Industri

Apa yang Terjadi Jika 5G Dan IoT Di Dunia Kesehatan

Ini berisi tentang pandangan jika IoT dan 5G diterapkan di dunia kesehatan

Krysna Yudha Maulana17 Oktober 2022

Menggabungkan perangkat IoT dengan 5G dapat memperluas perawatan kesehatan yang lebih cerdas. 5G juga akan membantu masalah keamanan dan interoperabilitas.

IoT adalah visi arsitektur di mana perangkat menghasilkan data yang terhubung melalui satu jaringan. Ini memungkinkan Anda memantau, mengelola, dan mengontrol proses dan fungsi kesehatan. Paradigma IoT memungkinkan kesadaran situasional, otomatisasi, perampingan, dan penyederhanaan kasus penggunaan.

Industri perawatan kesehatan memiliki peluang dalam merevolusi perawatan pasien. Perangkat menawarkan kemampuan untuk meningkatkan kemampuan diagnostik, opsi perawatan, dan hasil pasien.

Seperti semua peluang sebelumnya sebesar ini, ada banyak tantangan yang harus diatasi.

Pertama, perangkat kesehatan yang dapat dikenakan harus aman. Perangkat ini secara inheren rentan terhadap ancaman seperti perangkat yang terhubung ke internet. Karena etika dan preseden, privasi dan kerahasiaan pasien harus dilindungi. Pelaku jahat tidak boleh mengakses, mengubah, atau merusak data perangkat medis. Sistem harus dapat diandalkan dan dapat dipercaya.

Kedua, pakaian medis harus terjangkau. Jika mahal, akan mahal untuk tumbuh dalam skala besar. Tanpa keterjangkauan, IoT perawatan kesehatan akan gagal.

Ketiga, perangkat perawatan kesehatan harus dapat dioperasikan sampai batas tertentu. Tanpa interoperabilitas, Anda akhirnya terjebak dengan produk vendor berpemilik. Model ini telah terbukti selalu mengarah pada biaya yang lebih tinggi, rendah fungsional, dan mendukung masalah.

Keempat, jaringan yang mendukung perangkat perawatan kesehatan harus dapat diskalakan untuk mendukung infrastruktur dan industri rumah sakit.

5G mengatasi potensi tantangan IoT perawatan kesehatan

Standarisasi adalah kuncinya. Standardisasi secara historis menjadi pendorong nomor satu pengurangan biaya teknologi dan interoperabilitas. Ini mengacu pada bagaimana perangkat berinteraksi dengan dunia luar, bukan perangkat itu sendiri.

Protokol komunikasi dan format data terstandarisasi memungkinkan penawaran independen pabrikan. Memfasilitasi implementasi IoT dalam perawatan kesehatan. Teknologi seluler 5G adalah pendorong utama IoT dan memungkinkan perangkat kesehatan skala besar.

Keuntungan menggunakan 5G di perangkat kesehatan

Skala

5G dirancang untuk menskalakan jaringan dengan kepadatan tinggi yang mendukung sejumlah besar perangkat. Jika ada, teknologi nirkabel saat ini dapat menandingi skalabilitas 5G.

Performa

5G memiliki kapasitas tinggi dan latensi rendah dibandingkan dengan banyak teknologi lainnya. Ini berarti dapat mendukung lebih banyak perangkat dan data dengan kinerja yang lebih baik.

Penetrasi

5G sedang atau akan digunakan hampir di mana-mana. Ini jelas sebuah keuntungan. Ke mana pun orang pergi, perangkat wearable mereka akan terhubung. Banyak teknologi yang terbatas secara geografis membutuhkan kedekatan dengan perangkat dan infrastruktur lain.

Skala ekonomi

5G sedang dikembangkan untuk mendukung puluhan miliar pengguna. Modem 5G murah untuk perangkat portabel menjadi semakin terjangkau.

Standardisasi

5G adalah teknologi berbasis standar yang dikembangkan oleh 3rd Generation Partnership Project (3GPP). Jadi ponsel berfungsi di mana pun Anda menggunakannya. Semua jaringan 5G dirancang dengan standar yang sama sehingga dapat beroperasi dengan jaringan 5G apa pun.

Menatap masa depan dengan 5G dan IoT dalam perawatan kesehatan

5G untuk perangkat yang dapat dikenakan dalam perawatan kesehatan itu mudah. IoT tidak dapat menyelesaikan semua tantangan perawatan kesehatan, tetapi dapat membantu menyelesaikan tantangan besar. Tantangan terbesarnya adalah perangkat saat ini dirancang untuk terhubung ke ponsel melalui Bluetooth.

Pengenalan 5G membutuhkan perubahan paradigma. Namun perubahan tersebut tidak hanya bagi produsen perangkat, tetapi juga bagi penyedia layanan kesehatan dan konsumen. Itu tidak bisa dihindari.

Dalam paradigma saat ini, data kesehatan sering kali teknologi jarak pendek ke aplikasi telepon. Aplikasi di telepon kemudian membagikan data tersebut melalui jaringan seluler. 

Jika perangkat yang dapat dikenakan memiliki 5G, waktu pemrosesan akan berkurang. Perangkat sekarang dapat berkomunikasi langsung dengan penyimpanan data berbasis Internet. Dan aplikasi berbasis ponsel dapat mengaksesnya melalui jaringan seluler. Informasi ini juga tersedia untuk pihak ketiga yang berwenang. Selain itu, data kesehatan hanya dikirim melalui jaringan 5G yang lebih aman.

Dukungan standarisasi teknologi 5G yang kuat  membuka jalan bagi peningkatan fungsionalitas dan kinerja di masa mendatang. 3GPP terus mengembangkan standar nirkabel baru dengan fitur-fitur baru tanpa memerlukan upgrade handset.

Adopsi 5G dalam industri perangkat kesehatan terus mengalami kemajuan. Chipset 5G tertanam semakin murah, sehingga semakin masuk akal secara ekonomis. 5G akan mengatasi sebagian besar tantangan yang dihadapi IoT layanan kesehatan dan perangkat kesehatan skala besar.

5G tidak mungkin sepenuhnya menggantikan teknologi nirkabel arus utama lainnya. Sebaliknya, 5G dapat hidup berdampingan dengan teknologi nirkabel lainnya yang menguntungkan semua orang. Walaupun lambat, tetapi dalam lima tahun akan ada banyak perangkat berkemampuan 5G di pasar.
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait