Pengetahuan

5 Rumus Dasar Yang Wajib Diketahui Anak Teknik Untuk Menjadi Seorang Engineer

5 Rumus Wajib untuk Engineer

Didalam profesi sebagai seorang engineer kita tidak luput  dengan alat - alat beroperasi pada sebuah pabrik, gedung- gedung bertingkat maupun industri. Sebagai contoh: mesin genset, lift, eskalator, pompa, dan lain sebagainya. Nah untuk itu kita sebagai mahasiswa ataupun lulusan baru yang akan mencari kerja sebagai engineer, berikut 5 rumus yang wajib kamu ketahui dan hapal sampai seumur hidup.

Rumus daya Listrik

Energi listrik adalah sesuatu proses induksi elektromagnetik yang berlangsung pada kumparan medan magnet. Untuk lebih jelasnya saya rekomendasikan untuk membaca di jurnal-jurnal terkait atau buku-buku yang memuat tentang energy listrik. Berikut beberapa rumus atau teori dalam energy listrik :

 

I = V/R

I = Kuat Arus (A)

V = Tegangan (Volt)

R = Hambatan (Ohm)

 

P = V x I cos Ө (watt)

P = V x I (VA)

P = daya Listrik (Watt/Va)

V = Tegangan (Volt)

Ө = Cos Phi (0.80)

Contoh Soal :

Didalam sebuah rumah dengan  desain satu ruang tamu  memiliki dua titik lampu  masing-masing sebesar 15 VA, dua kamar tidur masing-masing 10 VA, satu dapur 10 VA dan terakhir kamar mandi 10 VA. Hitung lah kuat Arus (A) yang diperlukan rumah tersebut.

 

Dik:       Ruang Tamu 15 x 2 = 30 VA

              Kamar Tidur 10 x 2 = 20 VA

              Dapur = 10 VA

              K. mandi = 10 VA

Dit :       Kuat Arus (I)

Jawaban:

P = V x I

70 = 220 x I

I = V/R

I = 220/70

I = 3.1 A

Persamaan Hukum Kirchoff

Hukum kirchoff ditemukan seorang ilmuan yang bernama Gustav Robert Kirchoff yang membahas tentang rangkaian listrik tertutup. Persamaan atau rumus ini sangat penting untuk membuat settingan pada relay-relay proteksi pada jaringan listrik PLN. Dalam ilmu proteksi biasanya menggunakan proteksi elemen Line Current Diferential (LCD), jadi jika kita ingin bekerja sebagai Engineer Proteksi wajib hafal dan mengerti tentang rumus dan teori hukum khirchoff.

Contoh Soal :

Tentukan Persamaan Tegangan hukum Kirchoff dari rangkaian gambar diatas!

Jawaban : 20V-4V-6V-6V-4V = 0

(Arus yang masuk sama dengan arus yang keluar)

Rumus Pulley Motor/Transmisi

Rumus yang satu ini adalah rumus yang paling banyak kita temui pada mesin Mobil, Motor, Genset, Compressor, dll. Transmisi adalah suatu proses untuk memindahkan putaran dan daya serta untuk mengontrol putaran pada suatu mesin dengan memakai Pully, Gear Box, dan rantai untuk tujuan tertentu.

Contoh Soal :

Tentukan nilai n2 pada gambar dibawah berikut:

Dik :      n1= 1000 rpm

              n2…?

              d1= 50

              d2= 25

Dit :       n2?

Jawab : n1/n2=d2/d1

              = 1000/n=25/50

= 2000 rpm

Torsi/Daya Penggerak

Pernahkah diantara kita menggunakan kunci Inggris untuk memutar atau membuka suatu baut? Kalau pernah proses mekanik yang terjadi adalah yang disebut dengan gayaTorsi (Torque). Torsi adalah suatu gaya yang membuat benda untuk berputar atau berotasi.

Contoh Soal : Tentukan Nilai Torsi pada gambar dibawah ini:

Dik :      r= 200mm

              F= 15N

Ө= 46 º

              Dit : T

              Jawab : T= F x sinӨ

                             15 x sin46

                             15 x 0.90

                             = 13.5Nm

Tekanan Fluida

Pernahkah anda menuangkan air dari suatu tempat ketempat lainnya? Atau prinsip kerja dari pada rem cakram sepeda motor? Proses ini dapat kita pelajari pada mata mekanika fluida. Mekanika Fluida ada suatu ilmu yang mempelajari sifat-sifat zat cair, gas, padat dalam keadaan tertentu. Untuk lebih detailnya anda bisa memperdalam tentang ilmu ini dengan literasi buku ,jurnal, dll.

Contoh Soal : Bella mengisi air kedalam sebuah bak dengan kapasitas 20 Liter dari sebuah kran air, luas penampang air (d2)= 2 cm², Kecepatan aliran 10m/s. Tentukan :

Debit Air

Dik :             d2= 2cm² = 2 x 10-4

              S= 10m/s

              Q= d2 x S

              Q= 2 x 10-4 x 10

Q= 2 x 10-3

Waktu yang di perlukan sampai air penuh

Dik :      d2= 2cm² 2 x 10-4

S= 10m/s

V= 20 Liter  = 2 x 10-3

Q= 2 x 10-3

S=V/Q

S= 2 x 10-3 x 2 x 10-3

S= 10 Sekon

Nah Sobat Teknik itulah 5 rumus dasar yang wajib kamu ketahui jika memang kamu berkeinginan bekerja sebagai Engineer Gedung, Engineer Proteksi, Engineer Piping dll.

Terima Kasih

  1.  

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait