Pengetahuan

Plihan Program Affiliate Marketing Untuk Mahasiswa Teknik, Mudah dan Cuan

Affiliate marketing bisa jadi alternatif mahasiswa teknik untuk nambah cuan. Tentunya gak ganggu dinamika laporan praktikkum.

Ishak Okta Sagita16 Desember 2021

Mahasiswa tingkat tengah (semester 4-6) sudah mulai mikir untuk cari uang tambahan. Lowongan kerja part-time, cari magang berbayar, sampai jualan online dilakukan untuk mendapatkan rupiah. 

Modal merupakan masalah ketika mau jualan online. Selain itu, kurang waktu juga jadi alasan mahasiswa malas cari uang tambahan.

Tetapi, ada solusi untuk mahasiswa yang ingin cari uang tambahan. Caranya dengan ikut program affiliate marketing. Lalu, apa itu program affiliate marketing

Program affiliate marketing

apa itu program affiliate marketing

Program affiliate marketing merupakan model bisnis menjual barang. Si penjual dapat uang dari komisi penjualan. Bentuk jual nya berupa produk maupun jasa.

Model bisnis bisa dilakukan secara daring. Bahkan gak perlu keluar modal, sangat cocok bagi mahasiswa yang butuh uang tambahan. Enaknya, menjalani affiliate marketing cukup dengan posting konten lewat akun Instagram.

Sebelum mulai, kamu perlu tahu bagaimana cara kerja affiliate marketing

Cara kerja affiliate marketing

ilustrasi affiliate marketing lewat hp

Sebelum jualan, kamu harus daftar program affiliate marketing. Setelah daftar, kamu dapat link atau kode referral untuk dijual. Gunakan itu untuk jual prodyk ke orang lain.

Bikin konten adalah cara yang paling sering dipakai. Kamu bisa melihat kode referral dalam akhir postingan. Selalin konten, kamu bisa jual langsung atau lewat blog.

Keuntungan affiliate marketing sangat variatif. Komisi yang kamu dapat menyesuaikan kebijakan perusahaan tersebut. Dapat dikatakan, beda perusahaan beda komisi.

Sebagai contoh, kamu jual produk seharga Rp 100.000. Setiap barang yang laku, kamu dapat komisi 10%. Jika kamu bisa jual 100 produk dalam satu bulan, maka uang yang kamu dapatkan sebesar Rp 1.000.000 per bulan.

Cara daftar affiliate marketing

Kamu bisa mulai dengan registrasi perusahaan yang punya program affiliate marketing. Produk yang ditawarkan sangat beragam, sesuai dengan tempat kamu mendaftar. 

Setelah daftar, kamu langsung dapat link atau kode referral. Gunakan itu untuk jualan. Namun, pastikan mereka memakai kode referral punyamu agar dapat komisi.

Mengapa affiliate marketing cocok untuk mahasiswa

mahasiswa kuliah daring

Kamu mungkin masih bingung apakah ini cocok untuk mahasiswa? Terutama mahasiswa teknik yang tiap hari ngerjain laporan praktikum, begadang, dan lain sebagainya.

Program affiliate marketing bisa dijalankan oleh mahasiswa. Terutama dengan memakai akun media sosial. Berikut alasannya?

1. Usia mahasiswa saat ini rajin akses sosial media

Gen Z punya cenderung rajin akses sosial media. Segala aktivitas nyaris dilakukan dengan aplikasi. Menghabiskan waktu adalah alasan utama Gen-Z rajin online sosial media. 
 
Berdasarkan sproutsocial.com, 60 persen pengguna Gen Z merasa sosial media mempengaruhi hidupnya. Pada beberapa tahun ke depan masih bisa bertumbuh seiring dengan pergerakan digital.

2. Kamu hanya menjual kode/ link referral

Affiliate marketing tidak mengharuskan kamu jual produk. Sebab, untuk jual produk tentu harus ada barangnya. Terkadang kamu harus keluar uang dahulu, baru mulai jualan. Namun, konsep ini tidak dipakai dalam program affiliate marketing.

Kamu memang menjual produk, namun cara menjualnya dengan menawarkan kode referral. Dengan kata lain, kamu gak perlu repot stok barang. Jualan kamu bisa dibilang berhasil kalau ada orang  transaksi memakai kode referral kamu.

Program Affiliate Marketing untuk mahasiswa

Program Affiliate Marketing untuk mahasiswa

Memilih perusahaan untuk affiliate marketing juga ada pertimbangan. Bukan pertimbangan yang ribet macam milih material konstruksi, namun kecocokan program dengan kamu.
Bisa dibilang, setiap perusahaan punya produk yang dijual. Dengan begitu, kamu hanya bisa jual kode referal sesuai perusahaan yang kamu pilih. 

Kamu bisa riset produk apa saja yang dijual. Sesuaikan dengan diri kamu sendiri. Tujuannya agar kamu mudah menawarkan kepada orang lain.

Untuk memudahkan kamu riset program affiliate marketing. Berikut ada nama-nama perusahaan yang punya program affiliate marketing

  1. Lazada
  2. Shoppe
  3. Shopify
  4. Jagoan Hosting
  5. Blibli
  6. Bukalapak
  7. Dewabiz
  8. Lazada
  9. Anak Teknik 

Apakah kamu berminat untuk dapat uang tambahan? Langsung aja daftar untuk menjalankan affiliate marketing. Anak Teknik juga punya program affiliate marketing. Langsung klik untuk gabung Anak Teknik affiliate.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait