Opini

7 Tips Efektif untuk Kamu yang Lagi Belajar Online

Untuk kamu yang sering merasa gak maksimal dalam belajar online, coba beberapa tips berikut deh ya ..

Khomaria25 September 2021

Setahun lebih semenjak pandemi Covid-19, pelatihan dan pembelajaran online semakin marak. Selain itu, kumpulan webinar maupun e-course makin bertebaran. Salah satunya e-course Anak Teknik Academy.

Akan tetapi, pada implementasinya, belajar online masih terdapat banyak kendala dan gangguan. Alhasil kegiatan belajar online jadi tidak masksimal. Ini terjadi karena banyak faktor, mulai dari faktor internal sampai faktor eksternal. Untuk itu, simak beberapa tips belajar online yang bisa sobat teknik ikuti.

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Ini paling penting! Koneksi internet yang tidak lancar akan menghambat kelancaraan belajar online. Apabila koneksi internet sobat teknik tidak stabil, kegiatan belajar online jadi kurang efektif. Berbeda jika tanpa hambatan dalam koneksi, belajar online akan lebih fokus dan mudah terserap.

2. Ciptakan Tempat Belajar yang Nyaman

Ketika memulai belajar online tetapi tiba-tiba anggota keluarga ada yang mengganggu atau sobat teknik ditempat yang ramai. Hal tersebut merupakan salah satu kendala belajar online yang kurang efektif. Ciptakan tempat belajar yang tenang dan senyaman mungkin. Jauhi melakukannya di kasur karena akan memicu kamu mengantuk saat belajar online. Dengan kenyamanan, belajar online kamu jadi lebih efektif dan juga efisien.

3. Buat Jadwal yang Rutin

Walaupun belajar dari rumah, kamu tetap perlu mengatur jadwal dengan baik. Sama halnya ketika belajar offline, kuantitas belajar menjadi alasan mudah terserapnya materi daripada belajar lama tetapi tidak rutin. Rutinitas yang diatur dalam jadwal dapat memberikan kekuatan daya ingat karena sering dibaca dan dipelajari. Dengan begitu, belajar online dari rumah dapat dilaksanakan dengan efektif layaknya gaya belajar sebelum pandemi.

4. Catat Poin-poin Penting Materi

Kamu bukan hanya mendengarkan saja. Mencatat adalah hal penting lainnya. Meskipun memiliki semua materi kelas online dalam bentuk softfile, mencatat dapat membantu kamu untuk meninjau materi. Manfaat nyata yang bisa sobat teknik dapat dari mencatat adalah terlibat langsung dengan materi dan menulis dengan gaya bahasa sendiri. Hal ini  meningkatkan pemahaman dan daya ingatmu lho ..

5. Hindari Multitasking

Please, hal ini sangat sering dilakukan banyak mahasiswa atau bahkan siswa. Ketika belajar online atau mengikuti kelas online kerap disambi dengan kegiatan lainnya, seperti rapat organisasi, webinar ini-itu bahkan chating atau bermain sosmed. Melakukan banyak hal disatu waktu tidak akan efektif, malah yang ada akan saling mengganggu. Parahnya adalah ketika melakukan multitasking yang dikira akan mendapat beberapa hal sekaligus tetapi kenyataannya nihil.

6. Siapkan Makanan atau Minuman Jika Perlu

Agar tetap fokus, ada baiknya menyediakan makanan dan minuman. Supaya tidak bolak-balik disaat tiba-tiba kehausan atau kelaparan. Usahakan konsumsi air mineral dan buah-buahan, karena di masa pandemi kamu harus tetap menjaga kesehatanmu dengan asupan bernutrisi. 

7. Lakukan Jeda atau Istirahat

Cara belajar menyenangkan di rumah lainnya adalah memberikan jeda waktu. Cukup istirahat 10 menit saja sudah bisa membantu otak kita menyimpan informasi dengan baik.

Kamu bisa mengisi waktu jeda dengan melakukan stretching ringan. Dengan begitu, sobat teknik akan merasa fresh kembali.

 

Belajar online dan offline tentunya sangat berbeda. Review materi secara mandiri dan fokus yang tinggi sangat diperlukan, mengingat serba online pasti sulit dipahami. Selain itu, kamu juga bisa membentuk kelompok kecil agar ada teman yang bisa diajak diskusi ketika kamu belum terlalu paham materinya. Jauhi pula hal-hal yang bisa mengganggu fokusmu ketika mengikuti kelas online.

Nah, itu tadi tips efektif yang bisa sobat teknik lakukan saat sedang belajar online. Kalau belajar online kamu gimana, sudah efektif belum? Kalau belum bisa coba tips diatas ya.

Oiya sobat teknik, kalau sedang cari kelas online yang affordable dan worth it, bisa gabung e-course atau live training Anak Teknik Academy ya. Course ini sangat cocok untuk kamu para pencari ilmu diluar perkuliahan lho .. yuk gabung, tunggu apalagi bisa cek website anakteknik.co.id ya 😊

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait