Pengetahuan

Rumus Microsoft Excel untuk Pekerjaan Mahasiswa Teknik

Tahukah kamu bahwa excel merupakan program spreadsheet yang harus diketahui para engineer? Lalu seperti apa rumus yang bisa dipakai? Simak ulasannya ya ..

Khomaria26 Oktober 2021

Sekarang ini Microsoft Excel tumbuh sebagai software yang paling banyak digunakan, termasuk kalangan mahasiswa. Microsoft Excel dipilih karena fleksibilitasnya dalam mengolah data. Mahasiswa biasanya memakai excel untuk pembuatan table maupun kalkulasi

Namun tahukah bahwa Microsoft Excel bisa juga dipakai untuk menyelesaikan permasalahan mahasiswa teknik. Microsoft Excel dianggap sebagai standar dalam menyampaikan, mentransfer, menafsirkan, menghitung, dan bahkan menganalisis informasi dan angka untuk desain dan metode teknik.

Berikut rumus-rumus Microsoft excel yang bisa dipakai oleh mahasiswa teknik

Klik juga : Situs Gratis untuk Belajar Microsoft Excel

Rumus Mengonversi

Fungsi ini bertujuan untuk mengkonversi angka dari satuan pengukuran ke satuan lainnya. Misalnya mengonversi nilai tekanan udara dalam bentuk psi menjadi MPa. Adapun syntaxnya adalah CONVERT(value, from_unit, to_ unit).

sumber gambar : engineerexcel.com

Rumus Named Range

Untuk menghilangkan kebinggunggan rumus pada sel Excel, sobat teknik bisa mengunakan Named Ranges untuk membuat variabel rumus. Caranya gampang banget kok. Cukup buat variabel dengan nilai kemudian sel yang berisi nilai diganti nama variabel. Yang terakhir sama seperti input rumus diexcel pada umumnya.

sumber gambar : engineerexcel.com

Rumus Update Charts

Untuk mempermudah update judul grafik, judul axis dan label, sobat teknik bisa menautkan langsung ke dalam sel spreadsheet dengan fungsi tertentu. Tentunya, dengan menggunakan fungsi CONCATENATE. Langkah pertama memilih komponen pada grafik dan ketikan "=" pada rumus yang berisi judul grafik, judul axis atau label.

sumber gambar : engineerexcel.com

Rumus Mencapai Target

Excel memiliki tools yang disebut Goal Seek untuk membantu dalam mencapai target pekerjaan dibidang teknik. Sobat teknik pasti penasaran gimana caranya kan.. Pertama, buka tools Goal Seek: Data>Forecast>What-If Analysis>Goal Seek. Kemudian isi kolom

  • “Set Cell:" dengan sel target yang diketahui
  • "Untuk Nilai:" masukkan nilai target
  • “Dengan mengubah sel:” pilih inputan yang ingin kamu ubah

Excel akan menemukan input yang benar untuk mencapai target.

 

Rumus Data Tabulasi

Salah satu alasan mengapa excel cocok sebagai engineering tools dapat menghitung persamaan dan tabel data. Adapun fungsi yang bisa digunakan adalah INDEX dan MATCH. Fungsi ini untuk mencari data di kolom atau baris tabel. Selain itu, fungsi ini dapat mengontrol nilai yang dibuat.

sumber gambar : engineerexcel.com

Rumus Lain Data Tabulasi

Pastinya, dengan fungsi LINEST. Fungsi ini merupakan fungsi array yang mengembalikan koefisien dan menentukan garis melalui kumpulan data. LINEST dapat diimplementasikan untuk regresi nonlinier pada data dengan fungsi polinomial, eksponensial, logaritmik, dan pangkat. Bahkan bisa untuk regresi linier berganda. Syntaxnya adalah LINEST(known_y’s, [known_x’s], [const], [stats]).

sumber gambar : engineerexcel.com

Rumus Buatan Pengguna

Seorang engineer pasti banyak melakukan perhitungan yang berulang kali. Khususnya hitungan yang tidak memiliki fungsi tertentu di Excel.

Sobat teknik bisa membuat sebuah rumus tertentu sesuai kebutuhan dengan UDF. Misalnya, untuk mengembalikan komponen perhitungan dan bahkan menyelesaikan persamaan diferensial.

sumber gambar : engineerexcel.com

 

Rumus Kalkulus

Ketika mendengar kalkulus, kemungkinan besar tidak akan terpikirkan excel. Yap, kalkulus berupa integral dan diferensial. Untuk menghitung turunan, sobat dapat menggunakan perbedaan maju, mundur, atau pusat.

Masing-masing metode ini menggunakan data dari tabel untuk menghitung dy/dx. Adapun aturan mengambil titik data :

  • Untuk selisih maju, gunakan data pada titik n dan n+1
  • Untuk perbedaan mundur, gunakan data pada titik n dan n-1
  • Untuk perbedaan pusat, gunakan n-1 dan n+1

sumber gambar : engineerexcel.com

Ternyata rumusnya banyak ya sobat teknik. Bahkan dari mengonversi sampai kalkulus yang identik dengan anak teknik. Hal mendasar adalah implementasinya gampang banget kan .. semoga bermanfaat

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait