Kreatifitas

Terinspirasi dari Permainan Wahana, Bagaimana Cara Membangun Gravitasi Buatan di Luar Angkasa?

Pengen Tau Gimana Gravitasi Dibuat di Luar Angkasa? Berikut penjelasannya

Andre Kurniawan1 Juli 2021

 

gravitasi buatan di luar angkasa
https://www.universetoday.com

Gravitasi merupakan kekuatan fundamental yang menarik benda bermassa ke arah yang sama satu dengan yang lain. Objek dengan banyak massa seperti bumi menarik benda lain ke pusatnya. Inilah sebabnya kita berdiri kokoh di permukaan tanah dimanapun kita berada di bumi.

Hidup tanpa gravitasi dalam jangka waktu yang panjang akan membuat tulang dan otot kita tidak bekerja sekeras di lingkungan yang memiliki gravitasi. Ini akan membuat kita melemah. Tanpa gravitasi darah dan cairan tubuh lainnya tidak mengalir secara normal dan dapat terkumpul di tubuh bagian atas. Dan hal ini dapat merusak pendengaran kita.

Lalu bagaimana agar para astronot dapat hidup lebih lama di luar angkasa tanpa terjadi masalah kesehatan tersebut? Tentunya dengan membuat keadaan mirip seperti di bumi, yaitu membuat gravitasi.

Oleh karena itu, para peneliti mencari berbagai cara agar gravitasi dapat dibuat dengan menggunakan ilmu yang telah dipelajari selama ini.

 

Spaceship Ring

https://www.jason-rides.com

Jika kamu pernah naik wahana karnaval seperti cangkir teh yang berputar, kamu akan merasakan gravitasi buatan. Saat kamu berada di dalam benda besar berputar, kamu akan merasakan tarikan ke arah dinding luar. Ini disebabkan oleh gaya sentrifugal. Tubuh kamu akan menolak perubahan dari gerakan benda yang berputar di sekitar kamu.

Gaya sentrifugal sebenarnya merupakan inersia, dan gaya inilah yang dapat digunakan untuk membuat gravitasi buatan. Yang hanya kita butuhkan hanya pesawat ruang angkasa kecil yang berputar sangat cepat, atau kapal ruang angkasa sangat besar yang berputar lambat. Dapat dikatakan hal ini merupakan peningkatan dari megnet, karena seluruh tubuh merasakan efeknya. Darah dan cairan yang mengalir didalam tubuh kita bergerak seperti halnya ketika kita berada di bumi.

bukunya “The High Frontier: Human Colonies in Space
https://www.geekwire.com

Versi besar dari system semacam itu disebut Silinder O’Neill. Silinder O’Neill adalah permukiman ruang konsep yang diajukan oleh fisikawan asal Amerika Gerard K. O’Neill pada tahun 1976 dalam bukunya “The High Frontier: Human Colonies in Space. Sistem ini dirancang untuk pesawat ruang angkasa raksasa yang memungkinkan manusia untuk bisa melakukan perjalanan antar planet (seperti perjalanan dari bumi ke Mars), dimana gravitasi sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan para awak selama dalam perjalanan.

 

Share:

0 Komentar