Kreatifitas

Renault AIR 4, Mobil Terbang Bertenaga Listrik Buatan Perancis

Perusahaan otomotif asal Perancis, Renault membuat mobil terbang tenaga listrik bernama Renaulr AIR 4. Peluncuran mobil terbang ini sebagai anniversary 60 tahun Renault 4L.

Ishak Okta Sagita4 Desember 2021

Perusahaan otomotif asal Perancis, Renault membuat mobil terbang tenaga listrik bernama Renault AIR 4. Peluncuran mobil terbang ini sebagai anniversary 60 tahun Renault 4L. 

Renault AIR 4 diperkenalkan pada publik pada tanggal 28 November 2021 oleh Direktur Marketing Renault Arnaud Belloni

Setelah setahun perayaan, kami ingin membuat sesuatu yang tidak biasa sebagai penutup perayaan 60 tahun Renault 4L, Ujarnya

Dalam uji coba, Renault AIR 4 terbang dengan empat baling-baling two blade sebagai pengganti ban. Terdapat kabin utilitarian untuk tempat kemudi dengan cara mengangkat cangkang Renault AIR 4, posisinya pada bagian depan karena terdapat engsel.

Konsep dari Renault AIR 4

Tampilan Renault AIR 4

Renault AIR 4 lahir dari sikap merdeka dari kemacetan lalu lintas dan kebebasan. Dalam pengerjaannya mobil terbang ini, Renault berkolaborasi dengan TheArsenale. TheArsenale merupakan e-commerce yang berbasis di Miami, Amerika Serikat.

TheArsenale juga terlibat dalam pengerjaan desain gambar teknik dengan bantuan kecerdasan buatan, serta insinyur mengumpulkan data terabyte untuk menyempurnakan ide desain Renault AIR 4. 

Desain Renault AIR 4 tidak banyak berubah dari pendahulunya Renault 4. Poin ini dipertahankan agar menunjukan nilai retro. Pengerjaan ini menggunakan material serat karbon untuk mempertahankan orisinalitas, namun menghadirkan kemampuan dinamis yang baru. 

Demi mendapatkan gaya dorong, nilai kekakuan diperbaiki sepenuhnya agar dapat terbang. Hasilnya, Renault AIR 4 dapat terbang pada setinggi 700 meter. 

Spesifikasi Renault AIR 4

spesifikasi renault 4

Renault AIR 4 dapat terbang horizontal dengan kecepatan 26 m/s dengan kemiringan 45 derajat. serta 14 m/s untuk kecepatan pendakian (climb). Kecepatan naiknya sebesar 4 m/s, angka ini dipilih karena alasan keamanan.

Mobil terbang ini memakai bertenaga listrik dengan lithium polymere 22.000 mAh, dengan total kapasitas 90.000 mAh. Selain itu, terdapat maximum vectorial thrust sebesar 380 kg, sebanyak 95 kg pada tiap baling-baling.

Durasi maksimum terbang menjadi salah satu matriks yang perlu diperhatikan supaya tidak kehabisan baterai di tengah jalan. Pihak Renault belum mengemukakan perihal berapa lama Renault AIR 4 bisa terbang dengan daya minimum.

Dimensi Renault AIR 4

Apabila mengikuti desain dari Renault 4, berikut dimensi mobil terbang Renault AIR 4

  • Panjang : 3.663 mm
  • Lebar : 1.485 mm
  • Tinggi : 1.470 mm

BMW sudah membuat mobil terbang terlebih dahulu Lewat "AirCar"

Air car mobil terbang

Pada tahun 2021, AirCar mampu terbang selama 35 menit pada proses uji coba di Slovakia. Dengan memakai mesin dari BMW, mobil ini dapat terbang dengan kecepatan jelajah 170 km/jam. AirCar dapat menempuh jarak sejauh 1000 km dengan ketinggian 2.500 m. Mobil ini berkapasitas dua penumpang dengan total berat 200 kg. 

Itu tadi adalah mobil terbang bertenaga listrik buatan salah satu produsen mobil dunia. Apabila sampai dijual massal, masalah kemacetan di jalanan bisa teratasi. 

Share:

0 Komentar