Pengetahuan

Proses Pemasangan Batu Bata Merah Dalam 7 Tahapan

Pemasangan batu bata merah membuat ruangan makin sejuk dan tahan api, Pemasangannya butuh kualitas pada prosedur pegerjaan.

Ishak Okta Sagita6 September 2023

Pemasangan batu bata merah membuat ruangan makin sejuk dan tahan api. Secara teknik, tembok rumah tidak mudah retak.

Warna merah pada batu bata membuat kesan artistik nan eksotis. Maka, ornamen batu bata banyak digunakan pada bangunan bertema industrial.

Dalam pengerjaan konstruksi, batu bata butuh pengendalian kualitas dengan prosedur pengerjaan.

Kontraktor memiliki prosedur pengerjaan agar hasil kerjanya sesuai dengan yang direncanakan. Berikut ini adalah prosedur cara memasang pondasi batu bata pada bangunan.

Prosedur cara memasang pondasi batu bata

cara memasang pondasi batu bata

Prosedur pemasangan batu bata meliputi tujuh tahapan. Melansir dari theconstructor.org, berikut adalah cara memasang batu bata.

  1. Pemilihan material batu bata
  2. Perendaman
  3. Peletakan
  4. Perlakuan atau treatment
  5. Proteksi
  6. Perancah
  7. Pengukuran

Pemilihan batu bata untuk pondasi

Batu bata yang digunakan harus memiliki kualitas yang baik. Indikatornya terletak pada kondisi tanah bata, batu bata terbakar seluruhnya, serta warna merah ceri atau tembaga.

Bentuk ideal batu bata ialah punya bentuk yang teratur dan ujung-ujungnya harus tajam. Ketika terkena pukulan harus menghasilkan bunyi dering yang jelas. Bebas retakan, serpihan, cacat, dan gumpalan.

Ketika terendam air, batu bata tidak boleh menyerap lebih dari seperenam beratnya. Standar kekuatan hancurnya sebesar 105 kg/sq.cm atau 1500 lbs/sq.in.

Perendaman batu bata

Batu bata harus direndam dalam airselama 12 jam di dalam tangki sebelum digunakan. Proses perendaman dilanjutkan sampai tidak menghasilkan gelembung udara.

Peletakan batu bata

Batu bata dapat dipasang dengan ikatan Inggris, atau lainnya sesuai kebutuhan. Namun, setiap cara pemasangan batu bata harus horizontal, dengan dinding tegak lurus. 

Bata rusak atau pecah tidak bisa digunakan untuk membangun pondasi. Penutup yang dipakai terbuat dari batu bata yang sudah dipotong rapi dan tempatkan ujung dinding. 

Batu bata dengan kualitas terbaik harus digunakan untuk mengerjakan permukaan.

Sambungan mortar harus terisi penuh dan tidak melebihi ketebalan 6mm. Peletakan batu bata dengan posisi menghadap ke atas, kecuali bagian yang menghadap ke bawah.

Batu bata dipasang tidak boleh lebih dari 1 meter dalam satu waktu. Jika salah satu bagian harus dikencangkan, biarkan pada suhut 45 derajat.

Apabila membuat proyeksi tidak lebih dari 1/4 proyeksi bata pada satu jalur. 

Proses curing

Setelah pemasangan, batu bata harus tetap basah selama 20 hari. Pada akhir pekerjaan, Buatlah pinggiran mortal kecil untuk menampung air sedalam 2,5 cm supaay bagian atas dapat terkena air.

Proteksi batu bata

Batu bata harus terlindungi dari sinar matahari, hujan, embun beku, dan lain sebagainya. Hal ini karena selama proses konstruksi masih ada kemungkinan mudah rusak.

Perancah pada batu bata

Perancah diperlukan harus tersedia untuk memudahkan memasang batu bata. Penggunaan perancah harus kokoh dan kuat  agar menahan segala beban.

Pengukuran dinding batu bata

Pemasangan batu bata diukur dalam meter kubik atau kaki kubik. Setiap jenis batu bata dengan mortar berbeda harus berada pada item terpisah. 

Dengan demikian, pemasangannya bata menyesuaikan jenis bata serta mortar yang digunakan ya. Biasanya sudah ada tata caranya sebelum melakukan pemasangan.

Jadi pakar dengan paket ahli konstruksi

Memasang batu bata butuh prosedural agar hasilnya sesuai dengan yang direncanakan. Pada awalnya tidak mudah karena ada rasa pengen cepat-cepet selesai. Masih terjebak hasrat sat set sat set. 

Percuma sat set sat set kalau gak punya template konstruksi. Tahukah kalau penggunaan template dapat mengurangi 2/3 waktu pengerjaan secara menyeluruh. Dengan begitu, proyek akan selesai tepat waktu.

Anak Teknik Indonesia menyediakan ALL IN ONE : SOP Konstruksi Standard dan Prosedur Kerja yang Aman dan Profesional dengan 50 File SOP template dan 20 Template RAB. Dapatkan semua itu dengan paket ahli konstruksi

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait