Pengetahuan

8 Jenis-Jenis Obeng yang Perlu Kamu Ketahui

Taukahkamu bahwa jenis obeng ada berbagai macam?

Obeng adalah alat umum untuk membuka dan menutup sekrup. Namun, fungsi dan kegunaannya berbeda-beda tergantung dari jenis drivernya. Ada yang bisa digunakan untuk memperbaiki pintu, elektronik, sepeda motor, dll.

Banyak orang biasanya menyediakan beberapa jenis driver di rumah untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu, tidak semua jenis driver memiliki fungsi yang sama.

1. Obeng pipih

obeng pipih

Obeng ini adalah obeng pipih, juga dikenal sebagai obeng pipih. Gunakan obeng untuk memeriksa jenisnya dan kendurkan sekrup bilah datar. 

2. Obeng bunga

Obeng jenis ini berupa tanda plus atau tanda plus. Jenis driver ini juga disebut obeng Philips. Fungsi dari jenis driver ini adalah untuk menambah dan mengendurkan baut yang menggembung.

Baut sup plus tersedia dalam berbagai ukuran. Oleh karena itu, driver yang digunakan harus diatur dengan ukuran baut.

3. Driver ratchet

driver rachet

Obeng ini unik karena pegangannya seperti pistol. Obeng jenis ini dapat digunakan untuk membongkar berbagai jenis mata obeng. Kekurangan obeng ini adalah penyetelannya cepat aus.

4. Obeng fleksibel

Keunikan driver ini adalah seperti pena. Kelebihan dari driver ini adalah dapat membuka dua jenis bangunan, flat dan flower. 

5. Obeng pegangan yang kokoh

Bentuk obeng ini sangat unik karena bentuknya seperti huruf “T”. Setiap ujung pengemudi dilengkapi dengan mata yang berbeda. Dapat digunakan untuk melepas berbagai jenis sekrup tanpa membongkar mata obeng. Kekurangan dari obeng ini adalah gagang plastiknya mudah patah jika terlalu kaku.

6. Obeng magnet

Namanya jelas menunjukkan bahwa driver ini memiliki magnet. Fungsinya adalah ketika baut dilepas maka terpasang pada mata benda agar baut tidak langsung lepas. Magnet pada obeng ini juga menarik sekrup yang jaraknya cukup dekat.

Jika dilihat sepintas, obeng jenis ini mirip dengan obeng pipih karena memiliki lubang lubang negatif. Namun, driver ini memiliki fitur lain seperti menguji aliran arus suatu perangkat elektronik. Obeng tespen juga digunakan untuk mengendorkan sekrup pada komponen peralatan elektronik.

7. Obeng Sok

Obeng jenis ini memiliki mata bulat atau persegi. Obeng rumah tangga biasanya digunakan untuk melepas baut keras pada blok mesin atau kumparan.

8. Obeng Tespen

obeng tepsen

Bentuk obeng ini menyerupai pistol. Fungsinya secara otomatis mengendurkan baut secara otomatis. Baterai driver ini dapat diisi sebelum kadaluarsa. Driver elektrik dapat memudahkan pengguna karena tidak harus mengeluarkan banyak tenaga saat membukanya.

Itulah macam macam obeng yang biasanya digunakan untuk membuka dan melonggarkan baut. Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari persediaan peralatan di rumah.

Share:

0 Komentar