Pengetahuan

Belajar Hemat Energi dari Series The Silent Sea

Selain nonton aja kita juga dapat mengambil ilmu dari series The Silent Sea yaitu tentang pentingnya untuk hemat energi.

Krysna Yudha Maulana25 Desember 2021

Serial Korea Selatan bertema fiksi The Silent Sea menjadi viral karena bercerita tentang masa depan. The Silent Sea akan menceritakan tahun 2075 saat bumi telah kekurangan energi. Saat itu, manusia berusaha bertahan hidup dengan menemukan tempat lain yang banyak energi.

Tempat yang dimaksud adalah "sea of tranquility" atau laut ketenangan. Kru elit pun dikirim untuk misi khusus ke Balhae Lunar Research Station, atau stasiun Balhae untuk mencari energi di luar bumi

Dari alur cerita The Silent Sea, dapat disimpulkan yaitu haruslah hemat energi agar mencari energi ke  luar angkasa. Maka perlu menyelesaikan masalah kekurangan energi agar tidak habis dibeberapa tahun kedepan. Apasih yang harus dilakukan? nih beberapa solusinya.

Anda hanya perlu sedikit memikirkan bagaimana menggunakannya energi dengan lebih bijak.

Pencahayaan

Ada cara sederhana untuk mengurangi penggunaan energi dalam penerangan tanpa harus meraba-raba dalam gelap. Nyalakan lampu hanya saat Anda membutuhkannya. Gunakan siang hari bila memungkinkan. Saat membeli lampu baru, sebaiknya pertimbangkan memilih lampu hemat energi(misalnya lampu Light Emitting Diode (LED).

Tempatkan pencahayaan Anda dengan tepat di tempat yang Anda butuhkan dengan kecerahan yang sesuai. Pilih skema dekorasi berwarna terang dan reflektifitas tinggi untuk meningkatkan intensitas cahaya ke dalam ruangan.

Gunakan kap lampu yang tidak buram dan berwarna terang. Jaga agar perlengkapan lampu dan lampu tetap bersih untuk memaksimalkan efisiensinya.

AC

Penyejuk udara adalah bentuk konsumsi energi utama lainnya di rumah Anda, tetapi ada beberapa cara agar dapat menggunakan dengan lebih bijak.

Saat membeli AC, periksa Rasio Efisiensi Energinya. Jika angka yang lebih rendah menunjukkan efisiensi yang lebih baik. Hindari memasang AC di tempat yang akan terkena sinar matahari langsung.

Tutup area yang tidak memerlukan AC, dan matikan AC di kamar kosong. Tutup jendela dan pintu saat AC menyala. Tempatkan strip cuaca di pintu dan jendela untuk mencegah kebocoran udara dingin.

Bersihkan atau ganti filter di semua AC di awal musim panas, dan bersihkan setiap dua minggu sekali. Atur suhu ke tingkat hemat energi sehingga Anda akan merasa lebih nyaman. Gunakan kipas angin daripada AC bila memungkinkan.

Memasak

Saat memasak, ada beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda menghemat energi. Pilih kompor atau oven dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda.

Kompor atau oven multi-jet menawarkan Anda lebih banyak fleksibilitas, dan dapat meminimalkan pemborosan. Sesuaikan api agar sesuai dengan bagian bawah panci Anda.

Masak beberapa hidangan dalam satu sesi saat menggunakan oven. Gunakan kompor dengan api kecil daripada oven untuk memanaskan kembali makanan.

Gunakan panggangan Anda dengan kapasitas penuh daripada memasak satu item pada satu waktu. Selalu tutup panci untuk menahan panas. Rebus hanya air sebanyak yang Anda butuhkan.

Mengukus dan menggoreng adalah cara memasak yang hemat energi. Matikan oven sebelum Anda selesai memasak. Biarkan sisa panas menyelesaikan pekerjaan dengan lembut. Periksa segel pintu oven Anda dari kebocoran panas, dan ganti jika perlu.

Pemanas air

Jika Anda mandi daripada mandi, Anda akan menghemat sekitar 50% biaya pemanas ruangan. Kepala pancuran aliran rendah juga menghemat air dan energi pemanas.

Gunakan air panas hanya jika diperlukan. Saat tidak menggunakan pemanas air, matikan lampu pilot. Periksalah pemanas air Anda dari waktu ke waktu untuk memastikan efisiensi dan keamanannya. Penggunaan Air dan Penghematan Energi dapat mengurangi penggunaan energi. 

Itulah beberapa tips untuk menghemat energi dengan cara sederhana. Ternyata film The Silent Sea dapat bermanfaat untuk memotivasi kita untuk hemat energi ya. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait