Pengetahuan

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Solar Panel

Taukah kamu apa itu solar panel

maulanakrysna27 April 2022

Masalah kelistrikan menjadi prioritas utama yang harus ditingkatkan dalam kompetisi keluarga. karena penerapan hampir semua perangkat elektronik di rumah bergantung pada listrik. Kenaikan tarif dasar listrik (TDL) membuat Anda berpikir untuk menghemat penggunaan listrik.

Jika Anda tidak berhati-hati, anggaran listrik akan membengkak dan menguras dompet Anda. Jumlah penduduk juga berdampak pada peningkatan kebutuhan listrik.

Ancaman krisis listrik semakin meningkat karena kenaikan harga bahan bakar minyak. Serta terbatasnya sumber daya alam. Hal ini menyebabkan ancaman krisis listrik di Indonesia. Tertarik memasang panel surya sebagai solusi hemat listrik?

Memahami panel surya

Panel surya berfungsi mengubah energi matahari menjadi energi listrik dengan prinsip fotovoltaik. Energi listrik yang dihasilkan akan disimpan dalam baterai. Kemudian digunakan untuk mengoperasikan alat-alat elektronik sesuai dengan kebutuhan listriknya.

Cara kerja panel surya

Secara sederhana, panel surya menyerap dan menyimpan sinar matahari yang dihasilkan baterai. Dengan demikian, sistem dapat berjalan bahkan pada sore, malam , atau saat hujan. Terdapat kabel pada instalasi listrik di dalam rumah yang terintegrasi.

Ketika ada konsumsi listrik dari barang elektronik, otomatis diambil dari baterai. Simak manfaat menggunakan teknologi panel surya di bawah ini.

Manfaat panel surya

Anda mungkin tertarik untuk memasang panel surya di rumah Anda.

1. Hemat tagihan listrik

Kenaikan tarif listrik tentunya berdampak pada kondisi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Apalagi jika tagihan terus naik tanpa menambah pendapatan.

Dengan menggunakan panel surya, Anda dapat mengurangi tagihan listrik hingga 50%. Hal ini dikarenakan kebutuhan listrik di rumah dapat dipenuhi oleh satu orang.

2. Ramah lingkungan

Sistem pembangkit listrik energi matahari berkontribusi pada pelestarian alam. Energi surya merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan selalu tersedia di alam. 

3. Mudah diterapkan di Indonesia

Indonesia merupakan negara tropis. Hal ini membuat negara kita cocok untuk penerapan energi surya. Dengan cara ini, sistem panel surya dapat digunakan di semua rumah di Indonesia. Serta dapat menjadi pembangkit listrik mandiri.

Syarat memasang panel surya di atap rumah

1. Perhatikan lokasi pemasangan

Sistem panel surya biasanya diletakkan di atap rumah. Ini karena merupakan tempat yang paling terbuka.

Namun untuk memaksimalkan energi yang didapatkan, Anda perlu memperhatikan peletakan rumah. Semakin dekat rumah dengan garis khatulistiwa, semakin mudah mendapatkan sinar matahari.

Perhatikan juga arah hadap atap, letak lahan untuk pemasangan sistem panel surya, dan jarak antara panel surya yang dipasang di atap dengan switchboard utama. Dengan mengingat hal ini, Anda dapat merencanakan panel surya di atap rumah. 

2. Beli komponen berkualitas tinggi dari penjual tepercaya

Pastikan menghubungi dan membeli komponen berkualitas tinggi dari penjual dengan garansi produk. Penjual harus memberikan layanan jika terjadi masalah. Hal ini berkaitan dengan instalasi listrik yang dapat berbahaya jika terjadi malfungsi.

Cara memasang panel surya

Panel surya harus dipasang oleh teknisi berpengalaman. Secara umum, teknisi menganalisa kebutuhan panel surya untuk memenuhi pasokan listrik. Anda akan melihat kebutuhan listrik, tagihan dan biaya listrik untuk pemasangan panel surya.

Setelah analisis selesai, penyedia layanan akan melakukan survei di lokasi. Setelah mengunjungi situs, penyedia layanan akan memasang panel surya sesuai kebutuhan. Misalnya, rumah dengan kebutuhan daya 2200 watt membutuhkan sekitar 68 panel dengan ukuran atap 1x2 meter. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait