Fun Fact

Judul ditolak Dospem, Drama Mahasiswa Akhir Mencari Judul Tugas Akhir

Kamu mahasiswa akhir? Lagi ngerjain tugas akhir dong? Pasti ngalamin drama ini! Kuat-kuat ya

Khomaria17 November 2021

Tak terasa semester ganjil akan segera berakhir. Berakhirnya semester ini menjadi beban tersendiri bagi sebagian mahasiswa, apalagi mahasiswa tingkat akhir. Belakangan ini banyak postingan ngucapin selamat seminar proposal. Sempro sering menjadi kata horror bagi mahasiswa akhir. Pasalnya mereka harus melewati ini sebelum mengakhiri masa studinya.

Mahasiswa tingkat akhir harus melewati rintangan bernama tugas akhir agar bisa memperoleh gelar. Tugas akhir menjadi salah satu syarat mahasiswa khususnya jurusan teknik untuk menyelesaikan kuliah.

Namun untuk menyelesaikan tugas akhir bukan perkara mudah lho sobat teknik. Permasalahan ini menjadi drama yang dialami mahasiswa tingkat akhir mulai dari mencari judul tugas akhir sampai sidang.

Adapun drama-drama yang sering dialami mahasiswa tingkat akhir 

Mencari judul tugas akhir yang mudah

Jika rezekimu, kamu pasti melewati step awal ini dengan mudah. Sekali cari langsung acc dospem. Jangan senang dulu, sobat teknik boleh melalui ini dengan mulus tanpa hambatan, tetapi bisa jadi ketika sidang pendadaran tidak akan semulus ini.

Mencari judul tugas akhir yang bisa dikerjakan sama teman

Nah, bagi sobat yang tidak bisa sendirian dalam ngerjain tugas akhir pasti cari teman dari awal nentuin judul. Ini salah satu cara agar tidak bermalas-malasan. Agar selalu termotivasi untuk ngerjain tugas akhir lho.

Dapat judul, namun ditolak dosen pembimbing karena sudah dipakai orang lain

Lebih sakit judul ditolak karena sudah dipakai apa ditolak doi, sobat? Tentunya judul ditolak dong ya. Ada yang berkali-kali judulnya ditolak, dengan beribu macam alasan. Jadi dedek-dedek maba harus pinter-pinter cari judul yang menarik ya. Oiya tips agar tidak ditolak adalah banyak membaca referensi judul tugas akhir. 

Mencari judul tugas akhir lagi

Fase ini akan kamu lewati setelah judul yang sebelumnya ditolak. Ketika kamu mampu melewati fase ini, kamu sudah sangat hebat. Banyak mahasiswa tingkat akhir stuck dan hilang motivasi saat judul pertama ditolak.

Sudah dapat judul, harus cari dosen pembimbing

Ada beberapa kampus dengan alur seperti ini. Cari judul dulu baru nentuin mau dibimbing dosen siapa, atau sebaliknya. Karena masing-masing kampus berbeda kebijakan. Sobat teknik harus memastikan bagaimana alur dikampus masing-masing ya, agar tidak salah mengambil langkah.

Overthinking sepanjang hari karena judul ditolak mulu

Semua mahasiwa tingkat akhir akan mengalami yang namanya overthinking. Dari hal yang sepele sampai yang besar bisa menjadi bahan overthinking mahasiswa akhir. Overthinking adalah hal wajar tetapi namun jadi tidak baik apabila overthinking tidak disertai action.

Sampai pada satu titik harus memilih judul tugas akhir yang bisa dikerjakan

Akan ada momen dimana usaha awalmu akan membuahkan hasil. Kamu akan menemukan kebahagiaan ketika sebuah judul tugas akhir akhirnya bisa dikerjakan. Tentunya di-acc oleh dosen pembimbing. Semangat sobat teknik akan membara lagi.

Akhirnya sidang pendadaran dan lulus

Puncak dari drama-drama mahasiwa akhir adalah saat berhasil sidang pendadaran dan dinyatakan lulus. Sidang pendadaran merupakan gerbang perjuangan akhir untuk memperoleh gelar.

Drama yang sering terjadi adalah menangis setelah selesai sidang. Bukan menangis sedih, tetapi menangis bahagia dengan perasaan lega luar biasa. Yang jangan lupa setelah ini akan ada drama lain pastinya, yaitu mencari kerja.

Itu dia beberapa drama yang dialami mahasiswa akhir tak terkecuali mahasiswa teknik. Untuk para sobat yang masih ditingkat awal, semangat kuliahnya.

Teruntuk Sobat teknik yang berada ditingkat akhir, sudah sampai di kondisi mana nih? Semoga dilancarkan selalu ya 😊

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait