Teknologi

5 Top Brand Rekomendasi Software PLC

Sobat teknik sudah sangat familiar dengan PLC. Ini 5 rekomendasi brand software PLC yang bisa sobat pakai.

Khomaria25 Februari 2022

Simpelnya, PLC adalah sebuah komputer tanpa monitor, keyboard dan mouse yang berperan dalam perkembangan dunia industri. Secara umum, fungsi dari PLC adalah sebagai kontrol sekuensial dan monitoring plant.

Untuk kontrol sekuensial merupakan fungsi memproses input sinyal biner menjadi output untuk keperluan pemrosesan teknik secara berurutan (sekuensial). PLC hadir untuk menjaga proses sekuensial berlangsung dengan tepat. Sedangkan monitor plant sistem (temperatur, tekanan, tingkat ketinggian) mengambil tindakan yang sesuai dengan proses kontrol (misalnya nilai sudah melebihi batas) atau menampilkan pesan tersebut ke operator. .

5 Rekomendasi Brand Software yang Bisa Sobat Teknik Gunakan

Dalam penggunaannya, PLC dapat di setting dan diprogram menggunakan software

1. Siemens PLC

Brand nomor satu dunia dalam hal otomatisasi ini merupakan brand yang mendominasi pasar global sebesar 30,7%. Siemens menawarkan rangkaian pengontrol yang dikenal sebagai SIMATIC, dengan berbagai macam fitur seperti koneksi Ethernet TCP/IP, Profinet, dan profibus.

Sekarang ini, Siemens mengembangkan PLC untuk petrokimia, pabrik lepas pantai, dan sistem manajemen gedung. Siemens memakai teknologi otomatisasi yang paling sesuai dengan bidang produksi, manufaktur, pemrosesan, teknik, deteksi, komunikasi, dan diagnostik.

2. Allen Bradley PLC

Top brand kedua, ada otomatisasi Rockwell dan jajaran pengontrolnya. Allen-Bradley PLC adalah salah satu produsen PLC paling trend di pasar otomatisasi Amerika Serikat. Garis pengontrol Allen-Bradley mampu untuk proyek berbagai macam ukuran.

Sistem jaringan pengontrol dapat mengelola seluruh pabrik dengan rencana dan desain yang sesuai.

Rangkaian software mereka dilengkapi dengan pengontrol dan software ControlLogix, GuardPLC, dan software SoftLogix.

Keunggulan lain dari brand ini adalah software dapat mengontrol aplikasi ukuran kecil seperti sistem MicroLogix, SLC500 dan CompactLogix.

3. Mitsubishi PLC

Dengan dominasi pasar global sebesar 13,9%, Mitsubishi menempati urutan ketiga dunia. Sebagian besar berada di Jepang dan Asia dengan beberapa di Eropa dan Amerika.

Mitsubishi menawarkan software pemrograman PLC pengembangan GX. Kehandalan dan kemampuan pemecahan masalah baik menjadi keunggulan.

Secara umum, software dari brand ini diterapkan dalam aplikasi rumah tangga seperti AC, lemari es, kipas angin, otomatisasi rumah, layar TV, ventilator, dan bahkan dalam kontrol lalu lintas.

4. Schneider Electric PLC

Schneider Electric memiliki berbagai macam software PLC yang dapat digunakan di berbagai area.

Beberapa PLC utama dari Schneider Electric adalah:

  • TwidoSuite
  • EcoStruxure Machine Expert
  • Zelio Soft
  • ProWORX 32
  • Ecostruxure Control Expert
  • Modicon M168 Programming Software

Selain PLC utama, SE juga mengakuisisi Triconex, pada tahun 2014, yang merupakan Programmable Electronic System pertama yang disertifikasi TÜV untuk penggunaan aplikasi Emergency Shutdown (ESD). Serta disertifikasi untuk digunakan dalam penerapan aplikasi nuklir.

5. Omron PLC

Omron menawarkan software PLC yang menyediakan berbagai fungsi dan kontrol kepada pemula dari peralatan skala kecil hingga proses produksi.

Omron adalah satu-satunya penyedia software otomatisasi yang menggunakan sistem online. Tentunya memungkinkan pengguna mengunduh dan menginstal dengan mudah secara gratis.

Gimana sobat? Top brand rekomendasi kali ini sangat menarik bukan? Sobat tinggal pilih mau pakai software dari brand apa untuk digunakan dalam proses memprogram PLC.

Share:

0 Komentar