Opini

Bagiamana Nasib TV di 10 Tahun Mendatang

Apakah TV di 10 tahun mendatang masih diminati ? atau malah lebih populer sebagai media informasi dan hiburan, Yuk baca artikel berikut ini

Krysna Yudha Maulana31 Desember 2021

Industri televisi menalami perubahan eksponensial selama 10 tahun terakhir. Gangguan tersebut kemungkinan akan berlanjut selama dekade berikutnya.

Perusahaan TV kabel mungkin harus memisahkan paket untuk menghadapi layanan streaming. Model periklanan tradisional menjadi kuno ketika perusahaan media beralih ke model berbasis langganan.

Merger Atau Akuisisi

Kemajuan teknologi telah mengubah seluruh industri dalam 10 sampai 15 tahun terakhir. Netflix, Amazon Prime, Hulu, dan layanan streaming digital lainnya merupakan pesaing industri televisi.

Dalam satu dekade lanskap akan terus berkembang. Tentu dengan melihat laju perubahan teknologi. Smart TV dan virtual reality mengubah cara konsumen menikmati konten.

Kebebasan Memilih

Industri TV kabel tradisional menampilkan jajaran saluran populer yang dibeli pelanggan sebagai paket. Bundling saluran memberi konsumen pilihan untuk membeli paket gabungan. Secara teoritis lebih murah daripada membeli setiap saluran secara terpisah.

Namun, TV kabel menghadapi persaingan yang semakin ketat. Layanan streaming juga memproduksi acara premium. Efeknya minat televisi kabel tradisional telah menurun.

Penyedia Streaming

Tren industri hiburan adalah memberikan beragam konten kepada konsumen. Masuknya layanan streaming mengguncang industri hiburan dan kabel. Dengan menghadirkan banyak varian hiburan berdasarkan permintaan, acara TV, film, dan konten asli.

Netflix adalah layanan streaming, yang pertama kali menawarkan paket berlangganan tanpa iklan. Hulu juga menawarkan layanan streaming seperti film sampai siaran olahraga. Pelanggan Hulu dapat menonton acara favorit mereka satu hari setelah program tersebut ditayangkan.

Hulu juga menawarkan add-on, termasuk HBO dan ESPN. Seperti Netflix, Hulu juga memiliki beragam paket mulai dari paket yang lebih murah sampai paket bebas iklan. 

Unbundling yang Hebat

Pemisahan memungkinkan orang mengonsumsi konten hiburan sesuai keinginan. Cukup membayar saluran yang mereka inginkan.

Kebebasan memilih akan menciptakan persaingan pada penyedia TV tradisional. Kemungkinan saluran kabel akan terus memisahkan layanan mereka agar kompetitif.

Namun, masa depan tidak diragukan lagi akan mencakup penggabungan penyedia hiburan. Misalnya, sebagian kepemilikan Hulu oleh Disney. Disney juga memiliki jaringan ABC, ESPN, Pixar, dan Marvel Entertainment. Hasil dari akuisisi, Disney dapat menyediakan beragam hiburan bagi pelanggannya. 

Dengan kata lain, pemisahan dari penyedia kabel menuju layanan streaming terus berlanjut. Ada juga tren bundling ulang melalui merger dan akuisisi. Namun, tren kebebasan memilih kemungkinan akan terus berlanjut. Tentu terlepas dari kepemilikan perusahaan media serta tekanan pada penyedia televisi tradisional. 

Pemotongan Kabel

Pada tahun 2020, industri kabel dan TV berbayar kehilangan enam juta rumah tangga AS. Jumlah total rumah tangga yang berangkat menjadi 31 juta. Perkiraan tren pemotongan kabel akan terus tumbuh, dan mencapai lebih dari 46 juta orang

Lebih dari 77 juta rumah tangga masih memakai TV kabel. Namun, jumlahnya menurun 7% pada tahun 2020 dibandingkan 2019. Perlu dicatat, peningkatan pemotongan kabel pada tahun 2020 disebabkan oleh lockdown akibat coronavirus. Kondisi dimana banyak orang tinggal di rumah untuk menghindari tertular virus.

Meskipun jumlah pelanggan streaming baru  pada tahun 2020 cenderung menurun, jumlah pemotongan kabel kemungkinan naik di masa mendatang.

Iklan Menjadi Kuno

Penyedia layanan streaming membuktikan ada kemungkinan untuk  menumbuhkan perusahaan tanpa masuknya iklan. Tren sekarang berubah berdasarkan pada model langganan, bukan pada pendapatan iklan.

Dalam 10 tahun, penyedia kabel tradisional kemungkinan berubah untuk menyediakan layanan berlangganan. Diantaranya dengan melakukan unbundling dan struktur biaya berjenjang.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait