Pengetahuan

Apasih LED itu? dan Manfaatnya Bagi Kita

Apakah Anda tau apa itu LED?

Definisi LED

LED adalah singkatan dari light emitting diode, yang merupakan satu dari banyak perangkat semikonduktor bercahaya ketika dialiri listrik.

Sejarah LED

Selain penerangan, LED juga termasuk dalam 7 segment saklar digital dan saklar waktu sebagai kendali jarak jauh. Banyak yang tidak menyadari bahwa teknologi pencahayaan inovatif sudah ditemukan lebih dari 50 tahun yang lalu. Pertama kali dikembangkan pada tahun 1962.

Pencahayaan LED komersial telah ada sejak produksinya dimulai pada 1980-an, tetapi hanya tersedia dioda elektroluminesensi inframerah. Warna lain muncul ketika nitrit biru dikembangkan di Jepang pada 1990-an.

Ledakan bola lampu putih yang paling umum dan populer terjadi ketika sendawa biru bergabung dengan kromofor kuning untuk menghasilkan panjang gelombang yang panjang. Hasil dari kombinasi ini adalah cahaya yang dilihat mata manusia sebagai putih.

Fungsi LED

Fungsi LED terutama digunakan untuk penerangan dan tampilan. Ini adalah jargon, tetapi penting untuk dipahami karena hal-hal tertentu memerlukan LED. Jika Anda membeli yang salah, Anda akan sangat kecewa.

Pencahayaan berarti "menerangi sesuatu". Senter atau lampu depan. Misalnya, Anda ingin lampu depan Anda sangat terang. Lampu rem harus cukup terang agar terlihat, tetapi tidak selalu menerangi jalan.

Tampilan berarti "menunjukkan sesuatu". Lampu sein atau lampu rem mobil. LED difus mudah diarahkan, terlihat lembut dan rata, dan dapat dilihat dari sudut mana pun.

Prinsip operasi LED

Sesuai dengan namanya, semikonduktor berada di antara superkonduktor dan isolator listrik (non-konduktor). Bahan-bahan ini adalah konduktor yang buruk, tetapi menggabungkan elektron bebas ekstra (dikenal sebagai doping) menghasilkan produk akhir, yang merupakan konduktor yang lebih baik.

Cara lain untuk membuat konduktor yang lebih baik  adalah membuat lubang kecil di bahan yang kurang konduktif. Hal ini memungkinkan elektron mengalir. Ketika elektron mengisi lubang ini dengan arus atau medan listrik yang diterapkan pada semikonduktor, elektron memancarkan cahaya. Sebuah fenomena yang dikenal sebagai electroluminescence. Ini adalah sumber cahaya LED. Tidak seperti lampu pijar, tidak ada filamen.

Fitur LED dan cara menggunakan di sekitar kita

LED untuk lampu latar TV

Lampu latar TV adalah sumber utama konsumsi daya. Dengan LED, Anda dapat mencapai penghematan daya yang efisien. Di bagian tepi TV, penggunaan LED merupakan opsi penghematan biaya. Gunakan LED tepat di belakang layar untuk meningkatkan kontras. LED telah menggantikan CFL dan LCD dalam hal lampu latar TV.

LED untuk industri otomotif

Penggunaan LED dalam industri otomotif semakin meningkat. Menggunakan LED menghemat energi dan memberi Anda pandangan yang lebih jelas. Sering digunakan pada bagian belakang dan ekor mobil untuk meningkatkan aksesibilitas.

Pencahayaan LED dapat meningkatkan keselamatan pejalan kaki dan pengemudi dengan meningkatkan visibilitas saat dihidupkan, dimatikan, dan diredupkan
LED digunakan untuk peredupan.

Peredupan lampu membantu mengurangi konsumsi energi.

Fitur peredupan ini juga digunakan pada dua jenis perangkat. Peredupan global di mana semua LED diredupkan secara bersamaan. Peredupan lokal di mana LED diredupkan secara independen dari byjus.com.

Share:

0 Komentar