Opini

Dampak Revolusi Industri 4.0 Apasih ?

Kata Revolusi Industri 4.0 sudah tidak asing lagi di telinga kita banyaknya digitalisasi ,otomasi di berbagai sektor industri, Tentunya ini mempunyai dampak baik positif maupun negatif , Apa saja itu mari kita baca artikel diawah ini.

Krysna Yudha Maulana6 September 2021

Berkembangnya industri Internet pada tahun 1990-an mulai merevolusi perusahaan untuk saling bertukar informasi. Ini juga mengakibatkan perubahan dari perusahaan-perusahaan konvensional beralih ke digital.

Revolusi industri 4.0 pada awalnya diperkenalkan oleh Jerman pada tauhn 2011 di suatu pameran dagang yang bernama Hannover Mense. Sejak saat itulah berdampak pada berbagai sektor mulai dari pendidikan,teknologi dan juga masyarakat.

1.Pendidikan

ranah pendidikan

Revolusi Industri 4.0 ini tentunya sangat berdampak didunia pendidikan karena Revolusi ini menuntut untuk terus memperbaharui perkembangan teknologi setiap saat. Sekolah perlu mengikuti setiap perkembangan ini sehingga dapat menciptakan peluang agar setiap siswa dapat menghadapi tantangan pekerjaan yang ada di masa depan.

Permasalahan yang timbul bukan karena lowongan pekerjaan yang berkurang akan tetapi munculnya pekerjaan-pekerjaan baru yang menuntut para siswa ini agar memiliki kreatifitas yang tinggi. Di masa yang akan datang ,pekerja harus sangat mahir akan teknologi baru yang muncul.

Para pemimpin Industri dimasa depan harus memiliki keterampilan baru untuk dapat beradaptasi,mengelola dan memanfaatkan Industri 4.0. Mereka harus berfikir kritis ,memecahkan masalah ,berinovasi dan memberikan kepemimpinan berbasis nilai. Mereka harus mengetahui teknologinya dan mampu untuk memenuhi dan melaksanakan semua aspek yang ditimbulkan oleh Revolusi Industri ini.

2.Teknologi

Menurut perusahaan Boston Consulting Group terdapat kemajuan teknologi yang mengubah proses produksi suatu industri di dalam laporan berjudul " Industri 4.0 Masa Depan Produktivitas dan Pertumbuhan di Industri Manufactur" mengunakan sebuah studi kasus yang berasal dari Jerman. Kemajuan ini bisa disebut sebagai sembilan pilar utama dalam perkembangan Revolusi Industri 4.0.

3.Masyarakat

Dampak Revolusi Industri 4.0 ini juga dialami para masyarakat karena hadirnya teknologi dapat mengubah gaya hidup juga akan berubah. Masyarakat yang sudah terpengaruh oleh perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan mengalami perubahan berupa perubahan ke arah positif maupun negatif.

Oleh karena kemajuan teknologi membawa sebuah kecepatan, maka komunikasi dan juga transportasi cepat terealisasikan. Sementara disisi lain juga berdampak ke arah negatif seperti malasnya masyarakat karena kecepatan teknologi.

Dimasa ini muncul pekerjaan-pekerjaan baru dan juga diiringi hilangnya pekerjaan-pekerjaan yang sudah tidak relevan. Transformasi ini sebenarnya sudah tercermin di semua bidang masyarakat .Oleh karena itu kita sebagai masyarakat harus lebih bisa beradaptasi akan Revolusi Industri 4.0 sekaligus menghindari dampak buruk yang ditimbulkan dan memaksimalkan dampak positifnya.

 

Share:

0 Komentar