Teknologi

Qualitest Indonesia | Supplier Terpercaya untuk Berbagai Kebutuhan Instrumen Testing Anda

Instrument testing adalah aspek penting dalam perkembangan industri. Tanpa aktivitas ini maka produk yang dihasilkan tidak lolos standarisasi internasional

Ishak Okta Sagita6 Agustus 2024

Instrument testing merupakan hal penting dalam kemajuan industri. Semua produk yang Anda gunakan sekarang sudah melalui serangkaian pengujian. Secara umum, pengujian terbagi dalam dua jenis yaitu destruktif dan non destruktif.

Pengujian destruktif (DT) dilakukan dengan cara merusak komponen untuk menguji sifat benda dalam kondisi tertentu. Seringkali benda kerja diberikan tekanan agar mendapatkan data sampel benda uji.

Pengujian non destruktif (NDT) dilakukan dengan menganalisis komponen. Tujuannya untuk menemukan kecacatan produk serta kesesuaian bagian. 

Anda mungkin tahu hal tersebut. Namun, pertanyaan selanjutnya adalah apa dampak instrument testing dalam perkembangan industri sekarang ini. Berikut adalah ulasannya

Apa itu Instrument Testing?

Pengujian instrument (instrument testing) merupakan proses pengendalian untuk mendapatkan hasil produk sesuai standar industri. Hal ini krusial bagi organisasi agar selalu relevan dengan perkembangan zaman.Tujuannya agar mendapatkan hasil pengukuran sesuai dengan standar industri seperti ISO.

ISO merupakan standar internasional yang memberikan nilai lebih bagi sebuah produk. Jika sebuah produk lolos kualifikasi pengujian ISO tentunya akan lebih mudah dapat kepercayaan dari masyarakat.

Mengapa Industri Membutuhkan Instrument Testing?

Pengujian instrumen berguna untuk memvalidasi performa perangkat kerja. Adanya pengujian membantu identifikasi komponen yang mengalami degradasi karena kena paparan panas, getaran, guncangan, dan kondisi lingkungan yang berubah-ubah. 

Tidak cuma itu, proses pengujian pun membantu aktivitas Quality Control untuk mencegah kerusakan perangkat kerja sehingga dapat diantisipasi sebelum terlambat. Dengan ini, alat kerja industri tetap terjaga kualitasnya, efisien, dan mengurangi waktu maintenance.

Manfaat Instrument Testing untuk Berbagai Sektor

Aktivitas pengujian alat ukur memiliki manfaat untuk keberlangsungan hidup manusia. Alat ukur mampu menghasilkan keputusan dalam menentukan kualitas produk yang Anda gunakan saat ini. 

Industri, perguruan tinggi teknik, dan lembaga penelitian adalah pengguna alat uji instrumentasi. Berikut ini merupakan manfaat instrument testing yang Anda peroleh berdasarkan penggunanya

1. Industri

Instrument testing membantu industri menghasilkan produk berkualitas tinggi sesuai standar ISO (International Organization for Standardization) dan mengurangi kesalahan pengerjaan. Sebelum dipasarkan, produk akan melalui tahap pengujian agar menemukan hasil yang diinginkan konsumen secara efektif.

Tidak hanya itu, instrument testing menjamin mutu produk selama proses pengerjaan demi konsistensi hasil. Dengan menjaga kualitas produksi, maka produk yang dihasilkan mampu menjawab kebutuhan konsumen.

2. Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi teknik menjadi tempat awal bagi mahasiswa belajar alat ukur. Tidak hanya belajar melalui buku maupun video, setiap mahasiswa akan merasakan bagaimana memegang alat untuk pengujian benda. 

Pembelajaran ini perlu diberikan untuk memberi mahasiswa pengalaman memegang alat uji. Sebab, industri akan meminta lulusan teknik menggunakan alat uji. Sebagai bekal awal, Anda dapat membantu mereka melalui mata kuliah praktikum/terapan.

3. Badan Riset dan Penelitian

Badan riset memiliki andil dalam kemajuan industri melalui hasil penelitian. Lembaga riset bertujuan untuk menghasilkan data pengujian yang nantinya akan diolah menjadi riset ilmiah hingga aturan standarisasi seperti ISO.

Kehadiran badan riset dan penelitian mampu mengisi kekosongan yang ditinggalkan industri maupun perguruan tinggi. Serta, badan penelitian mampu menjadi jembatan informasi untuk perguruan tinggi agar mampu memahami kebutuhan industri, begitu juga sebaliknya.

Pentingnya Memilih Instrument Testing yang Sesuai Standar Industri

Memilih alat uji instrumentasi sangat krusial sekali untuk menghasilkan produk berkualitas. Ada berbagai pertimbanagn ketika memiliki instrument testing seperti akurasi, keandalan, dan validitas.

Akurasi mengacu ke seberapa sekat pengukuran dengan nilai sebenarnya. Semakin aturan alat uji instrumentasi, makin deket hasil pengukuran dengan nilai sebenarnya. Maka, penting untuk memiliki alat instrumentasi dengan akurasi tinggi.

Keandalan merupakan faktor lain yang dapat menjadi pertimbangan pemilihan alat ukur karena mempengaruhi konsistensi pengukuran. Apabila alat uji membaca hasil yang berbeda dengan benda yang sama, maka alat uji instrumen tersebut tidak andal. 

Validitas merupakan bagaimana alat uji mengukur benda kerja yang diukur. Hal seperti ini mengacu kepada hasil pengukuran terhadap nilai yang akan diukur agar menghasilkan kesahihan data.

Diluar itu, resolusi pengukuran menjadi pertimbangan lain karena mempengaruhi pembacaan. Contoh paling mudah adalah menggunakan satuan pengukuran. Pengukuran beban dengan kg hasilnya akan berbeda ketika Anda memakai satuan lb. 

Maraknya pemakaian AI dapat membantu mengurangi speed up time release, cut cost, dan memudahkan pengembangan produk demi keberlangsungan bisnis. Secara signifikan, Qualitest menyimpulkan bahwa pemakaian AI dalam instrument testing memberikan hasil 25% lebih cepat dan akurat daripada pengujian manual. 

Qualitest Indonesia - Menyediakan Berbagai Alat Pengujian (Instrument Testing) Berstandar Internasional


Bagi Anda yang saat ini sedang mencari perusahaan terpercaya yang siap men-supply berbagai kebutuhan alat uji untuk industri, universitas, badan riset, ataupun yang lainnya. Kami merekomendasikan Qualitest Indonesia sebagai solusi masalah pengujian. 

Qualitest Indonesia merupakan cabang resmi dari Qualitest North America yang merupakan pemasok instrument testing berkualitas asal Canada. Berdiri tahun 1991, perusahaan ini terus melakukan ekspansi ke berbagai negara, salah satunya Indonesia.

Sejak April 2024, Qualitest Indonesia sudah beroperasi untuk menjadi solusi kebutuhan instrumen testing bagi laboratorium, industri, dan Universitas di Indonesia. Kami percaya bahwa kualitas produk lahir dari pengukuran yang tepat. 

Kunjungi worldoftest.com untuk informasi lengkap terkait produk instrument testing Qualitest Indonesia. Konsultasikan kebutuhan instrument testing Anda melalui

  • Tel : +622129859522
  • Email : indonesia@qualitesr-inc.com
Share:

0 Komentar

Artikel Terkait