Teknologi

Apa Itu Inframerah : Definisi, Jenis, Karakteristik, Keuntungan

Apa itu Inframerah ? Apakah berbahaya bagi kita? Apa gunanya untuk kita?

maulanakrysna29 April 2022

Sebelum munculnya paket record switch yang mencakup Shareit, Xender, Fast File Transfer, dan lain-lain, transfer data dilakukan menggunakan inframerah.

Arah lebih lanjut untuk menggunakan Bluetooth. Lalu, tahukah Anda apa itu inframerah? Bagaimana lukisan sebagai pengirim dokumen pada perangkat? Simak ulasan mengenai pengertian, jenis, dan kegunaan infra merah berikut ini.

Definisi inframerah 

Inframerah adalah elektromagnetik ringan yang memiliki panjang gelombang antara 700nm dan 1nm. Gelombang ini tidak terlihat oleh mata. Radiasi dari sinar infra merah dapat dilihat di dalam spektrum elektromagnetik dengan menggunakan spektroskop ringan.

Panjang gelombang yang terlihat berada di atas gelombang cahaya ungu. Walau tidak terlihat tetapi radiasi panas yang dihasilkan masih dapat dideteksi.

Karakteristik inframerah

  • Pasokan dapat diterima dari radiasi panas
  • Memiliki panjang gelombang yang berbanding terbalik dengan suhu
  • Ketika suhu naik, panjang gelombang inframerah akan lebih rendah dan sebaliknya
  • Berpotensi terganggu dengan bantuan penggunaan sinar matahari
  • Cahaya tidak selalu terjebak dengan bantuan menggunakan mata manusia
  • Tidak dapat menembus gadget yang tidak jelas

Jenis inframerah berdasarkan jarak

1. Inframerah Jarak Jauh

Inframerah ini punya panjang gelombang 10 m sampai seratus m. Cenderung agak jauh. Contohnya terdapat di beberapa perangkat klinis yang mencakup gelang kebugaran.

2. Inframerah Jangka Menengah

Inframerah ini memiliki panjang gelombang 1,5 m sampai sepuluh m. Tidak terlalu dekat atau agak jauh. Sebuah instance terletak di dalam sensor alarm.

3. Inframerah Dekat

Inframerah dekat memiliki panjang gelombang 0,77 m sampai 1,5 m saja. Misalnya, ada peralatan yang mencakup Nightscoop.

Aplikasi Inframerah pada Gadget

Gadget sensor infra merah dapat bergabung dan digunakan sebagai media pertukaran verbal.

1. Sebagai pemancar dan penerima data

Sebagai media pertukaran verbal, inframerah dapat memancarkan sinyal sekitar 10 meter tanpa penghalang. Infared disebut perangkat wi-fi (alat pertukaran verbal wi-fi) agar dapat bergabung ke antar mesin, misalnya saat memindahkan catatan. Dengan mekanisme jenis, inframerah ini dapat terlihat jelas pada laptop dan telepon seluler yang memiliki inframerah.

Jadi, saat Anda ingin mengirim dokumen ke telepon seluler, segmen inframerah harus menghadap inframerah di laptop. Selama proses pengalihan dokumen, tidak boleh ada gadget lain di dalamnya. Di ponsel dan laptop inframerah, Infrared Data Association (IrDA) sedang berjalan, yang bertujuan untuk meningkatkan alat komunikasi verbal melalui inframerah.

2. IR PF

Kamera digital dan kemampuan video berkembang karena iR PF clear. Era inI telah menerapkan pada kamera telepon seluler hingga kamera virtual dan video handycam

Kelebihan dan kekurangan inframerah

1. Tidak ada batas waktu

Transfer data atau file dapat dilakukan kapan saja. Sebab, inframerah tidak memerlukan sinyal untuk beroperasi.

2. Mudah digunakan

Mengirim file jadi mudah untuk semua orang. Salah satu alat yang sederhana dan mudah digunakan.

3. Gratis

Tidak memadai untuk mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lain secara gratis

4. Tidak praktis

Saat mengirim file melalui inframerah, port inframerah pada perangkat harus saling berhadapan. Seringkali mengalami kesulitan pengiriman data. 

5. Cenderung berbahaya

Inframerah sangat berbahaya bagi penglihatan Anda. Jangan sampai sinar infra merah mengenai mata karena menimbulkan penyakit berbahaya.

6. Relatif Lambat

Dibandingkan dengan media transfer seperti bluetooth, kecepatan pengiriman data infra merah relatif lambat. Apalagi jika dibandingkan dengan aplikasi transfer data yang saat ini sedang marak seperti Share It. Infra merah kalah dalam kecepatan dan jumlah data yang bisa ditransfer.

Sekarang Anda tahu apa itu inframerah, bukan? Inframerah pada dasarnya memiliki fungsi dalam berbagai bidang.

Namun jika dilihat dari keunggulan smartphone, infra merah dapat digantikan oleh berbagai aplikasi transfer data yang lebih cepat dan lebih banya. Oleh karena itu, tidak masalah jika smartphone Anda tidak ada infra merah. 

Share:

0 Komentar