Opini

Anak Teknik tapi Tidak Ingin Menjadi Engineer?

Anak teknik sudah seharusnya bergelut dibidang teknisi. Tetapi tak sedikit dari mereka yang passionnya bukan untuk menjadi seorang engineer. Salah jurusan dong? Tenang, meski banyak yang bilang salah jurusan, hal ini bisa menjadi value tersendiri.

Khomaria1 Desember 2020

Apa yang terlintas dibenak ketika mendengar frasa “Anak Teknik” ? Keren? Future Engineer? Ataukah To Be changeer the world through technology. Anak teknik adalah seseorang yang sedang menuntut ilmu atau bekerja dibidang teknik. Bidang teknik ada banyak macam, mulai dari yang paling familiar, ada teknik informatika sampai yang jarang diketahui banyak orang, Teknik Perpipaan. Tentu dengan bidang teknik yang beragam ini menjadikan sterotip masyarakat akan beranggapan bahwa nantinya atau sekarang sedang bekerja sebagai teknisi disuatu perusahaan atau instansi yang tidak jauh dari kata Teknik.

 

Banyak anak teknik yang saat ini masih menempuh Pendidikan tinggi merasa bahwa hati mereka tidak sepenuhnya berada di teknik. Bahkan sampai ada yang merasa salah jurusan. Sehingga ini menjadikan ketidak sepenuhan hati dalam menimba ilmu di jurusan teknik. Sangat disayangkan dengan mereka yang beranggapan bahwa masa depan telah hancur hanya karena mencari ilmu dibidang yang salah. Masalahnya bukan mencari solusi denga apa yang telah terjadi, tetapi mayoritas dari mereka malah hanya cepat ingin lulus dan terbebas dari belenggu dunia Teknik.

 

Hal ini sebenarnya dapat diatasi oleh mereka yang mau berusaha dan tidak mau terjebak terus-menerus dengan menyalahkan keadaan. Mau tahu seperti apa untuk tetap stay and how to money didunia teknik tetapi bukan sebagai teknisi? Simak yuk!

 

  1. Punya ciri khas yang tidak dimiliki banyak orang

Sumber gambar : cekaja.com


Pertanyaan untuk kamu, apa ciri khas yang kamu miliki tetapi tidak dimiliki banyak orang?

Value ini sangat penting untuk kamu yang merasa salah jurusan didunia teknik tetapi tetap ingin bekerja dibidang teknik. Misal saja, kamu suka dunia marketing atau akuntansi. Ya sudah kamu hanya perlu memikirkan how to money untuk perusahaan yang bergerak dibidang teknik. Perusahaan teknik tersebut pasti punya barang ataupun jasa, kamu cukup menjadi marketingnya dan menjelaskan kepada client dengan bahasa teknik yang sederhana dan mudah dimengerti orang awam. Hal ini sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan, tidak semua orang bisa menjelaskan dengan Bahasa teknik yang dapat dicerna oleh orang yang bukan teknik.

 

  1. Menjadikan pekerjaan sebagai hobi

Sumber gambar : okezonetechno.co.id


Kamu punya hobi apa? Ternyata bisa loh mengabungkan pekerjaan dengan hobi yang dimiliki. Misal saja, hobimu adalah menulis. Salah satu keahlian yang banyak dicari perusahaan. Perusahaan mana yang tidak ingin situs websitenya selalu up to date. Hal ini dapat dijadikan sebagai batu loncatan jika kamu dari jurusan teknik tetapi tidak ingin menjadi engineer-nya. Kamu bisa membuat konten dengan bahsa teknik tetapi tetap mudah dipahami masyarakat luas.

 

  1. Having in touch baik sama kakak tingkat yang senasib

Sumber gambar : bukutahu.com


Menjaga silahturahmi dan komunikasi dengan kakak tingkat sangat penting, apalagi yang senasib. Satu hal yang perlu dicacat adalah sama-sama ingin stay diteknik tetapi tidak untuk menjadi engineer-nya. Kamu akan banyak dapat relasi sehingga berpeluang digaet sama kakak tingkat loh. Digaet bekerja ya maksudnya hehe.

 

Nah untuk kamu sekalian yang merasa salah jurusan diteknik, tenang dan tetap semangat. Cari value kamu dan pergunakan itu untuk bekerja didunia teknik. So, ngak menjadi engineer gak masalah asalkan tetap pede dengan kemampuan sebagai ciri khas kamu yaa 😊

Share:

0 Komentar