Pengetahuan

4 Fakta Menarik Tentang Teknik Sipil yang Belum Kamu Ketahui

Salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi. Inilah realitas menarik yang wajib kamu tahu.

Khomaria2 Februari 2021

Teknik Sipil bertugas merencanakan, mendesain dan mengawasi konstruksi serta pemeliharaan struktur bangunan dan fasilitas, seperti jalan, jalur kereta api, bandara, jembatan, pelabuhan, bendungan, proyek irigasi, pembangkit listrik, dan sistem pembuangan air kotor. Oiya ditambah lagi dengan mereka harus berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dengan arsitek, subkontraktor, kontraktor insinyur sipil, konsultan, rekan kerja dan klien.

Dengan banyaknya hal yang dipelajari, lulusan Teknik Sipil ngak hanya jadi kontraktor lho.. Lulusan Teknik Sipil bisa menjadi konsultan, surveyor tanah, quality control sampai dengan dosen.

 

Nah mau tau seperti apa realita atau fakta yang ada di Teknik Sipil? Baca sampai selesai ya..

1. Sejarahnya yang Unik

Sumber gambar : ruang-sipil.com


Awal mulanya muncul praktek rekayasa sipil dimulai oleh Mesir Kuno dan Irak Kuno pada tahun 4000 sampai 2000 SM. Ketika manusia purba mulai meninggalkan zaman nomaden, transportasi menjadi penting menuju pengembangan roda dan berlayar. Pembangunan Piramida di Mesir menjadi bukti bahwa telah terjadi perkembangan didunia sipil pada kala itu. Selain itu, ada beberapa konstruksi kuno lainnya yang telah dibangun ribuan tahun lalu.

Pada tahun 1818, didirikan sebuah sekolah di London yang bernama the Institution of Civil Engineers dan Thomas Telford sebagai presiden pertamanya. Tak kalah mengembirakannya, perguruan tinggi swasta pertama juga dibangun di Amerika Serikat yaitu Norwich University, di tahun 1819. Dengan adanya sekolah Teknik Sipil, pastinya menjadikan Ilmu Ketekniksipilan bisa dipelajari oleh siapapun.

 

2. Jembatan Tertuanya

Sumber gambar : jatimnet.com


Siapa sangka bahwa salah satu jembatan besi tertua didunia ternyata ada di Indonesia lho.. Dibangun di Kediri, Jawa Timur. Jembatan Lama Kediri itu diresmikan pada 19 Maret 1869. Umurnya sudah 152 tahun ini nih, sobat teknik. Jembatan tertua ini dirancang khusus oleh Styze Westerbaan Muurling, seorang insinyur sipil Belanda lulusan Royal Academy di Delft.

Jembatan ini menggunakan konstruksi besi yang dibangun diatas tiang sekrup dan dipasang didalam Sungai Brantas. Selama masa usianya, Jembatan Lama hendak dihancurkan oleh kependudukan Jepang. Sampai sekarang Jembatan Lama Kediri masih berdiri kokoh diatas Sungai Brantas kok.

 

3. Gedung Pencakar Langit Pertamanya

Sumber gambar : kumparan.com


Pada abad ke-16 M, insinyur Islam membangun gedung pencakar langit pertama sebelum bangsa barat. Bertempat di Shibam, Yaman, bangunan setinggi lebih dari 30 meter dibangun dengan konstruksi yang sangat unik. Bangunannya terbuat dari bahan batu dan tanah liat yang dilapisi oleh lumpur tebal. Tujuannya adalah untuk melindungi bangunan dari hujan dan erosi. Usia bangunan di Shibam sudah hampir 500 tahun, sehingga wajar apabila dalam perjalanannya sudah melalui berbagai renovasi untuk mempertahankan kekokohan gedung tersebut.

 

4. Semen Penggantinya

Sumber gambar : ilmubudaya.com


Hayo ngaku yang mengira bahwa semen tidak bisa diganti dengan bahan lain.. Seiring berkembangnya Ilmu Ketekniksipilan, para agent of change berlomba-lomba menciptakan banyak inovasi untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan di bangku perkuliahan. Inovasi yang terlihat jelas adalah terciptanya pengganti semen. Salah satunya adalah karya mahasiswa ITS, mereka memanfaatkan serat tebu sebagai pengganti semen. Banyak alasan kenapa memilih tebu sebagai bahan utama. Selain karena mudah didapatkan, serat tebu juga memiliki kerapatan massa yang rendah. Tak kalah dengan beton dari bahan semen konvensional, beton dari serat tebu ini mampu menahan tekanan sebesar 14,2 MPa, dimana beton konvensional seharusnya sudah gagal di 4,25 MPa.

 

Itu tadi beberapa fakta ataupun realita yang ada di Teknik Sipil. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan ya.

Share:

0 Komentar