Kreatifitas

Pertama di Indonesia, Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi

Bukan sekali dua kamu mendengar tentang energi terbarukan. Topik tentang energi terbarukan memang telah bergaung selama beberapa waktu. Ada jurusan baru yang belajar tentang energi terbarukan lho, simak yuk

Khomaria15 Maret 2022

UGM ada Teknik Nuklir yang merupakan salah satu jurusan langka, di ITB ada Teknik Bioenergi dan Kemurgi. Mungkin masih sangat asing di telinga orang awam. Bahkan sobat teknik juga baru mendengar jurusan ini.

Beberapa masalah yang timbul dari energi terbarukan, seperti peningkatan emisi karbon, pemanasan global, hingga keterbatasan ketersediaan dari minyak bumi atau fossil fuel. Dari masalah tersebut terciptalah jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi ini.

Apa itu Teknik Bioenergi dan Kemurgi?

Teknik Bioenergi dan Kemurgi adalah bidang keilmuan yang memformulasikan masalah pemrosesan dan pengolahan bahan nabati menjadi bahan non-pangan pada skala industri. Tujuannya untuk menciptakan sumber energi terbarukan baru, serta memanfaatkan kekayaan alam Indonesia.

Teknik Kimia, nama jurusan yang telah ada sejak sebelum sobat lahir ini tentu tak terlalu asing di telinga. Nah, Bioenergi dan Kemurgi adalah cabang dari Teknik Kimia

Apa yang dipelajari di Teknik Bioenergi dan Kemurgi?

Sobat teknik sekalian tentu bertanya-tanya lalu apa sih yang dipelajari di jurusan ini.

Memproses bahan nabati menjadi biofuel, mencakup bio-bio di atas serta bioethanol, biobutanol, dan lain-lain, adalah fokus utama perkuliahan di Jurusan Teknik Bioenergi dan Kemurgi. Akan tetapi, sobat teknik juga akan memperoleh pengetahuan lain diluar persoalan bioenergi.

Menjadi mahasiswa Teknik Bioenergi dan Kemurgi berarti akan belajar tentang

  • Mekanika fluida
  • Penggunaan prinsip termodinamika
  • Operasi perpindahan kalor
  • Mengolah suatu bahan menjadi produk bernilai ekonomi
  • Memodelkan suatu permasalahan menjadi rumusan matematis
  • Pengolahan kimiawi mikroba, alga, maupun tumbuhan berkayu dan tak berkayu untuk mendapatkan komposisi zat yang dibutuhkan.

Kamu juga bisa belajar cara merancang dan mengoperasikan pabrik supaya berfungsi maksimal. Bahkan, kamu akan terlibat dalam analisis ekonomi pasar. Lengkap, semua ada dan kamu pelajari – mulai dari fisika, matematika, biologi, kimia, hingga ekonomi. Menarik bukan?

Prospek Kerja Jurusan Teknik Bioenergi Dan Kemurgi

Dengan belajar banyak hal, potensi lulusan Bioenergi dan Kemurgi untuk bekerja juga cukup besar.

Selain menjadi akademisi, apabila sobat tertarik di bidang riset bisa bekerja pada lembaga penelitian dengan menjadi seorang Ahli Teknik Biologi, Ahli Biokimia dan Biofisika, Ahli Kimia, atau Ahli Teknik Kimia.

Untuk perusahaan pengolahan pertanian dan bioenergi akan membutuhkan Manajer Produksi Industri, Ahli Biostatistik, Ahli Pengolahan Bahan Bakar, Ahli Teknik Energi, Ahli Teknik Industri, atau Auditor Energi.

Eits tenang, sobat gak suka terjun ke industri dan lebih tertarik bidang bisnis? Bisa. Pengetahuan ekonomi dan sains dapat mengantarkanmu menjadi wirausahawan dibidang pengolahan nabati.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait