Pengetahuan

4 Kompetensi Dasar Untuk Menjadi Seorang Operator Boiler

Operator Boiler, 4 Kompetensi Wajib

Pembangkit listrik Tenaga Uap (PLTU) adalah suatu siklus dimana air di supply oleh pompa ke dalam boiler (Ketel Uap). Kemudian dipanaskan untuk merubah fase air menjadi uap kering (superheater). Uap tersebut dialirkan melalui pipa untuk memutar turbin.

Turbin di couple dengan Generator sehingga membuat Generator berputar dan menghasilkan Arus Listrik. Uap yang masuk ke dalam turbin tersebut masuk kedalam Condensor untuk merubah fase uap menjadi air untuk di supply lagi kedalam Boiler. Siklus ini dinamakan dengan siklus Rankine (tertutup).

Untuk mempelajari tentang siklus tankine kita bisa mempelajari di buku Termodinamika dan sejenisnya. Nah! Tulisan ini  berfocus untuk seseorang yang ingin bekerja di Pembangkit Listrik sebagai Operator Boiler.

Operator Boiler adalah seseorang yang mengoperasikan Boiler serta menangani segala macam jenis trobule yang terjadi selama pengoperasian. Berikut 4 hal yang wajib dikuasai oleh seorang Operator Boiler:

1. Konversi Satuan

Untuk mengoperasikan mesin boiler tentunya kita harus menguasai konversi satuan. Hal ini di karenakan sistem kerja Boiler yang sangat kompleks dan mempunyai standar dalam menunjukan Parameter Tekanan, Temperatur, Steam Flow, Water Flow, Frekuensi, Debit Air, dan lain sebagainya. Untuk itu kita harus mengusai satuan - satuan untuk perbandingan suatu besaran tersebut.

2. Siklus Termodinamika

Berdasarkan teori ilmu Termodinamika ada beberapa siklus yang harus kita kuasai yaitu: Siklus Rankine untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Selanjutnya adalah Siklus Brayton untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU). Siklus Carnot untuk kerja air condisioner (AC) dan kulkas.

3. Critical Thinking

Seorang Operator Boiler harus mempunyai analisis yang kuat, guna untuk menangani jika terjadi gangguan pada pengoperasian mesin boiler. Sebagai contoh jika terjadi trip pada mesin boiler alarm akan berbunyi, dan feed pump otomatis mati (Shut Down), dan temperatur ruang bakar masih sangat tinggi. Jika dibiarkan water tube pada boiler akan rusak. Maka untuk itu kita dituntut harus mempunyai daya analisis yang kuat.

4. Cekatan 

Terakhir adalah harus cekatan. Jika terjadi gangguan pada mesin Boiler semua orang yang terlibat langsung mengambil tindakan untuk mencegah kerusakan yang parah.

Jadi kesimpulannya menurut saya untuk menjadi Seorang operator boiler. Selain kita harus menguasai teori - teori dalam bidang ilmu kita harus mempunyai mental dan daya Analisis yang kuat. Karena jika salah mengambil tindakan akan mengakibatkan hal yang sangat fatal.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait