Teknologi

Apa itu NFT, dan Kegunaannya Untuk Sehari-hari ?

NFT mungkin tidak asing di media sosial ,namun apakah kamu tau apa itu sebenarnya , Yuk baca artikel berikut ini untuk mengetahuinya

Krysna Yudha Maulana2 Januari 2022

Apa itu NFT?

NFT adalah singkatan dari non-fungible token. Itu mungkin tidak berarti banyak pada tahap ini; kata 'sepadan' bukanlah kata yang umum. Namun, itu pada dasarnya berarti bahwa ada sesuatu yang dapat dipertukarkan. Misalnya, dalam ekonomi, uang adalah aset yang dapat dipertukarkan.

Ini memiliki unit dan dapat dengan mudah dipertukarkan (seperti menukar Rp.20.000 untuk duaRp. 10.000 ) tanpa kehilangan nilai.

Aset yang dapat dipertukarkan juga mencakup hal-hal seperti emas, cryptocurrency, dan saham. Aset non-sepadan, di sisi lain, adalah satu kali; lukisan, rumah, atau kartu perdagangan, misalnya. Walaupun sebuah lukisan dapat disalin atau difoto, yang asli tetaplah asli. Sedangkan replikanya tidak memiliki nilai yang sama.

NFT adalah unit data yang tersimpan di  buku besar digital blockchain. Setiap token yang tidak dapat dipertukarkan bertindak sebagai sertifikat keaslian, menunjukkan keunikan aset digital. NFT tidak akan pernah dapat diubah, disesuaikan, dan dicuri. Itu semua berkat prinsip - prinsip kriptografi yang membuat blockchain menjadi unik.

Aset digital

Sederhananya, aset digital adalah sesuatu dalam format digital. Aset digital memiliki hak penggunaan. Jadi, hal-hal seperti dokumen, konten audio atau visual, gambar, dan data sudah dianggap sebagai aset digital.

Blockchain

Blockchain adalah jenis database kumpulan informasi atau data yang disimpan secara elektronik. Tidak seperti database biasa, blockchain adalah serangkaian 'blok' data yang dihubungkan bersama.

Rantai blok ini menciptakan buku besar digital bersama (pengumpulan data) yang mencatat aktivitas dan informasi dalam rantai tersebut.

Setiap buku besar blockchain disimpan secara global di ribuan server yang berbeda. Ini berarti bahwa siapa pun di jaringan dapat melihat (dan memverifikasi) entri orang lain.

Teknologi buku besar peer-to-peer dan terdistribusi ini, seperti yang diketahui, hampir tidak mungkin untuk memalsukan atau merusak data dalam satu blok.

Menggunakan definisi IBM, blockchain adalah buku besar bersama yang tidak dapat diubah. Selain itu, juga menyediakan fasilitas proses pencatatan transaksi dan pelacakan aset. Ketika bicara tentang NFT, mereka dibuat di blockchain dan tidak akan pernah bisa dibawa ke ekosistem blockchain yang terpisah. Itu akan ada di blockchain itu dan membuktikan keaslian barang yang telah Anda beli.

Apa kegunaan dari NFT?

Tiket

Salah satu kegunaan NFT yang dibahas dalam langkah terbuka i adalah untuk tiket acara. Argumennya adalah jika tiket dibuat menggunakan token yang tidak dapat dipertukarkan. Anda melakukan pertukaran tiket itu, ada catatan pertukaran itu. 

Mode

Beberapa masalah utama dalam industri fashion dapat diatasi melalui penggunaan NFT. Pertama-tama, memiliki catatan keaslian digital membantu mengatasi masalah seperti barang palsu. Barang-barang mewah bisa memiliki NFT terlampir yang akan menunjukkan itu asli.

Demikian pula, token yang tidak dapat dipertukarkan dapat menunjukkan data penting tentang asal-usul suatu barang, seperti bahan yang digunakan, asal barang dan seberapa jauh jarak tempuh barang tersebut. Karena masalah seputar mode dan keberlanjutan menjadi lebih mendesak.

Ini dapat membantu orang membuat keputusan yang lebih etis.

Mengkoleksi barang

Orang-orang selalu senang mengumpulkan memorabilia, pernak-pernik, dan barang-barang serupa lainnya. NFT menyediakan cara untuk memastikan keaslian, semacam tanda tangan digital atau cap persetujuan.

Video game

Industri video game telah menjelajahi nilai pasar yang sangat besar terkait dengan game. NFT memberi gamer cara untuk memiliki item dalam game yang unik. Baik untuk kesenangan sampai sifat kompetitif, token semacam itu dapat memberi daya pada ekosistem dalam game.

Itulah penjelasan tentang apa itu NFT dan juga manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait