Teknologi

Thingspeak.com, Web Server IoT Gratis Buat Kamu Yang Suka Gratisan

Buat kamu yang suka bergelut dalam bidang Internet of Things pastinya suka jika web server yang kamu pakai gratis , yuk simak artikel berikut

Krysna Yudha Maulana9 September 2021

Sebelum membahas Thingspeak.com mari kita mengenal apa itu Internet of Things. Internet of Things merupakan konsep untuk memperluas manfaat penggunan internet. Untuk tahu kelanjutannya kamu baca di Sejarah Dan Dampak Perkembangan IOT

Kemampuan IoT beragam sangat beragam baik pada digital maupun pada benda di dunia nyata. Kamu bisa melihatnya pada penggunaan teknologi pangan, perangkat elektronik dan benda hidup yang tersambung ke jaringan melalui sensor yang tertanam. 

Pengertian Thingspeak.com

Thingspeak.com merupakan platform Internet of Things dibagian cloud dimana kita dapat mengirim atau menerima suatu data dengan protokol komunikasi HTTP dan juga dapat menampilkan nilai data melalui dashboard gratis yang diberikan.

Fungsi Thingspeak.com

Thingspeak.com berfungsi sebagai pengumpul data yang berasal dari perangkat node berupa sensor-sensor yang sudah terhubung ke internet dan juga memungkinkan pengambilan data dari perangkat lunak untuk keperluan visualisasi ,notifikasi, kontrol dan analisis historis data.

Unsur utama dari ThingSpeak adalah saluran, yang berisi bidang data, bidang lokasi, dan bidang status. Setelah membuat saluranThingSpeak, kita bisa menulis data ke saluran proses dan melihat hasil data lewat MATLAB. Dari situ dapat dilihat reaksi terhadap data dengan tweet dan alert lainnya.

Fitur- Fitur Dari Thingspeak.com

  • Open Api
  • Real-time data collection
  • Geolocation data
  • Data prosessing
  • Data Visualizations
  • Device status messages
  • Plugins

Penggunaan Thingspeak.com

Langkah yang pertama

kita harus memiliki akun Thingspeak.com dengan mengisikan User ID, Email dan juga Password. Pastikan email yang digunakan aktif karena digunakan untuk konfirmasi akun dan pemberitahuan lebih lanjut.

Langkah yang kedua

Yaitu membuat Channel baru dengan cara menekan tombol "New Channel" yang nantinya ini digunakan untuk menampilkan data yang dikirim dari perangkat-perangkat sensor yang terhubung ke internet.

Langkah yang ketiga

Langkah ketiga adalah mengisi rincain untuk saluran yang baru kita buat. Nama saluran bebas dalam pelabelannya dan ini sekaligus menjadi nama data tersimpan atau menjadi projek kerja kita . Kita boleh mengkosongkan beberapa field jika memang tidak digunakan dalam penyimpanan datanya.

Langkah keempat

Untuk langkah terakhir kita bisa menggunakan API Key yaitu API Write yang berguna untuk keperluan mengirim data ke thingspeak.com dan juga API Read yang digunakan untuk mengambil data dari thingspeak.com untuk keperluan analisis data maupun kontrol.

Mungkin itu saja artikel yang membahas tentang Thingspeak.com sampai jumpa di artikel yang lain teman anak teknik.

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait