Pengetahuan

Rangkaian Listrik - Mata Kuliah Wajib Mahasiswa Teknik Elektro

Rangkaian listrik merupakan serangkaian komponen listrik yang terhubung membentuk jalur agar dapat mengalirkan listrik dari sumber tegangan ke perangkat lainnya.

Ishak Okta Sagita15 Agustus 2024

Teknik elektro akan selalu berkaitan dengan sistem kelistrikan untuk mengoperasikan perangkat mesin dan elektronik. Salah satu hal yang perlu dipelajari adalah rangkaian listrik.

Rangkaian listrik adalah dasar untuk membuat, merancang, dan menyusun rangkaian komponen agar dapat mengalirkan listrik ke perangkat lainnya. Sistem ini akan berjalan tanpa henti selama tidak ada jalur yang terputus. 

Mengingat pentingnya pemahaman rangkaian listrik, maka kamu harus belajar ini ketika menjadi mahasiswa teknik elektro. Dan berikut adalah pembahasan terkait mata kuliah wajib anak elektro.

Pengertian rangkaian listrik

Rangkaian listrik merupakan serangkaian komponen listrik yang terhubung membentuk jalur agar dapat mengalirkan listrik dari sumber tegangan ke perangkat lainnya. Komponen listrik terdiri dari resistor, kapasitor, induktor, transistor, kapasitor, dan lain sebagainya.

Komponen yang terhubung aliran listrik akan menggerakan perangkat elektronik untuk menjalankan fungsi kelistrikan. Tanpa ada rangkaian listrik, kamu tidak bisa menikmati listrik dan belajar teknik elektro online.

Konsep rangkaian listrik

Menariknya, rangkaian listrik ini bersifat paradoks karena prosesnya terus berputar (loop) tanpa henti. Untuk memahami lebih jauh dapat ditelusuri melalui konsep rangkaian berdasarkan All About Circuit.

Muatan listrik yang bergerak searah jarum jam dalam rangkaian akan mendorong pembawa muatan secara terus menerus. Untuk menjaga siklus tersebut tetap berjalan adalah dengan memastikan rangkaian listrik tetap terhubung dengan baik.

Silabus mata kuliah rangkaian listrik

Rangkaian listrik akan diajarkan oleh mahasiswa teknik elektro untuk pemahaman kelistrikan. Setiap perguruan tinggi memiliki silabus mata kuliah tersendiri. Berikut ni adalah silabus mata kuliah rangkaian listrik berdasarkan Universitas Negeri Yogyakarta.

  • Listrik DC
  • Hukum Ohm
  • Hukum Kirchoff 1 dan 2
  • Rangkaian seri dan paralel
  • Rangkaian Norton
  • Rangkaian Thevenin
  • Rangkaian Superposisi
  • Listrik AC
  • Rangkaian R,L,C
  • Resonansi seri dan paralel
  • Daya
  • Sistem tiga fasa
  • Rangkaian Segitiga

Manfaat belajar rangkaian listrik

Belajar rangkaian listrik sangat penting untuk memahami cara kerja sistem kelistrikan sederhana atau kompleks. Secara umum sistem rangkaian listrik terdiri dari tiga komponen utama yaitu kabel jumper, komponen kelistrikan, dan sumber tenaga listrik. 

Sistem listrik dapat bekerja ketika semua bagian sudah terhubung. Apabila ada bagian tidak terhubung, tidak ada arus listrik yang mengalir sehingga rangkaian listrik tidak dapat bekerja sama sekali.

Perbedaan elektronika dasar dan rangkaian listrik

Pada berbagai kasus, apa yang diajarkan di elektronika dasar hampir sama dengan rangkaian listrik. Kedua mata kuliah tersebut ternyata ada perbedaan tersendiri.

Perbedaan terbesar adalah hubungan dengan kelistrikan. Rangkaian listrik lebih banyak terhubung dengan arus listrik tegangan tinggi. Sementara elektronika lebih banyak berkaitan dengan arus listrik tegangan rendah.

Belajar rangkaian listrik melalui Anak Teknik Indonesia

Rangkaian listrik merupakan ilmu dasar yang kamu pelajari sebagai mahasiswa teknik elektro. Materi ini tidak akan terhindarkan karena penerapannya akan selalu dibawa sampai pengerjaan skripsi.

Anak Teknik Indonesia menyediakan buku rangkaian listrik untuk memperkuat fundamental tentang sistem kelistrikan. Tidak hanya dasar teori, tersedia pula contoh kasus untuk diterapkan di industri. Lengkapnya dapat kamu temukan dalam kumpulan rekomendasi Buku Teknik Elektro.

Informasi dan pemesanan Buku Rangkaian Listrik dapat melalui situs Anak Teknik Indonesia.

Share:

0 Komentar