Teknologi

Apa Perbedaan TEMS, Genex Probe, dan Nemo : Drive Test Tools yang Biasa Digunakan Engineer

Untuk memberikan gambaran nyata terhadap kualitas jaringan dilapangan maka diperlukan Drive Test. Istilah kerennya sih optimasi jaringan. Ini dia bedanya tools-tools yang biasa diguankan untuk DT

Khomaria3 Juni 2021

Pada globalisasi saat ini salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi tingkat kehidupan masyarakat adalah perkembangan teknologi. Dari sini lahirlah muncul sebuah teknologi bernama Long Term Evolution (LTE) yang merupakan teknologi jaringan seluler generasi keempat (4G) yang distandarisasi oleh 3GPP.

Untuk mengetahui kualitas dari suatu jaringan dapat dilakukan dengan pengamatan secara real-time atau nyata di lapangan melalui pengukuran parameter 4G LTE disuatu wilayah yang kualitas sinyalnya kurang baik. Drive Test adalah Metode yang paling banyak dilakukan.

Apa itu Drive Test?

Drive test dapat diartikan sebagai salah satu metode pengukuran sinyal radio dalam sistem komunikasi seluler. Sinyal radio ini adalah sinyal yang diterima oleh ponsel pelanggan dengan tujuan untuk mengetahui performansi atau kualitas kinerja pada jaringan seluler.

Dari Drive test ini akan menghasilkan semua data yang diperlukan terkait jangkauan, kualitas sinyal, dan kinerja suatu site. Data-data tersebut nantinya akan digunakan untuk membuat perencanaan radio dan optimasi jaringan untuk memecahkan masalah serta meningkatkan KPI yang telah ditentukan.

Dalam pengukuran radio seluler, terdapat dua acara, yaitu Drive test dan Walk test. Perbedaan keduanya terletak pada tempat pengukuran, Drive test dilakukan diluar ruangan menggunakan kendaraan sedangkan Walk test dilakukan didalam ruangan dengan cara berjalan.

 

Berikut ini ada beberapa Drive Test Tools yang bisa digunakan untuk pengukuran radio seluler beserta perbedaanya :

1. TEMS

software drive test TEMS
sumber gambar : penulis

Test Mobile System atau yang kerap disebut dengan TEMS, merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk mengamati jaringan seluler. TEMS memiliki fitur yang bisa mengumpulkan informasi level sinyal dan kualitas sinyal yang dipancarkan oleh BTS. Terdapat tigas jenis TEMS, yaitu TEMS Investigation, TEMS Light dan TEMS Automatic. Yang sering digunakan adalah TEMS Investigation.

 

2. Genex Probe

software drive test genex probe
sumber gambar : tele-tools.com

Genex Probe adalah software yang dikembangkan oleh Huawei GENEX. Software ini pertama kali diluncurkan pada 11 September 2008. Program utama yang dapat dieksekusi adalah PROBE.exe. dalam penggunaannya, harus menjalankan Windows atau Vista. Untuk windows bisa menggunakan versi XP, 7, 8, 8.1 atau 10.

 

3. Nemo

software drive test nemo
sumber gambar : epol92.blogspot.com

Nemo merupakan software drive test yang sangat cocok dalam melakukan pengukuran baik di luar maupun didalam ruangan. Dalam melakukan drive test, Nemo mampu monitoring teknologi jaringan seperti GSM, CDMA, EVDO (Evolution-Data Optimized), WCDMA, HSPA, HSPA+, LTE, dan wireless networks, serta dapat melukukan mobile aplikasi QoS/QoE. Nemo ini memiliki fitur penguncian PCI yang berfungsi untuk mencari nilai RSRP terkecil pada wilayah layanan.

 

Drive Test Tools sebernarnya ada banyak jenis, tetapi yang sering digunakan adalah ketiga software diatas. Ketiganya tidak ada perbedaan yang signifikan, semua parameter yang dibutuhkan untuk data DT sudah dapat didapatkan menggunakan ketiga software tadi. Tetapi ada beberapa fitur yang tidak dimiliki satu sama lain.

Share:

0 Komentar