Teknologi

Apa Itu Softwarwe ETABS Dalam Pekerjaan Suruktural

Yuk kita belajar lebih dalam apa itu software ETABS !

Krysna Yudha Maulana4 Oktober 2022

Apa Itu ETABS?

Program aplikasi komputer ETABS adalah alat untuk menghitung struktur suatu bangunan. Program ini sangat berguna untuk analisis bangunan. Alat ini mempercepat proses perhitungan dengan akurasi tinggi. ETABS (Extended Three Analysis Building Systems) adalah program untuk analisis dan desain struktur bangunan yang akurat dan cepat. Dengan program ini, ia memiliki antarmuka yang menarik dan alat-alatnya mudah digunakan.

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk meningkatkan akurasi yang dijamin. Penggunaan ETABS dikaitkan dengan desain gedung bertingkat untuk menghitung berat struktur dan beban. Beban seismik diperiksa dengan dua analisis, fungsi beban respon spektral menggunakan fungsi waktu historis. Analisis seismik dan angin dapat dihitung secara otomatis dengan mengubah nilai koefisien dari ACI dan IBC.

Spesialis fungsional pertama dalam program pengembangan CSI

Secara spesifik, ketiga program tersebut memiliki kelebihan. Program SAP digunakan untuk analisis profesional struktur seperti jembatan, bendungan, stadion / arena, struktur industri, dan bangunan industri.

Program ETABS digunakan untuk analisis struktur gedung bertingkat seperti perkantoran, apartemen dan rumah sakit.

Program SAFE digunakan untuk menganalisa struktur lantai beton dan pondasi beton dengan efisiensi yang wajar dan kekuatan yang maksimal.

Sebuah program andal The ETABS

Program ETABS bekerja khusus untuk analisis lima rencana struktur: analisis rangka baja, analisis rangka beton, analisis balok komposit, analisis rangka baja dan analisis dinding seismik. Menganalisis struktur gedung pencakar langit, dengan menggunakan program ini sangat berguna bagi para insinyur struktur karena keakuratan output yang dihasilkan dan waktu untuk menganalisa.

Program ETABS sendiri telah diuji dalam aplikasi nyata. Di Indonesia sendiri, konsultan desain bangunan terkenal menggunakan program ini untuk analisis statis. Banyak bangunan telah dibangun sebagai hasil dari rencana ini.

Bukan Sekedar Alat

Komputer yang berarti kalkulator adalah alat yang pertama kali dikembangkan untuk bidang sains dan teknik. Dikaitkan dengan konstruksi atau rekayasa struktur, komputer adalah sebagai counter sebagai alat pengoprasian.

Berbeda dengan kalkulator sebelumnya, komputer telah mengubah pola pikir para insinyur dalam melakukan analisis struktural. Jika tradisi sebelumnya, seseorang harus memahami metode perhitungan manual, tetapi dengan tersedianya komputer, para insinyur dapat dengan mudah memperoleh hasil yang dinginkan.

Selain itu, berbagai model struktural mudah dibuat, termasuk manipulasi matematika yang diperlukan. Namun, tidak ada jaminan para insinyur memahami perilaku struktur yang sebenarnya karena perli.

  1. memahami asumsi dasar analisis
  2. memahami perilaku struktur yang sebenarnya
  3. dapat memodelkan struktur dan memvalidasi hasilnya.

Komputer untuk teknik adalah alat yang sangat berguna. Bagi pengguna yang kompeten, dapat menghasilkan pemahaman yang lebih dalam tentang masalah teknis.

Prinsip dasar pemodelan struktural

Pemodelan struktural adalah pembuatan data numerik (matematis) yang mewakili struktur nyata sebagai input data. Macleod (1990) menyarankan bahwa model struktur harus sesuai dengan yang diperlukan. Jika dapat membuat model yang sederhana namun representatif, maka secara umum itulah yang berguna.

Dalam pemodelan terkadang diperlukan beberapa tahapan model. Ada yang utuh (model makro) dan ada yang lain di bagian-bagian tertentu tetapi lebih detail (model mikro). Tidak ingin membuat keseluruhan model dengan presisi yang sama untuk setiap detail. Jika modelnya sederhana namun tetap representatif, maka perlu diketahui perilaku struktur yang sebenarnya.

Faktor apa yang primer, atau sekunder, yang dapat diabaikan. Tidak ada jaminan bahwa semakin banyak faktor, semakin baik hasilnya. Jangan langsung percaya pada output komputer kecuali telah diverifikasi dengan cermat dan ketat.

Nah bagaimana teman-tean pembaca apakah kalian sudah mengerti tentang apa itu ETABS?

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait