Kreatifitas

5 Jenis-Jenis Tang Yang Perlu Kamu Ketahui

Taukah kamu jenis jenis dari tang yang ada di dunia

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa semua jenis tang memiliki fungsi yang sama, tetapi sebenarnya tidak berlaku. Sangat penting untuk mengetahui berbagai jenis tang menurut jenisnya untuk menyelesaikan pekerjaan teknik. Ada tang untuk melonggarkan, mengencangkan baut, dan memotong elemen logam tertentu.

Definisi Tang

Tang adalah alat penjepit yang digunakan untuk menjepit bagian-bagian sulit yang berwujud. Tang terbuat dari logam yang dicor.

Jenis-jenis tang

1. Tang kombinasi


Tang kombinasi adalah jenis tang yang paling sering ditemukan di perumahan karena multi fungsi. Bentuk tang kombinasi ini pada saat diregangkan sangat mirip dengan karakter x. Ujung bergigi dapat digunakan untuk memotong, mengencangkan dan mengupas kulit kabel.

Chip ini juga bekerja dengan baik dengan ketegangan objek yang tidak aman. Beberapa merek tang kombinasi dapat diakhiri dengan magnet. Serta dapat memakai pliing untuk mengencangkan logam.

2.Tang Cucut

Tang cucut adalah sejenis pench dengan ujung reflektif tajam yang bekerja dengan baik pada kawat, koin dan kawat kohes / potong / tekuk atau pelat lunak lainnya.

Fungsi tang cucut.

Tang ini juga sangat membantu untuk menjangkau ruang sempit lainnya yang tidak bisa digapai tangan dan jari.

3. Tang Potong


Tang potong adalah sejenis tang dengan kepala yang relatif lebih pendek dibandingkan dengan dua jenis tang terakhir. Namun tang ini juga dikenal dengan berbagai nama seperti tang potong samping, tang klem, tang potong diagonal dan lidah kabel.

fungsi tang potong :

Awalnya dirancang oleh ahli listrik untuk memotong kabel, alat kecil ini sangat nyaman sehingga tang ini dapat memotong besi, baja, kawat, dan aluminium seiring waktu. Itu datang untuk digunakan. Kepala tang ini dirancang dengan tajam sehingga pengguna memiliki keterampilan memotong yang baik. Hasil potongan mereka dapat lebih akurat.

4.Tang Kakatua

Fungsi utama tang kakatua adalah untuk menahan, mencabut, dan mencabut paku dan benda lain yang ditambatkan kuat ke pohon dan permukaan lainnya. Ada yang menyebut tang ini pemotong kawat karena mampu memotong kabel dan kabel yang besar.

5. Tang cirklip

Tang circlip biasa disebut tang crimping di Indonesia dan juga dikenal dengan tang snap ring. Fungsi utamanya adalah untuk melepas dan membuka circlip pada piston mobil.

Tergantung pada bentuk tepinya, tang snap ring dapat dibagi lagi menjadi dua jenis: tang snap ring eksternal (out) dan tang snap ring internal (in). Inilah jenis-jenis tang yang perlu Anda ketahui untuk menunjang aktivitas Anda sehari-hari. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait