Pengetahuan

Memahami Apa Itu Mesin CNC : Jenis, Komponen, dan Kegunaan di Industri

Sudahkah Anda mengenal apa itu mesin CNC ?

maulanakrysna12 Maret 2022

Perkembangan dunia terjadi di segala bidang. Sebagai contoh, kami berulang kali memperhatikan bahwa bidang ilmu pengetahuan telah berkembang selama beberapa dekade terakhir.

Namun, salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat saat ini adalah manufaktur.

Indonesia sendiri merupakan negara ASEAN dengan industri manufaktur yang berkembang pesat. Menurut Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Indonesia merupakan pusat manufaktur terbesar di ASEAN dan berkontribusi 20,27% terhadap perekonomian nasional.

Tentu saja, penggunaan alat merupakan bagian penting dari pengembangan cabang ini. Dengan alat yang dapat memenuhi kebutuhan Anda menghasilkan lebih cepat. Itu akan sangat bermanfaat. Salah satu alat paling terkenal di lantai produksi kami adalah CNC.

Jadi apa itu CNC

Mesin CNC (Computer Numerical Control) digunakan di industri manufaktur untuk memproduksi komponen dengan cepat. Sesuai namanya, semua pekerjaan CNC menggunakan sistem komputer  untuk menghasilkan produk dengan akurasi.

isalnya, pembuatan suku cadang seperti mur, baut, sekrup, ada pengukuran yang dipatenkan yang digunakan sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan mesin CNC, komputer mengontrol mesin untuk memotong atau mengebor berbagai bahan.

Hasil yang diperoleh sesuai dengan ukuran akurasi. Menggunakan CNC tentu lebih menguntungkan daripada bekerja secara manual.

Mesin CNC digunakan dalam industri

Bagaimana Mesin CNC bekerja? Di atas mesin CNC adalah komputer untuk memproses gambar dan desain yang Anda buat. Gambar kemudian diubah menjadi program khusus dan dapat dibaca oleh mesin CNC.

Mesin kemudian secara otomatis memproses produk jadi yang dibutuhkan. Salah satu keunggulan dari mesin ini adalah setiap program disimpan dalam memori komputer.

Programmer yang bertanggung jawab hanya menulis kode dan mengedit program sesuai kebutuhan. Program-program ini dapat digunakan di bagian yang berbeda dan tidak perlu diulang.

Mesin CNC bertindak seperti robot. Ini cukup untuk program yang kita masukkan. Mesin kemudian akan dapat menangani pekerjaan itu sendiri.

Dua jenis mesin CNC

Secara umum ada dua jenis mesin CNC: mesin penggilingan CNC dan mesin bubut CNC.

1. Mesin penggilingan CNC

Mesin CNC adalah proses pemotongan dan pengeboran bahan (seperti kayu dan logam). Mesin frais ini, baik secara manual maupun CNC, menggunakan alat berbentuk silinder yang berputar yang disebut pemotong frais.

Perbedaan utama antara mesin penggilingan dan pelubang kertas lainnya adalah dapat memotong pada sudut dan bergerak di sumbu yang berbeda. Dari sini dapat disimpulkan bahwa mesin milling CNC digunakan untuk pemotongan atau pengeboran material dengan sistem komputer.

2. Mesin bubut CNC

Mesin bubut CNC adalah mesin yang dapat digunakan dalam pemrograman preset. Karena itu, operator tidak harus bekerja dengan tangannya sendiri.

Pengerjaan mesin ini dimulai ketika programmer dapat mendesain secara manual bagian dari alat yang ingin dibuatnya.

Hasil file desain komputer yang dikodekan diunggah ke mesin CNC. Nantinya secara otomatis menghasilkan bagian target yang telah diprogram sebelumnya. 

Komponen utama mesin penggilingan CNC

Secara umum, mesin CNC dibagi menjadi tiga bagian yaitu mekanik, listrik, dan kontrol. Berikut penjelasan singkatnya:

1. Bagian-bagian mesin

Bagian-bagian mesin mempunyai fungsi yang berhubungan dengan gerak dan putaran mesin. Ini terdiri dari spindel, meja kerja, slide, dll.

2. Komponen listrik

Tentu saja, komponen listrik memasok daya atau energi ke komponen mekanis untuk melakukan tindakan oleh pengontrol. Ini terdiri dari motor servo, penggerak spindel, motor listrik utama, catu daya, dll.

3. Komponen pengontrol

Sesuai dengan namanya, komponen terakhir ini memiliki kemampuan untuk mengontrol kerja mesin secara keseluruhan. Singkatnya otak dari sebuah mesin CNC.

Share:

0 Komentar