Pengetahuan

Satu Topik Obrolan Pemersatu Anak Teknik Sipil, Plantologi, dan Geomatika

Hidrolika pemersatu praktisi aliran

Ishak Okta Sagita17 Desember 2020

Jurusan teknik satu dengan lainnya memiliki konsentrasi yang berbeda. Penetapan konsentrasi ilmu diharapkan dapat meruncingkan ilmu yang dimiliki supaya gak ngambang begitu saja. Apabila sampai terlalu general mengakibatkan terhambatnya pembentukan spesialis karena semuanya diembat.

Berbagai spesialis dikumpulkan menjadi satu meja dapat membentuk irisan yang menjadi alat pemersatu praktisi.  Sengaja maupun tak sengaja, sekelompok orang dapat bersatu karena mereka memiliki persamaan. Persamaan itu yang membuat Teknik Sipil, Plantologi, dan Geomatika dapat duduk bareng sambil ngopi.

1. Hidraulika sebagai topik pemersatu

https://www.engineersaustralia.org.au/Event/hydraulic-engineering-moving-forwards
engineersaustralia.org.au

Menurut Wikipedia, Hidraulika (hidrolika) adalah pembahasan yang berkaitan dengan sifat-sifat mekanik fluida, yang meliputi perilaku dari aliran air secara mikro dan makro. Hidraulika digunakan untuk pembangkit, pengendali, dan juga sebagai perpindahan tenaga dengan fluida yang dipadatkan.

Hidraulika merupakan bagian dari hidrodinamika karena berhubungan dengan mekanika aliran. Mekanika aliran mempunya dua macam aliran yaitu aliran terbuka dan tertutup. Pembedanya adalah aliran terbuka permukaannya berhubungan dengan atmosfer sedangkan aliran tertutup gak punya hubungan langsung dengan atmosfer.

2. Air merupakan sumber kebutuhan hidup manusia

https://www.energy.gov/eere/water/articles/new-way-modernize-irrigation-infrastructure-and-generate-renewable-energy
energy.gov

Keberlangsungan manusai gak bisa dilepaskan dari air. Air merupakan unsur kandungan terbanyak dari manusia pada kisar 50 sampai 60 persen. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya ketika manusia kehilangan atau kekurangan air, semua organ tubuh gak berfungsi dengan baik.

Selain untuk konsumsi, air dapat digunakan untuk mengairi sawah di areh pertanian. Tujuannya agar penyerapan nutrisi berjalan lancar. Sistem irigasi sangat diperlukan petani ketika menghadapi musim kemarau. Tanpa sistem irigasi yang baik mengakibatkan air hujan yang datang tak tertambung dan mengakibatkan banjir di area tersebut.

Dalam energi terbarukan, air merupakan salah satu sumber yang dapat dioleh menjadi sumber listrik. Caranya dengan memanfatkan air dalam bendungan yang turun mengaliri saluran agar turbin. Semakin dalam lubang saluran, debit yang dibasilkan semakin besar dan membuat putaran turbin membesar. Dari gerak mekanik tersebut dikonversi menjadi energi listrik melalui generator.

3. Daerah aliran sungai menjadi penyambung kehidupan manusia

https://www.wef.org/resources/topics/browse-topics-o-z/watersheds-new/
wef.org

Wilayah yang memiliki batas topografi berupa punggung bukit dan pegunungan disebut Daerah aliran sungai (DAS). Daerah alliran sungai meliputi aliran air permukaan, melainkan bentang alam di sekitar sungai. Sebutan lain dari DAS adalah watershed atau area tangkapan (catch area).

DAS memiliki keunikan dalam menentukan batas wilayah. Cara penentuan batas DAS sangat berbeda dengan penentuan batas wilayah secara geografis. Dengan kata lain, DAS bisa berada pada satu atau dua wilayah sekaligus, bahkan lebih.

Berdasarkan Encyclopaedia Britannica, DAS berfungsi sebagai konservasi air. Sebuah DAS terdapat aliran air dan berbagai jenis tanaman. Hadirnya tamanam dapat membentuk lapisan tanah berupa humus yang mensuplai nutrisi bagi tanaman baru, dan mampu menyerap air hujan.

4. Perlu ada pengelolaan DAS

https://jakartaglobe.id/context/land-degradation-deforestation-leads-critical-watershed-water-levels/
jakartaglobe.id

DAS dikelola berdasarkan prinsip keberlanjutan sumber daya. Tujuan dari pengelolaan DAS adalah tercapai keseimbangan ekologis lingkungan, kualitas air sepanjang tahun dapat terjamin, pengendalian aliran permukaan dan banjir, serta pengendalian erosi. Menjaga lingkungan adalah cara untuk menjaga DAS.

Untuk mempelajari DAS dapat menggunakan software HEC-RAC. HEC-RAC merupakan permodelan aliran satu dimensi pada sungai atau saluran lainnya. Aplikasi ini sangat penting bagi perencanaan bangunan air karena dapat melakukan perhitungan aliran untuk memperoleh profil muka air.

Menjawab kebutuhan simulator, Anak Teknik Academy membuka kelas pelatihan HEC-RAC pada tanggal 19 – 20 Desember 2020. Kelas akan dilakukan secara online. Untuk informasi lebih lanjut, langsung aja klik https://academy.anakteknik.co.id/o/basic-hecras.

Share:

0 Komentar