Pengetahuan

Macam-Macam Mata Bor dan Fungsinya

Taukah kamu jika dalam menggunakan Bor kita harus menyesuaikan mata bornya?

maulanakrysna14 Maret 2022

Bor adalah alat untuk mengebor lubang kayu, plastik, dinding, besi, logam dan kaca. Ada berbagai jenis dan ukuran lubang yang dapat dibuat dengan bor listrik. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan bor yang tidak hanya bagus, tetapi juga cepat dan mudah mengebor apapun. 

Definisi bor

definisi bor

Bor adalah salah satu alat tukang kayu yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1861 oleh Stephen A. Morse dari Bridgewater, Massachusetts.

Bor ini memiliki empat bagian penting: spiral, sudut titik, sudut tepi dan panjang fungsional. Dalam kehidupan sehari-hari, alat ini sangat berguna untuk berbagai kebutuhan, terutama dalam dunia konstruksi.

Fungsi mata bor

Fungsi mata bor pada umumnya adalah untuk memudahkan dan membantu operasi pemboran pada area dan material. Agar bentuk lubang yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Itu lapangan dapat berupa bahan bangunan keras seperti dinding bata, kayu, besi, kuningan, baja dan bahan lainnya.

Jenis-jenis mata bor

jenis-jenis mata bor

1.Twist Drill Bits

Twist Vist / Jobber / Twist Drill Bit adalah mata bor yang paling banyak digunakan. Jenis mata bor ini memotong segala sesuatu mulai dari kayu dan plastik hingga baja dan beton. Bor jenis ini umumnya terbuat dari baja karena paling sering digunakan untuk memotong logam.

Mata bor ini tidak hanya bor termurah untuk tukang kayu, tetapi juga menawarkan rentang ukuran terluas. Bor ini dirancang untuk memotong logam, tetapi bekerja cukup baik pada kayu.

2. Mata gergaji lubang

Gergaji lubang biasanya digunakan untuk logam dengan diameter yang cukup besar.

3. Batu bata bit

 

Mata bor batu adalah mata bor yang digunakan untuk mengebor  dinding, beton dan bata. Bor ini terbuat dari bahan dengan sifat sangat keras. Sebab, sisipan bor ini tidak hanya berputar, tetapi juga dapat memukul. Ukuran bor ini biasanya 4-15 mm. 

4. Superbit

Mata bor ini dikenal sebagai mata bor kayu karena biasa digunakan untuk mengebor lubang pada kayu. Di ujung bor ini ada bor runcing dengan pisau pemotong di sekelilingnya. Fungsi dari ujung runcing bor ini adalah untuk menjaga agar bor tetap lurus untuk membuat lubang yang akurat. Ukuran bor ini adalah 6 hingga 15 mm.

5. Bit Countersunk

Bor jenis ini biasa digunakan untuk mengebor lubang pada kayu untuk kepala ulir. Pengeboran ini menghasilkan ukuran yang seragam pada permukaannya.

Bor ini memiliki ujung miring 90 derajat yang membantu mengebor lubang 45 derajat di permukaan kayu.

6. Forster Bit

Forster Bit adalah bor yang nyaman untuk mengebor lubang engsel di ember. Jenis bor ini lebih baik digunakan dengan bor duduk untuk kestabilan.

Ketika memakai bor tangan, stabilitas posisi bor dan kualitas bentuk lubang memburuk.

7. Chisel Bit

Mata pahat adalah mata bor yang digunakan untuk membuat lubang berbentuk kotak pada permukaan kayu. Jenis ini biasa digunakan pada kutu gauji.

8. Bit pahat

Sedikit mortar Mortiser adalah salah satu mata bor yang digunakan untuk mengebor lubang geser pada kayu. Biasanya digunakan pada mesin mortariser.

9. Bit router

Bor jenis ini digunakan untuk membentuk profil kayu / bahan lunak lainnya. Bor ini digunakan pada router atau mesin pemangkas.

10. Bor kaca

Bor jenis ini berbentuk tombak yang biasa digunakan untuk mengebor kaca. Bor ini sering disebut bor tombak karena bentuknya mirip dengan tombak.

11 Inti bor

Mata bor jenis ini digunakan untuk mengebor lubang pada beton, granit, dinding, marmer, dan jenis batuan lainnya dengan diameter berbeda-beda..

12. Mata gergaji lubang

Bor jenis ini disebut juga gergaji lubang karena bentuk bornya menyerupai gergaji. Bor ini serbaguna untuk mengebor logam, besi dan kayu dengan diameter 2560 mm. Serta dapat diatur sesuai kebutuhan.

Bor ini dapat digunakan untuk meletakkan sumur sebuah bangunan atau fondasi sebuah sumur. Jenis ini termasuk drag bit, roller cone, dan diamond bit. 
 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait