Teknologi

Jenis-jenis pemrograman berdasarkan fungsinya

Apa kamu sudah tau tentang jenis pemrograman berdasakan fungsinya ?

Krysna Yudha Maulana29 Oktober 2021

Beberapa jenis pemrograman ini digolongkan berdasarkan fungsinya. Berikut akan dijelaskan apa saja jenis-jenis pemrograman.

1. Pemrograman web

Fungsi utama dari jenis pemrograman web adalah mengembangkan menumenu pada sebuah website. Hampir semua orang sudah pernah mengakses sebuah website. biasanya kita menilai ada beberapa website yang nampak bagus dan yang terlihat sederhana.

Hal ini tentu akan berpengaruh pada fungsi pemberian informasi pada pengguna. Perbedaan tampilan dan kualitas website biasanya  bergantung dengan jenis bahasa pemrograman yang digunakan.

Sebuah website bisa berjalan dengan interaktif serta dinamis dengan menimplementasikan pemrograman yang sesuai. Pemrograman yang biasa digunakan untuk menyusun website adalah HTML, CSS, PHP, Javascript, dan JSP.

2. Pemrograman aplikasi

Jenis pemrograman ini berfokus pada tujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi untuk melakukan pekerjaan. Pemrograman ini berfokus pada satu tujuan saja. Misalnya aplikasi Notepad dioperasikan sebagai editor teks untuk membuat file teks sederhana.

Dengan kata lain, aplikasi hanya berfokus pada sebuah tujuan tertentu saja. Sudah banyak program yang dikembangkan untuk bisa memenuhi setiap kebutuhan pengguna. Beberapa contoh program yang termasuk program aplikasi adalah:

  • Pengolah Kata, merupakan program aplikasi yang dikembangkan untuk tujuan mengolah kata. Contohnya: Microsoft Word, Open Office Writer, Corel Word Perfect, Lotus Word Pro, dan lainnya.
  • Pengolah Angka, merupakan program yang dikembangkan untuk mengolah data berupa angka. Contohnya: Microsoft Excel, Kspread, StarOffice Calc, dan lainnya
  • Program Presentasi, merupakan program yang dikembangkan khusus untuk menyajikan informasi dengan tampilan slide. Contohnya: Microsoft PowerPoint, Open Office Impress, Macromedia Flash, dan lainnya.
  • Pengolah Basis Data/Database, merupakan program yang dikembangkan untuk memanipulasi data dengan jumlah besar. Contohnya: Microsoft Access, MySQL, Ms SQL Server, Firebird, dan lainnya.
  • Program Grafis, merupakan program yang dikembangkan khusus untuk mengolah gambar. Contohnya: Microsoft Visio, Corel Draw, Adobe Photoshop dan lainnya.
  • Program Multimedia, merupakan program yang dikembangkan untuk menyajikan data bersifat multimedia (image, sounds, animation, video, etc). Contohnya, GOM, Windows Media Player, VLC media player, dan lainnya
  • Pengolah Statistik, merupakan program yang dikembangkan guna menganalisis data stasistik. Contonya seperti SPSS, smartPLS, Minitab, SAS, dan lainnya.

3. Pemrograman sistem operasi

Jenis pemrograman yang satu ini merupakan komponen penting karena berfungsi menjembatani pengguna dengan perangkat. Sistem operasi harus di-install terlebih dahulu pada sebuah perangkat untuk bisa menjalankan fungsinya. Jika sistem operasi tidak ter-install, maka seluruh perangkat tidak bisa menjalankan fungsi apapun. Contoh program untuk jenis sistem operasi adalah:

  • Microsoft Windows, merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft berbasis Graphical User Interface (antar muka bagi pengguna).
  • UNIX, merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Ken Thompson dan rekannya Dennis Ritchie di Bell Labs. Sistem operasi ini lahir pada tahun 1970.
  • Macintosh Operating System, merupakan sistem operasi yang biasa dikenal dengan sebutan Mac OS. Mac OS menggunakan arsitektur UNIX dan antarmuka berbasis GUI (Graphical User Interface). Hal itu dipilih karena memiliki tingkat kestabilan yang tinggi.
  • Linux, merupakan sistem operasi ini yang memiliki sifat open-source. Pengguna dapat bebas memodifikasi dan mendistribusi ulang tanpa perlu lisensi. Pengguna Linux biasanya adalah pengguna yang memiliki literasi teknologi yang baik. Rata-rata pengguna linux dapat konfigurasi mandiri untuk membangun sistem. Inilah yang membuat perkembangan Linux sangat pesat. Di bidang web hosting, Linux biasa digunakan sebagai sistem operasi untuk komputer server.

Selain contoh sistem operasi di atas, saat ini juga telah banyak berkembang sistem operasi versi mobile seperti android dan iOS.

4. Pemrograman game

Jenis pemrograman ini menggabungkan desain visual dan sintaks agar algoritma dapat berjalan. Sebuah game harus memiliki karakter, alur cerita (plot), dan alur bermain (gameplay) yang berisi tantangan yang harus dijalankan oleh pengguna. Komponen-komponen tersebut harus dirancang dengan baik agar game disukai oleh pengguna. Contoh pemrograman untuk mengembangkan game diantaranya, Unity, Kodu, Greenfoot, Alice, dan sebagainya.

Share:

0 Komentar