Fun Fact

Nostalgia, Internet Explorer Ternyata Segera Punakarya

Microsoft akan segera hentikan operasi dari browser bawaan windows. Internet Explorer pada 2022 mendatang. Apa saja kira-kira kenangannya?

Khomaria26 Mei 2021

Sepanjang 25 tahun, Internet Explorer telah membantu berselancar diinternet. Microsoft memutuskan untuk mempesiunkan Internet Explorer sebagai web browser. Selaku pemilik perusahaan, Bill Gates memutuskan untuk menghentikan Internet Explorer secara total.

Aksi tersebut dilakukan karena pengguna sudah mulai meninggalkan Internet Explorer sejak lima tahun lalu. Sudah satu dekade Internet Explorer beroperasi, tetapi semakin tertinggal oleh web browser lainnya seperti chrome, firefox dana safari. Lalu hal apa saja yang bisa diingat mengenai Internet Explorer?

 

1. Sejarahnya yang berasal dari Mosaic

Sumber gambar : kumparan.com

Adanya Internet Explorer ini berawal dari web browser Mosaic. Aksi Microsoft melisensikan Mosaic membuahkan hasil dengan terciptanya sebuah web browser yang diberi nama Internet Explorer. Berawal dari peluang pasar web browser yang besar, Microsoft memutuskan membuat Internet Explorer. Selain itu, pada abad 19 web browser masih sangat jarang. Hal ini tentunya menjadi kesempatan besar bagi Microsoft untuk berinovasi.  Meskipun Microsoft membeli lisensi Mosaic, tetapi dalam implementasi source code pada Internet Explorer tetap dimodifikasi.

 

2. Sebelas Versinya

Sumber gambar : wikiwand.com

Menjadi web browser tertua, Internet Explorer telah mengalami perkembangan hingga pada tahun 2013, Internet Explorer memiliki 11 versi secara keseluruhan. Berikut adalah ulasan setiap versinya :

  • Versi 1.0 pada tahun 1995

Internet Explorer versi 1.0 dirilis tepat setelah Microsoft menemui Spyglass dan membeli lisensi Mosaic. Dengan melakukan modifikasi source code, web browser ini berhasil lahir.

  • Versi 2.0 sampai 3.0 pada tahun 1996

Internet Explorer versi 2.0 terdapat dukungan SSL, HTTP cookie, dan HTML table. Sedangkan pada versi 3.0, Internet Explorer menjadi web browser pertama yang menggunakan CSS.

  • Versi 4.0 pada tahun 1997

Internet Explorer versi 4.0 mengalami drama seperti kasus pengadilan Microsoft versus Amerika Serikat, dan peperangan web browser pertama.

  • Versi 5.0 pada tahun 1999

Internet Explorer versi 5.0 banyak perkembangan dan fitur baru didalamnya. Fitur utama yang dikembangkan di Internet Explorer adalah search barFavouritesAutoCompleteIntegaris dan Hotmail.

  • Versi 6.0 pada tahun 2001

Internet Explorer versi 6.0 punya rentang waktu panjang, harus menunggu lima tahun untuk upgrade versi berikutnya.

  • Versi 7.0 pada tahun 2006

Banyak fitur baru yang dikembangkan seperti Multi-tabPage ZoomingSearch box Integration dan meningkatkan dukungan CSS, DOM dan HTML.

  • Versi 8.0 pada tahun 2009

Pada versi ini, dapat melewati tes Acid2 dan mendapatkan skor yang cukup dan mengimprovisasi RSS, CSS dan dukungan Ajax.

  • Versi 9.0 sampai 10.0 pada tahun 2011

Internet Explorer versi 9.0 terdapat penambahan dukungan javascript, tah HTML video dan audio. Sedangkan pada versi 10.0, mendapatkan banyak pembaharuan didalamnya.

  • Versi 11.0 pada tahun 2013

Internet Explorer versi 11.0 ini mendapatkan pembaharuan seperti mendukung Orientasi API dan CSS Flexbox.

 

3. Fitur-fitur yang menakjubkan

Sumber gambar : sinaupedia.com

  • InPrivateBrowsing, kita mendapatkan keamanan penyimpanan data berupa username dan password. Selain itu, kita bisa menghapus jejak dari situs yang telah kita kunjungi.
  • InPrivateFiltering, kita dapat memblok content pihak ketiga. Tentunya hal ini akan meningkatkan kenyamanan pengguna web browser ini.
  • WebSlices, ketika melakukan subscribe, maka alamat situs yang kita kunjungi akan ada pada Favourites bar, Tab Grouping. Fitur ini membuat kita mampu mengelompokkan tab yang informasi nya saling berkaitan.
  • Automatic Crash Recovery, fitur ini dapat mencegah kehilangan data ketika Internet Explorer terjadi crash. Kita dapat memulihkan tab atau situs yang sedang kita kunjungi saat terjadi crash.

 

4. Kelebihannya cukup banyak

Sumber gambar : itmultimediagorontalo.blogspot.com

  • Dapat membuka 100 tab sekaligus, sehingga bisa mencari informasi tanpa harus menutup situsnya.
  • Tidak perlu mendownload bagi pengguna yang menggunakan Windows. Salah satu kelebihan web browser ini adalah sudah sepaket dengan sistem operasi Windows. Jadi para pengguna Windows tidak perlu repot-repot menginstall Internet Explorer. 
  • Mempunyai fitur default menarik untuk meningkatkan kenyamanan. Fitur-fitur tersebut  meliputi inPrivate Browsing and FilteringacceleratorsFavourite bar dll. Fitur pada Internet Explorer punya sifat opsional, jadi kita bisa memilih dan menonaktifkan fitur. 
  • Web browser senior, pada masanya Internet Explorer sangat terkenal dan masih banyak pengguna setianya. Tahun 90an Internet Explorer berhasil mendapatkan 95% pengguna keseluruhan didunia.
Share:

0 Komentar