Teknologi

Mengenal PLC Omron CP1E Beserta Fungsinya

PLC Omron CP1E diklamin biaya rendah serta fungsi analog dan kontrol suhu

Memahami PLC 

Programmable logic controller (PLC) dirancang untuk memulai rangkaian relay sekuensial dalam sistem kontrol. Tidak hanya dapat diprogram, alat ini dapat dikontrol dan dioperasikan tanpa keahlian komputer khusus.

OMRON CP1E NA 20DRA 

PLC OMRON CP1ENA20DRA adalah produk PLC dari OMRON Corporation, produsen terkenal seri SYSMAC CP yang dilengkapi dengan CPU tipe NA. Dengan klaim berbiaya rendah serta fungsi analog dan kontrol suhu yang canggih. 

Fungsi utama OMRON CP1E NA20DRA PLC adalah sebagai berikut. 

  1. Dilengkapi dengan I/O analog, 2 input analog dan 1 output analog
  2. Instalasi Dilengkapi dengan serial option board, ethernet option board dan analog option board
  3. Memudahkan koneksi ke komputer melalui USB
  4. Diskrit / Ekspansi analog tambahan E / A
  5. Dilengkapi dengan fungsi penghitung kecepatan tinggi penuh 

Tampilan status PLC 

PLC OMRON CP1ENA20DRA memiliki beberapa tampilan yang menunjukkan status PLC yang digunakan. Indikasi untuk OMRON CP1E NA20DR A PLC.

Input dan Output

Input dari OMRON CP1ENA20DRA terdiri dari tiga channel yaitu channel 0. Saluran 0 terdiri dari 12 input individu. Saluran 90 dan saluran 91 masing-masing terdiri dari satu input analog dengan resolusi 6000. Input dari PLC ini dapat terus diperluas.

Output OMRON CP1ENA20DRA memiliki dua saluran, saluran 100 termasuk output diskrit dan saluran 190 berisi satu output analog dengan resolusi 2000. Output dapat diperluas untuk mereproduksi output serta input.

Dengan kata lain, komunikasi serial OMRON CP1E PLC saat menggunakan HMI (Human Machine Interface) antara PLC dan PC dilakukan melalui kabel RS232 berupa port DB9. Komunikasi serial Omron CP1E PLC menggunakan metode half-duplex yaitu komunikasi dua arah.

Metode ini dilakukan secara bergantian antara tipe sinkronisasi start-stop, yaitu sinkronisasi yang digunakan untuk transmisi data kecepatan. Sinkronisasi dilakukan dengan mengirimkan pola data antara pemancar dan penerima. Pola data ini disebut karakter sinkronisasi.

Komunikasi Serial PLC OMRON CP1E

Komunikasi serial antara PLC dan PC pada penggunaan HMI (Human Machine Interface) dilakukan menggunakan kabel RS232 berupa port DB 9. 

Komunikasi serial pada PLC OMRON CP1E menggunakan metode half duplex yaitu komunikasi dua arah secara bergantian. Sedangkan sinkronisasinya memakai jenis sinkron start-stop. Ini sinkronisasi untuk transmisi data dengan kecepatan tinggi.

Sinkronisasi adalah proses mengirim pola data tertentu kepada penerima. Pola data ini disebut synchronization character. Penggunaan baud rate pada CP1E terdapat beberapa pilihan diantaranya 1.2, 2.4, 4.8, 9.6, 19.2, 38.4, 57.6, dan 115.2 kbps. Protokol yang didukung adalah Host Link, 1:N NT Link, No-Protocol Mode, Serial PLC Links (master, slave) dan Modbus-RTU Easy Master.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait