin. Pada tahun 1989, mesin CNC sudah menjadi standar untuk produksi skala besar di industri.

Masalah biaya produksi dan keterbatasan teknologi membuat mesin CNC kala itu jarang diminati. Tetapi pada tahun 1975, CNC mulai berkembang seiring munculnya mikroprosesor. 

Kelebihan mesin bubut CNC

Pemakaian mesin CNC makin digandrungi karena ia mampu mengerjakan komponen geometri. Kode G mampu menerjemahkan rangkaian koordinat XYZ untuk mengarahkan kemana pahat harus bergerak. 

Selain kode G, ada pula kode M agar operator menentukan fungsi mesin seperti menyalakan cooler, ganti pisau pahat, sampai menghentikan spindel. 

Secara produksi, mesin CNC mampu menghasilkan komponen dengan kepresisian tinggi secara konsisten. Hal ini secara tidak langsung akan mengurangi biaya produksi namun tetap menghasilkan benda berkualitas tinggi.

Berikut ini adalah kelebihan dari mesin bubut CNC

  • Menjalin akurasi dan kepresisian setiap komponen
  • Meningkatkan kecepatan produksi komponen
  • Menyingkat waktu dan biaya pekerjaan
  • Mampu mengerjakan berbagai jenis suku cadang dengan tingkat kesulitan tinggi
  • Mengurangi batas kesalahan 
  • Memiliki pengganti alat otomatis sehingga mengurangi waktu henti mesin
  • Memiliki pelindung yang tertutup ataupun semi tertutup untuk memastikan keselamatan operator
  • Semua sistem kerja permesinan sudah berlangsung secara otomatis karena sudah tersedia parameter permesinan

Pengaplikasian jasa bubut cnc dalam dunia industri

cutter mesin bubut

Hampir semua industri selalu memakai mesin bubut cnc untuk membuat komponen. Walau demikian, ada beberapa industri yang paling sering menggunakan jasa bubut cnc untuk menyelesaikan masalah di industri. 

Industri otomotif

Pabrik otomotif membutuhkan komponen berbentuk silinder dengan ketepatan toleransi agar mesin dapat beroperasi secara efisien. Oleh sebab itu, produksi komponen otomotif menggunakan cnc untuk mendapatkan kepresisian tinggi.

Industri dirgantara

Industri girantara memakai mesin cnc untuk membuat komponen berulang dan presisi. Contoh komponennya adalah ruang bakar, manifold turbin, sampai blah turnin. 

Industri manufaktur

Komponen manufaktur memakai mesin CNC bubut untuk membuat sekrup, baut, silinder. Khususnya sekrup untuk kebutuhan mesin-mesin industri dengan ukuran ISO. 

Pertimbangan dalam mencari jasa bubut CNC

Melihat kebutuhan produksi yang terbatas, Anda dapat menggunakan jasa bubut CNC untuk mengurangi biaya bisnis produksi. Namun, ada beberapa hal harus diperhatikan sebelum memilih penyedia jasa bubut CNC.

Tanyakan ketersediaan bahan material

Sebelum memutuskan memakai jasa CNC, Anda perlu membuat gambar teknik untuk diberikan kepada operator. Tujuannya agar operator tahu komponen apa yang akan dikerjakan. Informasi diberikan mencakup dimensi, ketebalan, dan material yang digunakan.

Sampaikan informasi material yang digunakan agar penyedia jasa CNC mampu menyediakannya dengan mudah. Terutama jika Anda meminta produk dengan klasifikasi material tertentu. 

Lokasi perusahaan

Petimbangkan pula lokasi perusahaan tersebut, apakah jarak dari tempat Anda tidak terlalu jauh. Ukuran jauh disini sangat relatif tetapi pertimbangan biaya pengiriman, waktu tunggu, sampai dengan kemudahan jangkauan perlu dipikirkan untuk kemudahan Anda.

Pertimbangkan memiliki lokasi dari dalam provinsi untuk mendapatkan biaya pengiriman murah dan waktu tunggu lebih cepat.

CV. Teknik Jaya Component berlokasi di Jalan Raya Ahmad Yani No. 13 Sukamandi Jaya, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang. Cocok bagi Anda yang sedang mencari jasa bubut CNC untuk kawasan Cikarang, Karawang, Cikampek, Bekasi, Purwakarta, Subang, dan sekitarnya.

Layanan purna jual

Layanan purnajual atau aftersales menjadi faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Kegiatan ini meliputi aktivitas pasca pengiriman seperti bantuan perakitan, pemantauan, pemantauan, sampai dengan informasi purnajual.

Anggaran biaya produksi

Bagi pencari jasa layanan CNC, harga pengerjaan CNC sangatlah bervariasi. Tingkat kesulitan, kuantitas, material, dan jarak, dan kebutuhan komponen mempengaruhi harga produksi. Ini belum termasuk biaya pengiriman.

Dalam hal ini, mencari yang murah saja tidaklah cukup. Anda bisa konsultasikan berapa biaya pengerjaan kepada penyedia jasa bubut CNC.

Seberapa besar ukuran bisnis penyedia jasa mesin bubut CNC

Ukuran bisnis layanan CNC mampu menunjukan kapasitas dalam mengerjakan proyek. Bisnis besar mampu mengerjakan proyek besar karena memiliki sumber daya berlimpah. Sedangkan bisnis kecil mampu memberikan pelayanan dengan pendekatan personal. 

Pertimbangkan kembali bagaimana Anda mencari rekan jasa bubut CNC. Anda dapat memakai perusahaan besar apabila kebutuhannya kuantitas, namun untuk kustomisasi perusahaan kecil bisa jadi pertimbangan.

Lihatlah proyek/portofolio yang sudah dikerjakan sebelumnya

Proyek sebelumnya memberikan gambaran tentang kemampuan, jenis klien, dan spesialisasi proyek yang sudah dikerjakan. Biasanya portfolio tersedia di situs perusahaan agar calon pelanggan mendapatkan gambaran lebih jauh tentang kemampuan operator jasa bubut CNC.

Kelebihan layanan jasa bubut CNC

Secara teknologi, layanan jasa bubut CNC memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan mesin bubut konvensional. Secara hasil kualitas pun mengalami perbedaan. Namun, itu bukanlah satu-satunya kelebihan mesin bubut CNC. 

  • Terdapat berbagai kelebihan dari layanan jasa bubut CNC yang menguntungkan bagi bisnis Anda. 
  • Mengurangi pemborosan material
  • Mengurangi kesalahan pergeseran cutter
  • Meningkatkan efisiensi produksi komponen berbentuk silinder
  • Menghasilkan produk dengan kepresisian dan akurasi tinggi apabila butuh komponen dengan ukuran standar ISO
  • Fleksibel dalam pengerjaan komponen berulang karena beroperasi menggunakan program
  • Mampu membuat komponen dengan kompleksitas tinggi

Tentunya, semua kelebihan tersebut dapat Anda temukan pada penyedia jasa bubut CNC berpengalaman seperti Teknik Jaya Component. Perusahaan ini telah beroperasi sejak tahun 1994 dan telah memperoleh sertifikasi ISO 90001:2015 untuk membuat spare part dan komponen industri.

jasa bubut cnc

Kunjungi https://teknikjaya.co.id untuk melakukan konsultasi jasa bubut CNC. 

Share:

0 Komentar