Teknologi

Lupa Tadi Mimpi Apa? Segera Hadir Pemutar Mimpi!!

Apakah kamu ingin mengingat semua mimpimu? Jika lupa, ada teknologi yang bisa membantu mengingat mimpi

Andre Kurniawan31 Mei 2021

Ketika kamu lagi tidur kamu pasti pernah bermimpi, baik itu mimpi yang membahagiakan maupun mimpi yang menakutkan. Seperti mimpi tersesat di tengah hutan, mimpi membeli barang yang kamu inginkan, bahkan mimpi balikan sama mantan. Dan saat kamu terbangun dari tidur lelapmu, seketika apa yang kamu mimpikan ketika tidur hilang sedikit demi-sedikit, hingga kamu melupakan keseluruhan alur mimpimu.

Tapi tenang Sob, Ilmuwan Jepang telah mempelajari bagaimana menafsirkan apa yang kita mimpikan dengan mengukur aktivitas otak saat kita tidur. Data ini kemudian dimasukkan ke dalam algoritma yang akan membangun kembali mimpi kita sehingga dapat diputar ulang saat kita bangun, menurut Jurnal Science.

teknologi pengingat mimpi
Aktivitas otak dikorelasikan dengan gambar yang dilihat saat orang bermimpi,
https://www.bbc.com

Dengan kata lain, para ilmuwan telah menemukan teklonogi untuk membaca mimpi. Dan tak lama lagi, kamu mungkin tidak perlu khawatir lagi melupakan apa yang kamu mimpikan, bahkan apa yang kamu mimpikan tidak hanya menjadi konsumsi pribadi kamu, melainkan orang lain dapat melihat apa yang kamu mimpikan. Kamu akan dapat dengan mudah memutar mimpimu kembali setelah kamu bagun di pagi hari.

Bagaimana Cara Kerja Pengingat Mimpi?

Terobosan yang luar biasa ini memanfaatkan ide yang cukup jelas yaitu, ketika kita memvisualisasikan jenis objek tertentu dalam pikiran kita, otak kita akan menghasilkan pola saraf yang konsisten yang kemudian dapat dikorelasikan dengan apa yang sedang divisualisaikan.

Misalnya, ketika kamu membayangkan sebuah meja, otak kamu akan bekerja dalam pola yang muncul setiap kali meja divisualisasikan. Algoritma kemudian dapat digunakan untuk mengikat data dari pemindaian otak ke gambar yang sesuai, dan voila! Mimpi kamu dibangun kembali.

Sejauh ini penelitiannya masih belum sempurna, para ilmuwan hanya mengklaim bahwa mereka  dapat ‘menangkap’ mimpi dengan baik sekitar 60%. Walaupun demikian, hal ini merupakan perubahan yang luar biasa dalam dunia sains.

Penelitian ini pada akhirnya dapat merevolusi bagaimana mimpi diinterpretasikan dan dipahami. Hal ini membantu para ilmuwan mendapatkan petunjuk berharga tentang fungsi misterius dari bermimpi.

Walau begitu, penelitian ini masih belum sempurna. Sejauh ini ilmuwan menyatakan bahwa prediksi mesinnya masih perlu direncanakan. Seiring berjalan waktu, teknologi akan semakin berkembang sehingga mendukung terciptanya mesin ini.

Jadi bagaimana menurutmu, Anak Teknik? Apakah mesin pembaca mimpi ini akan berdampak positif atau negatif? Tulis komentarmu dibawah!

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait