Pengetahuan

5 Deretan Manfaat Jaringan 5G, Bukan Cuma Koneksi Lebih Kenceng

5G sudah hadir di Indonesia, jaringan seluler generasi kelima ini menawarkan pengalaman baru yang memanjakan para penggunanya. Apa saja kenyamanan yang akan didapatkan?

Khomaria21 Juni 2021

Teknologi komunikasi seluler telah berkembang selama bertahun-tahun dan setiap generasinya menawarkan layanan baru. Tentunya berimbas pada perkembangan teknologi dan pasar smartphone dalam beberapa tahun terakhir ini. Diharapkan percepatan pertumbuhan ini berbanding lurus dengan perkembangan teknologi jaringan seluler itu sendiri.

Evolusi jaringan harus terus berlanjut dengan tingkat kecepatan yang dibutuhkan semakin tinggi. Teknologi dengan generasi setelah 4G ini diharapkan mampu menambahkan peningkatan pada mobile broadband connectivity, massive machine communication dan low latency communication untuk memebrikan pengalaman menarik kepada pengguna

Apa itu teknologi 5G

5G merupakan istilah yang merujuk pada generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler. Teknologi 5G dianggap menjadi terobosan teknologi untuk memberikan semua aplikasi yang diinginkan dalam satu perangkat universal dan interkoneksi dengan infastruktur telekomunikasi yang sudah ada.

Fokus dalam pembuatan jaringan seluler 5G pada terminal pelanggan yang mana dapat memiliki akses ke teknologi seluler yang berbeda diwaktu yang sama dan mengkonsolidasikan dalam berbagai macam cara dari berbagai teknologi. Selain itu, adanya terminal membuat banyak pilihan antara penyedia jaringan seluler sehingga layanan yang diberikan bervariasi.

 

Sekarang, apa saja yang akan kita dapatkan dari teknologi 5G ini?

1. Teknologi Cloud Gamming yang Semakin Memukau

teknologi gaming cloud
sumber gambar : techstory.in

Cloud gamming memungkinkan gamer dapat bermain langsung dari PC atau konsol game tanpa harus mengunduh terlebih dahulu. Selain itu, dengan cloud gamming, gamer bisa bermain game di mana pun mereka memiliki konektivitas yang baik, mengurangi perangkat fisik seperti CD game yang hendak dimainkan dan dapat menggunakan perangkatnya seperti smartphone.

Mulanya perangkat selulertidak dirancang untuk memproses data dalam jumlah besar dan tidak memiliki daya pemrosesan yang tinggi. Harapannya dari teknologi 5G dapat membawa serta konektivitas cepat dan latensi rendah yang diperlukan untuk menghadirkan pengalaman bermain game yang mulus.

 

2. Operasi dan Pemeriksaan Jarak Jauh

operasi medis jarak jauh
sumber gambar : tekno.tempo.co

5G dapat menghancurkan batasan, termasuk dokter ketika sedang melaksanakan tugas. Dengan 5G, dunia medis benar-benar tak terbatas dan tak terhitung. Hampir semua kegiatan dokter dan perawat dapat dilakukan dengan mudah seperti mengambil tanda vital sampai membuat diagnosis, dapat dicapai melalui telemedicine.

Pasien dapat menghemat waktu dan uang. Para lansia dan penyandang cacat memperoleh banyak manfaat dengan mencari perawatan medis dari rumah mereka. Teknologi AI dapat diterapkan dan mengdiagnosis penyakit dari jarak jauh.

Namun dengan teknologi 5G, para ahli bedah akan dapat melakukan operasi robotik dari jarak ribuan kilometer yang seolah-olah mereka sedang berdiri tepat di ruang operasi bersama pasien. Sehingga mengurangi risiko operasi.

 

3. Perkembangan IoT Semakin Canggih

keamanan rumah dengan teknologi iot
sumber gambar : immersa-lab.com

Penerapan smarthome sangat membutuhkan koneksi jaringan yang stabil dan cepat. Latensi rendah dan kecepatan lebih cepat membuat kamera bel pintu dapat merekam video sejernih kristal dan mengirimkannya dalam milidetik.

Selain itu, 5G akan memperbarui sistem alarm sehingga pemrosesan jadi lebih cepat dan minim penundanaan. Sistem alarm yang didukung 5G memberi keuntungan bagi pemilik rumah untuk mengetahui kondisi rumahnya secara real-time. Kecepatan dan stabilitas sistem alarm 5G akan mengubah keamanan menjadi lebih luar biasa.

 

4. Berevolusinya VR dan AR 

teknologi vr
sumber gambar : teknosid.com

 

VR (Virtual Reality) adalah sebuah pengalaman canggih dengan dunia digital. Artinya, dunianya memang sengaja dibuat secara digital. Contohnya ketika memakai Oculus, Google Cardboard, atau HTC Vive. Kita bisa merasakan dunia virtual 360 derajat.

Sementara itu, AR (Augmented Reality) adalah penambahan elemen digital pada live view yang biasanya ada di kamera smartphone. Contohnya adalah game Pokemon Go yang sempat populer beberapa waktu lalu.

Melalui Pokemon Go, kita bisa menangkap Pokemon yang seakan-akan ada di sekitar kita, seperti halte, sekolah, stasion, restoran, dan sebagainya. Salah satu kelemahan VR dan AR adalah masalah jeda waktu atau delay, sehingga mengurangi kenyamanan pengguna. Dengan kemajuan 5G, waktu respons dikurangi menjadi hanya beberapa milidetik sehingga VR dan AR dapat digunakan secara real-time dan realistis.

 

5. Streaming Tanpa Buffering

sumber gambar : washington-finance.net

Kemunculan 5G membuat konsumsi video akan semakin meningkat. Sebab konten resolusi yang lebih tinggi dari sebelumnya. Tapi tenang, tidak perlu khawatir ngelag, karena kecepatan 5G yang begitu kenceng tidak membuat konten 8K sekalipun buffering lho.

Penyajian konten bakal berbeda dari sebelumnya. Teknologi 5G bisa menampilkan hal-hal menarik dalam konten yang ditayangkan. Contoh misalnya adalah ketika stadion olahraga bisa menayangkan live streaming sebuah pertandingan. Dengan inovasi tersebut, pertandingan bisa ditampilkan dalam beberapa kamera nirkabel yang tersambung ke jaringan 5G.

Itu dia beberapa kenyamanan yang akan diperoleh dari munculnya teknologi 5G yang sedang marak diperbincangkan akhir-akhir ini. Semoga bermanfaat 😊

Share:

0 Komentar