Pengetahuan

Mengenal Jenis-Jenis Panel Kelistrikan

Taukah Anda jenis jenis dari panel

Panel adalah perangkat yang memiliki kemampuan untuk membagi, mendistribusikan energi listrik dari sumber (pusat) kepada konsumen (pengguna). Harga panel kontrol tergantung pada ukuran, bahan, model dan spesifikasi.

Setiap panel memiliki setidaknya 10 komponen:

  1. ACB (Pemutus Sirkuit Udara)
  2. MCCB (Pemutus Sirkuit Kotak Cetakan)
  3. MCB (Pemutus Sirkuit Miniatur)
  4. Relay kelebihan beban termal
  5. Lampu indikator
  6. Amperemeter
  7. CT (transformator arus)
  8. Pengukur voltase
  9. Kontaktor elektromagnetik
  10. Push button

Fungsi utama dari switchboard adalah menyalurkan energi listrik dari pusat ke konsumen. Berikut adalah deskripsi singkat tentang berbagai jenis switchboard dan spesifikasinya.

1. Main Distribution Panel (MDP)

Panel distribusi utama (MDP) adalah switchboard yang dirancang untuk mendistribusikan dan menerima daya dari LVMDP. Kemudian nyalakan switchboard terdekat.

2. Sub Distribution Panel (SDP)

Jenis panel selanjutnya adalah Sub-Distribution Panel (SDP). Panel listrik ini menggunakan moulded case circuit breaker (MCCB) untuk menyalurkan daya dari panel LVMDP.

3. Panel Synchronizing

Biasa disebut panel sinkron atau panel generator sinkron terdiri dari dua atau lebih. Serta dioperasikan secara otomatis atau manual. Sync panel biasanya terdiri dari beberapa generator dengan kapasitas yang berbeda. Ketika generator menerima beban pada saat yang sama dan digunakan sesuai kebutuhan.

4. Panel LVMDP dan LVSDP

LVMDP (Low Voltage Main Distribution Board) memiliki kemampuan memeriksa daya dari trafo dan mendistribusikannya ke panel LVSDP.

Di sisi lain, panel LVSDP (Low Voltage Sub-Distribution Panel) memiliki kemampuan mendistribusikan daya ke berbagai perangkat elektronik.

5. Panel Low Control

Sering disebut sebagai water level control (WLC). Jenis panel kontrol ini bertindak sebagai motor listrik untuk memompa air dengan menggunakan energi listrik.

Panel jenis ini biasa digunakan pada berbagai pompa air industri dan rumah tangga. Fungsi utamanya adalah untuk mengontrol tangki sesuai dengan kapasitas airnya.

WLC juga dilengkapi dengan pelampung yang digunakan untuk menentukan pembatasan air di reservoir.

Jadi Anda tidak perlu khawatir membuang air saat wadah sudah penuh. Hal ini dikarenakan panel saklar yang satu ini akan mati secara otomatis ketika air sudah penuh.

6. Panel KWH

Switchboard KWH cocok sebagai titik pengumpulan untuk beberapa KWH. Fitur lain juga bertindak sebagai pengukur daya pada beban apa pun.

Panel KWH meter biasa digunakan pada aplikasi besar seperti bisnis. Itulah beberapa jenis panel yang digunakan untuk keperluan industri dan rumah tangga. Sekian artikel yang dapat kami bahas, semoga membantu. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait