Pengetahuan

Apa Itu Kabel NYY dan Manfaatnya

Apasih kabel NYY itu dan biasanya digunakan untuk apasih?

Krysna Yudha Maulana5 Januari 2022

Rangkaian produk kabel NYY adalah rangkaian kabel yang cukup luas dan serbaguna. Kabel ini yang dapat digunakan dalam berbagai macam aplikasi listrik dan daya. Namun, memilih spesifikasi kabel NYY memerlukan pemahaman arti pada setiap kode spesifikasi.

Memahami perbedaan kabel NYY dengan kabel NYM dapat membantu ahli listrik dan insinyur memilih kabel. Apakah memerlukan kabel NYY tunggal, atau kabel dengan banyak kabel inti akan berfungsi.

1. Apa Itu Kabel NYY?

Kabel NYY  banyak digunakan dalam aplikasi transmisi dan distribusi daya. Setiap huruf dalam "NYY" menunjukkan arti kabel NYY yang sebenarnya, yaitu:

  • N : singkatan dari inti Tembaga
  • Y : menunjukkan isolasi PVC (dalam)
  • Y : mengidentifikasi kabel dengan instalasi PVC luar

Dengan memakai singkatan ini, kabel NYY adalah kabel dengan satu atau lebih inti tembaga berinsulasi PVC. Dengan selubung PVC luar berinsulasi.

Kedua, Y adalah singkatan dari spesifikasi kabel NYY untuk PVC satu untuk selubung inti dalam, dan yang lainnya untuk selubung luar.

Sedangkan "N" menunjuk kabel dengan inti tembaga. Selain itu, saat meninjau lembar spesifikasi kabel NYY, Anda mungkin menemukan kabel dengan label seperti NYY 185. Data numerik ini mengidentifikasi ukuran kabel – 185mm.

Namun, ada kabel lain yang menunjukkan spesifikasi unik. Misalnya, Anda mungkin menemukan kabel NYA. Dalam hal ini, penunjukan dua huruf pertama mengidentifikasi kabel inti tembaga berisolasi PVC. Namun, "A" dari kabel NYA mengidentifikasi bahwa ini adalah kabel memiliki inti tembaga tunggal. Serta memiliki satu lapisan berisolasi PVC.

2. Apa kepanjangan kabel NYY?

Sebelum memutuskan jenis inti tembaga, kabel PVC mana yang akan digunakan, ada baiknya mengetahui berbagai klasifikasi NYY. Dalam sistem huruf kabel listrik, spesifikasi kabel NYY mengacu pada yang berikut:

  • N = Berarti kabel memiliki inti tembaga
  • Y = Berarti kabel memiliki insulasi PVC bagian dalam;
  • Y = Mengacu pada isolasi PVC luar

Kabel NYY, biasanya adalah kabel tanpa lapis baja. Kabel NYY digunakan untuk catu daya di bawah tanah, dalam ruangan, beton, berbasis air, dan aplikasi statis lainnya. Di mana ada risiko minimal kerusakan mekanis pada kabel.

3. Apa kegunaan Kabel NYY-J?

Sebelumnya. kita lihat huruf yang umum pada kabel ini, yaitu “NYY”. Dalam format ini:

  • N = "N" menunjukkan bahwa kabel dibuat dengan inti tembaga
  • Y = "Y" pertama menyoroti jenis insulasi bagian dalam. Dalam hal ini, ini menunjukkan kabel memiliki insulasi PVC bagian dalam; dan
  • Y = "Y" kedua memberi tahu teknisi listrik dan insinyur lebih banyak tentang insulasi luar yang dimiliki kabel NYY ini. Dalam hal ini, ini mengacu pada kabel dengan insulasi PVC luar

Itu meninggalkan dua huruf  "j" dan "o" di kabel NYY J maupun NYY O.

Perbedaan utama adalah kabel NYY J dilengkapi dengan kabel pembumian hijau/kuning. Rekannya, kabel NYY O tidak dilengkapi dengan inti pentanahan.

Mengingat perbedaan itu, aman untuk proyek listrik dan teknik memakai kabel NYY J. 

Termasuk penggunaan bawah tanah, di area terendam, dan konstruksi terbuka. Seperti kabel NYY O, kabel NYY-J juga sering digunakan dalam proyek beton dan batu bata. Namun, kabel ini tidak digunakan dalam aplikasi beton terkompresi, berorientasi getaran. Mudahnya, tidak ada pada beton yang terguncang.    

4. Perbedaan kabel NYY Vs NYM

Baik kabel NYY maupun kabel NYM adalah bagian dari keluarga kabel NYC. Kabel NYM mencakup produk dengan inti tembaga dan kabel tunggal atau lebih dari satu inti yang terlindungi selubung PVC luar. Kabel ini biasanya digunakan untuk aplikasi dalam rentang 0.6kv hingga 1kv.

Kabel NYM, di sisi lain, menunjukkan kabel inti tembaga yang serupa dengan insulasi PVC. Namun, "M" dalam arti kabel NYM menandakan lebih dari satu inti kabel di dalam selubung PVC eksternal.

Jadi, kabel NYM 1.5 mungkin memiliki beberapa kabel NYY ukuran 1,5 yang diselubungi di dalam casing PVC eksternal. Kabel ini biasanya digunakan dalam aplikasi antara 300v versus 500v.

Dalam keluarga kabel NYY dan NYM, ada jenis kabel tambahan, misalnya kabel dengan kelas "j" atau "o". Sebagai contoh, kabel NYY-j dan kabel NYMJ menggunakan kabel ground hijau/kuning. Dibandingkan dengan itu, kabel NYM-o dan NYY-o tidak menggunakan kabel pembumian tambahan itu.

Share:

0 Komentar