Fun Fact

10 Negara dengan Lulusan Teknik Terbanyak di Dunia, Indonesia juga Masuk

Semakin canggihnya teknologi, semakin banyak pula sumber daya manusia yang tertarik dengan bidang teknik. Ternyata ada 10 negara dengan lulusan teknik terbanyak lho, Indonesia nomor berapa ya?

Khomaria17 Maret 2022

Meroketnya dunia digitalisasi dan industri, permintaan insinyur meningkat pesat dan diperkirakan akan terus tumbuh. Hal ini juga diiringi dengan banyaknya lulusan teknik setiap tahunnya. Pasalnya lulusan teknik memang memegang peran penting bagi kehidupan khususnya kualitas hidup.

Melihat dari SBMPTN 2021, jurusan teknik menjadi incaran para lulusan SMA sederajat. Dilansir dari LTMPT, untuk setiap jurusan teknik berbeda-beda jumlah peminatnya tetapi rata-rata setiap jurusan ada 1000 lebih pendaftar SBMPTN 2021. Nyatanya, fenomena ini tidak hanya ada di Indonesia saja, namun ada pula di negara lain di dunia.

Berdasarkan data dari UNESCO, berikut 10 negara dengan lulusan teknik terbanyak di dunia :

1. Russia

russia

Urutan pertama negara yang menyumbang jumlah lulusan teknik tertinggi per tahun adalah Rusia. Menjadi negara dengan wilayah paling luas didunia, Rusia meluluskan hampir setengah juta lulusan teknik setiap tahunnya. Banyak banget yak an sobat.

2. Amerika Serikat

negara amerika serikat

Amerika Serikat menempati urutan kedua untuk menyediakan banyak lulusan teknik. AS berkonsentrasi pada tujuan industrialisasi. Karena mereka percaya bahwa negara membutuhkan kekuatan yang paham teknologi untuk mencapai tujuan industrialisasi tersebut.

3. Iran

Sebagai negara berkembang, Iran berada setelah AS karena keahlian teknis modern dan infrastruktur negaranya yang baik. Menariknya diantara banyak kesalahpahaman tentang perawakan perempuan Iran yang buruk, terdapat fakta mengejutkan lho sobat.

Dari 233.695 lulusan teknik di Iran, 70%nya adalah adalah perempuan. Angka persentase ini paling tinggi daripada di negara lain didunia.

4. Jepang

Negara matahari terbit ini memang sudah dikenal sebagai negara paling maju secara teknologi di dunia. Pekerjaan dibidang teknik adalah salah satu pekerjaan berperingkat teratas selain kedokteran di Jepang.

Setiap tahunnya Jepang mempunyai target tertentu untuk menghasilkan lulusan teknik sebagai upaya pemenuhan tenaga kerja.

5. Korea Selatan

Seperti Jepang, Korea Selatan menunjukkan teknik sebagai profesi yang sangat bergengsi yang fundamental bagi kesuksesan bangsanya. Insinyur sangat diminati di setiap sektor di Korea Selatan. Banyak perusahaan mengembangkan solusi inovatif dan kreatif mereka untuk membuat produk mereka menarik dengan bantuan para insinyur.

6. Indonesia

Diurutan keenam ada Indonesia. Termasuk negara berkembang, Indonesia sedang gencar-gencarnya memperbaiki semua sektor tak terkecuali teknologi dan industri. Indonesia menyumbang sekitar 30.000 lulusan teknik per tahun.

7. Ukraina

ukraina

Meskipun sedang dalam keadaan yang kurang kondusif, Ukraina mampu menempati top 10 negera dengan lulusan teknik terbanyak dunia. Salah satu negara berkembang ini tentu meningkatkan lulusan tekniknya.

Peluang pekerjaan dibidang informatika meningkat di Ukraina. Sesuai laporan, dalam setahun menghasilkan 130.391 lulusan insinyur.

8. Meksiko

meksiko

Meksiko telah menunjukkan kekuatan teknik yang mengejutkan sebagai negara terbesar ketiga di Amerika Latin. Negara ini memiliki hampir 5 mahasiswa teknik per 1.000 orang.

Pada tahun 2011, Meksiko memiliki 579.814 siswa yang terdaftar di jurusan teknik. hingga pada tahun ini, pendaftar jurusan teknik meningkat terus-menerus.

9. Prancis

negara perancis

Disamping memiliki Paris Fashion Week, program teknik Prancis terkenal dengan kurikulum ketat yang bertujuan untuk menempatkan mahasiswanya memperoleh karir sukses setelah lulus.

Selain itu, Prancis juga mengintegrasikan pelatihan bisnis, studi bahasa asing, dan keterampilan komunikasi untuk memberikan solusi kreatif beberapa tantangan paling kompleks menghadapi dunia kerja saat ini.

10. Vietnam

vietnam

Selain Amerika Serikat dan Jepang, negara maju Vietnam juga masuk dalam 10 besar. Vietnam memiliki berbagai macam peluang kerja dibidang teknik termasuk teknik mesin, sipil, lingkungan, listrik dan industri.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait