Teknologi

4 Rekomendasi Software Untuk Ngerjain Desain 3D

Apa saja software yang dipakai untuk ngerjain desain 3D?

Krysna Yudha Maulana18 Desember 2021

Desain 3D merupakan aspek penting di era teknologi seperti ini. Pemodelan 3D adalah proses mengembangkan representasi matematis dari setiap permukaan objek tiga dimensi. Produk ini disebut model 3D.

Seseorang yang bekerja dengan model 3D disebut sebagai 3D artist. Dengan desain 3d, kita dapat memvisualisasikan suatu prototipe yang belum ada wujudnya. Memperkirakan jumlah material yang harus dipersiapkan sampai rincian biaya sebelum pengerjaan. Oleh sebab itu kita harus tau apa saja sih software yang bisa digunakan untuk membuat desain 3d

1. Sketchup 

Sketchup merupakan software yang dikembangkan oleh perusahaan yang bernama trimble. Software ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis model dan divisualisasikan 3D Warehouse. Software desain 3D yang satu ini cocok untuk pemula yang ingin belajar.

Tools pada Sketchup mudah untuk digunakan dibandingkan dengan software desain 3d yang lainnya. Biasanya software ini digunakan untuk membuat desain rumah, desain interior bahkan prototipe mesin. Kamu dapat mendownload software ini di kunjungi website.

2. AutoCAD

AutoCAD merupakan software CAD untuk membuat desain dua dimensi maupun desain tiga dimensi. Software ini dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Autodesk. Dapat dikatakan, software ini digunakan oleh hampir seluruh desainer tiga dimensi di dunia.

Software ini sudah tidak asing bagi mahasiswa teknik mesin. Karena membuat desain 3D pemesinan seperti mur ,baut maupun mesin yang sangat rumit. Kamu dapat mendownload software ini di kunjungi website.

3. Inventor 

Inventor merupakan software CAD untuk membuat desain dua dimensi maupun desain tiga dimensi. Software ini dikembangkan oleh perusahaan yang sama dengan perangkat lunak  bernama Autodesk. Software ini juga tidak kalah populer untuk mendesain 3D.

Inventor merupakan produk dari Autodesk, perusahaan software yang juga menghasilkan produk Autocad. Inventor ini hampir sama dengan Autocad. Software ini juga sering digunakan di perusahaan-perusahaan besar. Kamu dapat mendownload software ini di Kunjungi website.

4. Solidworks

Solidworks merupakan software yang digunakan untuk desain 3D, terutama untuk kebutuhan teknik. Software ini berjalan pada microsoft windows. Di sini banyak sekali tools yang digunakan untuk mempermudah kinerja pembuatan modelling 3D. Kamu dapat mendownload software ini di Kunjungi Website.

Nah itu beberapa macam software untuk mendesain 3D modelling. Kamu bisa membuat prototipe mesin, membuat desain rumah eksterior dan interior, dan lain. Sekian untuk artikel kali ini tunggu artikel-artikel selanjutnya yang pastinya lebih seru. 

Share:

0 Komentar