Pengetahuan

Apa Itu Protokol HTTP dan Bagaimana Cara Memahaminya?

HTTP adalah protokol jaringan lapisan aplikasi yang dirancang untuk mendukung proses transfer antar komputer

Krysna Yudha Maulana14 Oktober 2022

Memahami HTTP

HTTP adalah protokol jaringan lapisan aplikasi yang dirancang untuk mendukung proses transfer antar komputer. Protokol ini membantu mentransfer informasi seperti dokumen, file, gambar, dan video antar komputer.

Seperti namanya, protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol) menangani hypertext. Oleh karena itu membutuhkan banyak sumber daya dari tautan. Terutmana jenis file yang bertindak sebagai referensi ke file atau direktori lain.

Protokol HTTP menyediakan satu set perintah untuk komunikasi di seluruh jaringan. Komunikasi terjadi antara server web dan komputer klien, maupun sebaliknya. Dalam komunikasi ini, komputer klien mengakses alamat IP atau URL untuk membuat permintaan.

Server web kemudian mengelola permintaan sesuai dengan kode yang dimasukkan. Contoh paling sederhana penggunaan protokol HTTP adalah komunikasi antara komputer klien dan server web.

Fungsi HTTP

Fungsi HTTP adalah mengatur format dan jenis transfer data. HTTP juga berperan dalam mengatur bagaimana web server dan browser memproses perintah yang masuk.
 
Misalnya, ketika Anda mengetik domain (URL) ke browser Anda. URL yang Anda masukkan merupakan perintah ke web server yang menyajikan data halaman website sesuai dengan alamat yang sedang diakses. Hasil dari perintah ini adalah tampilan halaman web yang dilihat melalui web browser.

Fungsi lain dari HTTP adalah melindungi data dari pencurian. Hal ini ditandai kemunculan HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Fungsionalitasnya sama. Dengan kata lain, ini mengatur bagaimana data diproses. Namun, HTTPS adalah versi protokol yang lebih aman dibandingkan dengan HTTP.

Protokol

Browser dan aplikasi web memerlukan protokol untuk berkomunikasi satu sama lain. Apa itu protokol?

Protokol komunikasi adalah media di mana dua bagian dapat dihubungkan. Misalnya, dua orang membutuhkan bahasa sama untuk berkomunikasi

Dalam ilmu komputer, seperangkat aturan yang disebut protokol. Protokol diperlukan untuk dua aplikasi untuk berkomunikasi satu sama lain. Browser sekarang dapat mengenali beberapa protokol standar seperti FTP, WebSockets, dan HTTP.

Dapat disimpulkan HTTP adalah komponen situs web yang mengatur pertukaran data melalui Internet. Protokol ini memungkinkan klien web (browser) dan server web (aplikasi web) untuk terhubung. Protokol HTTP mengatur bagaimana proses transmisi dan format data ditransmisikan.

Inilah sebabnya mengapa protokol HTTP adalah bagian yang sangat penting. Karena pentingnya HTTP, perkembangan selanjutnya ditandai dengan munculnya protokol HTTPS.

HTTPS sebenarnya menggunakan teknologi yang disebut HSTS. HSTS adalah cara situs web untuk memaksa browser menggunakan koneksi HTTPS.

Share:

0 Komentar