Pengetahuan

Mengenal Modul Bluetooth (HC-05)

Apakah kamu tahu apa itu modul bluetooth HC-05?

Krysna Yudha Maulana6 Oktober 2022

Modul Bluetooth (HC-05)

Modul Bluetooth adalah perangkat yang digunakan untuk komunikasi nirkabel jarak pendek dengan setiap perangkat yang terhubung. Modul ini menggunakan protokol port serial untuk komunikasi nirkabel dan hadir dalam dua konfigurasi, master dan slave. Dalam mode master, modul dapat mencari perangkat lain untuk disambungkan ke perangkat lain. Namun, dalam mode slave, modul itu sendiri tidak dapat terhubung ke perangkat. Dengan kata lain, master atas perangkat mengontrol perangkat lain dan dalam mode budak dikendalikan oleh perangkat lain.

Perintah AT dapat digunakan dari modul Bluetooth untuk mengubah konfigurasi master/slave. Juga, baud rate harus diatur ke 38400 untuk menggunakan mode AT, dan baud rate 9600 untuk komunikasi serial.

Spesifikasi HC 05

Modul ini dapat menghubungkan perangkat dalam jarak 10 meter melalui Bluetooth. Dapat beroperasi pada pita frekuensi 2.4GHz. Modul Bluetooth beroperasi pada tegangan mulai dari 3,3 volt hingga 5 volt dan memiliki total 6 pin. Deskripsi masing-masing pin pada modul Bluetooth dapat ditemukan pada tabel di bawah ini.

Pin Description
1-(EN) Pin for using the Bluetooth in command mode by setting the baud rate 38400 and giving this pin HIGH state. By default, this pin has a LOW state.
2-(Vcc) Pin for giving supply to the Bluetooth module that is 5 or 3.3 volts
3-(GND) Pin used to ground the Bluetooth module
4-(TXD) Pin used for transferring the data through Serial communication on the serial monitor of Arduino IDE
5-(RXD) Pin used for receiving the data through serial communication
6-(STATE) To check whether the module is connected or not this pin is mainly used

Nah jika kamu bertanya. Bagaimana ya cara menghubungkan modul ini ke arduino? Begini caranya

Menghubungkan modul Bluetooth dan Arduino Uno

Berikut adalah pengkabelan untuk menghubungkan modul Bluetooth ke board Arduino Uno dan skema yang dirancang untuk menghubungkan modul Bluetooth ke Arduino Uno. Saya menggunakan daftar komponen berikut untuk menghubungkan modul Bluetooth ke Arduino Uno..

  • Arduino Uno
  • Kabel Jumper
  • Modul Bluetooth (HC-05)
  • LED
  • resistor 220 ohm

Kesimpulan

Modul Bluetooth adalah perangkat komunikasi nirkabel jarak pendek yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Salah satunya mentransmisikan data dan mengontrol perangkat yang terhubung. Selain itu, dapat dihubungkan ke Arduino Uno dan beberapa proyek yang membutuhkan komunikasi jarak dekat. Pada artikel ini, kami menghubungkan modul Bluetooth ke Arduino Uno dan mengirim data melalui modul Bluetooth untuk mengontrol LED.

Share:

0 Komentar