Teknologi

Mengenal Lebih Dekat dengan Nokia N97, Smartphone yang Gagal Melawan iPhone

Tahukah kamu, ada smartphone yang diciptakan untuk melawan performa dari iPhone lho. Sayang seribu sayang, smartphone ini mengalami kegagalan dalam pemasarannya.

Khomaria25 Januari 2021

Siapa yang ngak kenal sama Nokia? Perusahaan dengan nama Nokia Corporation, produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia yang berasal dari Finlandia. Nokia Corporation dikenal melalui produk ponselnya. Mulai dari GSM, CDMA sampai dengan W-CDMA.

Jangan lupakan, sejak tahun 2007, iPhone mulai popular dan sampai sekarang semakin populer. Ditahun yang sama, Nokia mulai merasa terancam. Sehingga Nokia mengeluarkan Nokia N97 pada Juni 2009. Dengan Nokia N97. Nokia berekspetasi menjadi ponsel top perusahaan asal Finlandia dan mampu bersaing melawan iPhone, namun bukan kebanggan mealinkan kekecewaan yang harus didapatkan.

Kok bisa sih, membuat kecewa Nokia Corporation? Simak yuk!

Nokia N97 adalah keluaran pertama Nokia Corporation yang digunakan untuk melawan iPhone. Nokia N97 memiliki layar sentuh dengan panel 3,5”. Dengan layar sentuhnya seharusnya Nokia N97 mampu mengimbangi iPhone, tetapi pada kenyataannya nihil. Inilah beberapa alasannya :

Sumber gambar : techwizardz.blospot.com


  1. Processornya

Peluncuran N97 diluncrukan ke pasaran pada pertengahan 2009 dengan prosesor single-core clock pada 434 MHz dan hanya ROM 128MB. Dari jumlah itu, hanya sekitar 50 MB yang tetap bebas setelah OS dimuat, sedangkan iPhone 3GS memiliki prosesor 600MHz dan RAM 256MB. Dari sini sudah kalah jika dibandingkan dengan kecepatan iPhone 3GS.

  1. Kualitas kontrolnya

Saat itu. Nokia N97 memiliki penyimpanan bawaan 32GB yang sangat besar. Sedangkan iPhone hanya menduduki puncak pada 16GB. Selain itu, Nokia melengkapi dengan kamera 5MP, sedangkan iPhone 3GS hanya dengan 3,15MP saja. Dengan spesifikasi tersebut, Nokia N97 adalah eksterior mengkilap yang terbungkus peninggalan digital.

Penjualan mencapai angka 2 juta selama tiga bulan pertama setelah rilis, tetapi masalah ada dikualitas kontrolnya selama pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras membuat konsumen kecewa. Salah satu yang menyebabkan Nokia N97 mulai ditinggalkan.

  1. Jumlah Aplikasi di App Store

Kegagalan terbesar adalah membangun toko aplikasi yang kompetitif daripada perangkat keras N97 yang kurang mumpuni. Toko Nokia Ovi hanya memiliki sebanyak 525 aplikasi. Sedangkan App Store Apple memiliki 100.000 aplikasi. Secara kuantitas, menunjukkan bahwa Nokia N97 sudah tertinggal jauh.

  1. Keterlambatan mengejar saingannya

Masalah perbaikan perangkat lunak dengan pembaruan Over The Air dan kualitas kontrol pada peningkatan lini produksi sangat diperlukan oleh Nokia apabila tidak ingin kalah dengan iPhone. Akan tetapi, kerusakan sudah terjadi dan Nokia tidak melakukan usaha apa pun. Dari sini sudah terlihat bahwa Nokia telah merelakan dirinya untuk dikalahkan oleh iPhone. Dengan begitu berangsur-angsur Nokia N97 mengalami penurunan penjualan dipasaran.

 

So, itu tadi sekilas tentang Nokia N97 yang dibuat untuk melawan iPhone, ternyata mengalami kegagalan. Padahal dari awal rilis menunjukkan angka positif, namun tetap mengalami penurunan sehingga harus menuai kegagalan.

Share:

0 Komentar