Teknologi

6 Teknologi Yang Muncul Di Masa Industri 4.0

Dalam perkembangan Industri 4.0 maka munculah beberapa teknologi baru ,Apa sajakah itu ? mari kita simak artikel berikut ini

Krysna Yudha Maulana12 September 2021

Dalam Industri 4.0 muncul berbagai teknologi yang bermanfaat untuk kegiatan manusia dan apa saja teknologi itu. Dan Inilah beberapa teknologi baru yang muncul saat Industri 4.0 atau yang lebih dikenal era digital

1. Internet of Things

Konsep teknologi IoT pada dasarnya adalah menghubungkan perangkat apa pun dengan saklar on dan off ke Internet. Internet of Things (IoT) sebagai keinginan bahwa semua perangkat melakukan komunikasi satu sama lain dalam jaringan, memadukan dunia virtual dengan dunia nyata (Zhou, Liu, On, & 2015, 2015). Selain itu, iOt bisa dibilang merupakan sistem di mana piranti elektronik (RFID, tag, sensor) terhubung dengan Internet (Shrouf,Ordieres,& Miragliotta, 2014).

Perangkat elektronik mencakup segala sesuatu mulai dari ponsel, televisi, lampu, mesin cuci, mesin pembuat kopi, dan perangkat yang dapat dipakai yang ada di sekitar manusia. Hal yang sama juga berlaku pada komponen mesin seperti mesin jet dari pesawat terbang atau alat bor rig minyak. Jika sistem tersebut memiliki saklar on dan off besar kemungkinan dapat jadi bagian dari IoT.

2. Augmented Reality

Augmented reality (AR) merupakan teknologi yang mampu memperluas dunia fisik manusia serta mampu menambah lapisan informasi digital (Van Krevelen & Poelman, 2010). AR tidak menciptakan lingkungan artificial sebagai pengganti realitas nyata dengan virtual, sangat berbeda dengan Virtual Reality

Dalam waktu cepat perusahaan besar menggunakan teknologi AR untuk meningkatkan diri secara ekstensif. Teknologi ini banyak di dalam industri desain dan pemasaran. Pada dasarnya teknologi ini memastikan supaya mampu menghasilkan produk dan gagasan baru yang lebih luas.

3.Additive Manufacturing (3D printing)

Additive Manufacturing atau Manufaktur aditif, juga dikenal sebagai 3D printing (cetakan 3D), adalah pendekatan baru yang bersifat transformatif untuk proses produksi yang memungkinkan terciptanya komponen lebih ringan dan kuat. Proses ini menjadi kemajuan teknologi yang dimungkinkan untuk bergeser menuju teknologi digital.

Dalam beberapa dekade terakhir telekomunikasi, pencitraan, arsitektur dan bidang rekayasa sudah mengalami revolusi digital. Additive Manufacturing (AM) bisa menghasilkan fleksibilitas dan efisiensi digital untuk proses produksi di pabrik.

4. Cloud Computing

Secara fisik jarak penggunaan server bisa berjauhan dari pengguna dengan mekanisme hosting dan tersambung ke Internet untuk menyimpan, mengelola, dan memproses data. 

5. Autonomous Systems

Peranan Robot telah dipakai dalam sistem manufaktur untuk waktu yang lama, dengan revolusi industri 4.0 maka teknologi robot tidak sesederhana sebelumnya. Robot sekarang jauh lebih mandiri, interaktif, fleksibel, dan kooperatif. Autonomous system yang biasanya berwujud robot cerdas.

6. Big Data Analytics

Big Data sudah ada pada ranah data mining sejak orang-orang membuat konten dan mempublikasikannya lewat media sosial. Banyak organisasi penelitian dan perusahaan fokus pada topik penelitian baru ini, dan sebagian besar berfokus pada data mining sosial dan komersial. (Provost & Fawcett, 2013).
 

Sekian untuk artikel tentang teknologi-teknologi baru yang muncul di Industri 4.0 atau masa digitalisasi ini, sampai jumpa di artikel berikutnya, Salam anak teknik.


 

Share:

0 Komentar