Hampir semua kegiatan membutuhkan rencana anggaran, tak terkecuali kegiatan bidang teknik. Jumlah anggaran dapat menentukan jalannya kegiatan. Untuk dapat berhasil perlu dibuat rencana angaran agar sehat secara finansial
Apa sih anggaran itu?
Anggaran merupakan sejumlah dana yang digunakan perusahaan, organisasi atau perorangan untuk melaksanakan kegiatan dengan mengikuti rencana pendapatan, belanja, dan pembiayaan yang disusun menurut klasifikasi tertentu secara sistematis. Lalu kenapa harus ada sebuah anggaran dalam melaksanakan suatu kegiatan? Dengan memiliki anggaran, lebih mudah membuat estimasi biaya yang dikeluarkan untuk mendukung aktivitas tertentu.
Artikel kali ini, sobat teknik akan belajar cara membuat anggaran dengan Microsoft Excel. Ini dia, 10 tahapan pembuatan anggaran :
Buat Tabel Pemasukan dispreadsheet
Tabel ini berfungsi sebagai batasan dalam menentukan pengeluaran nantinya. Tabel pemasukan berisi sejumlah uang yang didapat atau dianggarkan. Sehingga sebelum menentukan pengeluaran apa saja harus memperhatikan tabel pemasukan yang dimiliki.
Tambahkan Tabel Pengeluaran Juga
Dengan tabel pengeluaran, sobat teknik akan tahu apa saja yang pasti dibeli beserta harganya. Tabel pengeluaran harus disesuaikan dengan tabel pemasukan, sehingga tidak terjadi pembengkakan anggaran.
Tambahkan Tabel Lain
Kamu bisa menambahkan tabel saving sebagai perencanaan jaga-jaga ketika terjadi yang tidak diduga. Saving ini bisa dikatakan sebagai tabel pengeluaran, karena akan digunakan untuk keperluan mendesak.
Hitung Saldo Akhir
Untuk menghitung saldo akhir, sobat bisa menggunakan rumus dasar excel seperti SUM. Selain itu, bisa ditambahkan perhitungan dasar pula semacam tambah, kurang, kali ataupun bagi.
Masukkan Grafik
Menggunakan grafik pada anggaran spreadsheet adalah opsional. Namun dapat membantu sobat teknik memvisualisasikan seberapa banyak uang yang dibelanjakan. Untuk membuat diagram lingkaran atau grafik batang tentang pengeluaran, terlebih dahulu membuat membuat kolom persentase.
Untuk mempelajari langkah-langkah lebih mendalam, simak rencana anggaran tugas akhir dibawah :
- Membuat Tabel Pemasukan
Skenarionya adalah diasumsikan bahwa bekerja part time dengan gaji perbulan Rp 700.000,- dan dengan periode selama 6 bulan sesuai jadwal rencana pengerjaan Tugas Akhir. Sehingga selama 6 bulan total pemasukan adalah Rp 4.200.000,-
- Membuat Tabel Pengeluaran
Sesuai dengan tabel rencana pembelian komponen untuk bahan tugas akhir, tabel pengeluaran dibuat seperti dibawah.
- Membuat Tabel Saving
Tabel saving dibuat untuk jaga-jaga apabila ada komponen yang rusak atau hilang. Sehingga didapatkan tabel dibawah ini.
- Menghitung Saldo Akhir
Saldo akhir dihitung untuk rencana dan kenyataan. Sobat teknik akan tahu selisih antara anggaran rencana dan anggaran kenyataan. Selisih ini bisa disebut dengan dana untung. Anggaran yang direncanakan ternyata lebih besar sehingga akan mendapat sisa. Namun sebaliknya, apabila anggaran rencana lebih kecil dari anggaran kenyataan , berarti mendapatkan kerugian.
- Menambahkan Grafik
Langkah terakhir adalah menambahkan grafik supaya lebih mudah dibaca. Jangan lupa untuk menambahkan dan menghitung sel persentase ya sobat teknik.
Wah, ternyata excel keren banget kan sobat teknik. Hal yang ngak kalah pentingnya lagi, harus ada anggaran rencana dan anggaran kenyataanya. Tujuannya apa? Yaitu untuk mengetahui apakah kita memakai dana dengan seminimal mungkin atau tidak. Dalam pengerjaan proyek bangunan sangat diperlukan hal itu, supaya bisa mendapatkan keuntungan dalam menjalankan proyek. Nah semoga bermanfaat ya sobat, sampai ketemu dipembahasan berikutnya 😊