Teknologi

Manfaat Machine Learning dalam Kehidupan Sehari-hari

Sudahkah kalian tau tentang manfaat machine learning satu ini ? Yuk simak artikel berikut

Krysna Yudha Maulana9 Desember 2021

Teknologi terbaru berkembang secara konsisten dan merevolusi setiap aspek rutinitas kita. Manusia pertama kali mempelajari machine learning ketika personal assistant yang dikendalikan suara (Amazon's Echo dan Alexa) diluncurkan. Perangkat ini merupakan hal baru seiring dengan perkembangan smart home (rumah pintar).

Saat ini mobil tanpa pengemudi bukanlah sesuatu yang jauh dari masa depan. Kendaraan era baru ini bertujuan untuk mengurangi tenaga kerja manusia. Telah diuji di seluruh dunia untuk manfaat utilitasnya.

Awalnya, ide intelligent machines (mesin cerdas) adalah sesuatu hal yang tidak masuk akal. Mesin yang bertindak atas nama manusia bukanlah sebuah norma. Namun, dengan pemberdayaan dan evolusi machine learning, pandangan manusia tentang kehidupan sehari-hari mulai berubah.

Berikut ini beberapa manfaat machine learning di setiap bidang kehidupan. 

1. Kesehatan

Saat ini, machine learning diterapkan untuk diagnosis pasien yang cepat memberikan perawatan kesehatan. Meskipun mesin ini berada di bawah pengawasan, namun akurasi dan ketepatan yang ditawarkan oleh mereka tak tertandingi.

Dari administrasi, pencatatan hingga diagnosis dan perawatan yang matang, machine learning memiliki kemampuan untuk menganalisis krisis yang dihadapi. Serta membandingkannya dengan berbagai skenario lain untuk perawatan dan prosedur yang tepat.

Perbandingan ini menghemat waktu dan membuka jalur strategis untuk pendekatan medis. Selain itu, machine learning dapat memberdayakan robot bedah untuk membantu dokter dalam prosedur medis sambil memastikan invasi minimal dan presisi tinggi.

Pencapaian ini dapat meningkatkan tingkat keberhasilan prosedur pembedahan dan mempercepat waktu penyelesaian dengan keuntungan biaya. Dalam konteks perawatan kesehatan, machine learning dapat menjadi pendorong penting untuk diagnosis, penelitian, dan pengobatan yang efisien.

2. Pendidikan

Pengajar (guru) memang tidak dapat sepenuhnya digantikan oleh bot, tetapi machine learning dapat membantu memberikan keragaman pada metode pengajaran. Kemampuan machine learning dapat digunakan untuk menilai pemahaman akademis peserta didik, menganalisis cara memandang pengetahuan, dan membuat rencana akademis sesuai dengan kebutuhan siswa.

Machine learning menyediakan algoritme untuk menganalisis hasil tes dan membuat sistem penilaian. Selain itu, membantu menyempurnakan modul pendidikan bagi peserta didik.

Machine learning dapat sangat membantu siswa penyandang disabilitas dan kesulitan belajar.

3. Transportasi

Industri transportasi saat ini sangat dipengaruhi oleh machine learning. Teknologi ini berperan penting dalam memberantas ancaman yang ditimbulkan oleh pengemudi sembrono melalui penerapan manajemen sensorik dan otomatisasi.

Teknologi ini telah membuat kendaraan cerdas memahami parameter di sekitarnya dan mengambil tindakan pencegahan setiap kali diperlukan. Tentunya untuk memastikan keselamatan penumpang.

Selain kendaraan, machine learning dapat segera digunakan untuk manajemen lalu lintas dan mencegah kemacetan lalu lintas. China dan Singapura, saat ini memimpin inovasi dan menciptakan algoritme yang dapat membantu pengemudi memilih rute yang bebas dari lalu lintas.

4. Perbankan dan Industri Jasa Keuangan

Beberapa bank dan lembaga keuangan menggunakan algoritme kompleks berbasis machine learning untuk menganalisis dan memprediksi risiko pinjaman dan menilai kualitas aplikasi. Tujuannya agar dapat memperkuat pengambilan keputusan..

Cara ini juga membantu dalam mendeteksi penipuan. Industri tradisional sebaliknya memakai machine learning untuk mengurangi hambatan transformasionalnya dan menciptakan keterlibatan pengguna, khususnya bagi pelanggan. Voice Recognition, Chatbots, dan Predictive Analysis membantu menjembatani kesenjangan antara perusahaan keuangan dan calon pelanggan.

Saat ini, pelanggan dapat menghubungi kapan saja dan mendapat balasan real-time dari Chatbots. Hal ini tentu dapat menghemat waktu serta meningkatkan pengalaman pelanggan.

Share:

0 Komentar