Pengetahuan

Ingin Jadi Programmer? Inilah Hal - Hal yang Harus Dipahami!

Di era yang serba teknologi, banyak sekali orang - orang yang ingin menjadi seorang programmer. Bagi seoarang mahasiswa IT (khususnya bidang komputer) istilah programmer bukanlah hal yang asing lagi.

Mawarni30 Juli 2022

Banyak sekali orang - orang yang ingin menjadi seorang programmer. Bagi mahasiswa IT istilah programmer bukanlah hal yang asing lagi. Namun, untuk jurusan selain IT tidak akan terfikirkan soal programmer itu.

Seorang programmer tidak akan jauh dari kata - kata teknologi informasi. Teknologi informasi saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari - hari.

Hal ini dibuktikan munculnya aplikasi yang memudahkan siswa untuk membuat tugas, mencari informasi, bahkan tempat traveling dan makan.

Pernah terfikir tidak, bagaimana sih cara menjadi programmer? Hal - hal apa saja yang harus diperhatikan saat menjadi programmer?

Berikut ini hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang programmer handal.

1. Motivasi

Motivasi sangat diperlukan ketika Anda berniat untuk menjadi seorang programmer. Ya bagaimana tidak, ketika mulai belajar Anda akan dihadapkan dengan kode - kode yang tidak pernah diketahui sebelumnya.

Motivasi dapat mendorong Anda untuk tetap semangat dan pantang menyerah. Menjadi programmer tidaklah mudah. Belajar pemrograman membutuhkan perjuangan, kerja keras, serta pengalaman.

Motivasi menjadikan Anda tidak mudah menyerah ketika menghadapi banyak error pada program.

2. Tidak perlu menghafal sintaks

Jangan pernah berpikir ketika belajar pemrograman kita harus menghafal semua sintaks yang ada. Memang menghafal juga dibutuhkan dalam memahami sintaks dan prosedur dalam pemrograman.

Pada prinsipnya belajar pemrograman lebih banyak menggunakan logika dalam melakukan penyelesaian masalah.

3. Tidak boleh menjadi tukang ketik

Ketika dosen memberikan materi praktikum, jangan hanya memandang kode program itu seperti angin yang berlalu. Pastikan Anda memahami setiap kode dan prosedur dalam program tersebut.

Dengan memahami program tersebut akan memudahkan Anda ketika mengerjakan tugas. Kemudian Anda dapat menuangkan kode program itu menurut versi sendiri.

Secara tidak sadar Anda telah melatih cara berfikir dalam proses memecahkan masalah.

4. Jangan mengandalkan pembelajaran di kelas

Belajar pemrograman tidak bisa hanya mengandalkan materi yang diberikan oleh dosen. Pembelajaran pemrograman sangatlah luas. materi yang diberikan oleh dosen dikelas hanyalah sebagian kecil dari pemrograman. Oleh karena itu, cobalah untuk searching internet tentang pemrograman.

Saat ini banyak materi pemrograman yang tersebar di internet. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai bahan untuk memperdalam ilmu tentang pemrograman. Jadi sob, jangan cuma belajar di kampus aja yah!

5. Gabung dengan komunitas programmer

Cobalah cari forum diskusi yang berhubungan dengan programmer. Di internet banyak tersebar grup - grup atau forum diskusi seputar pemrograman. S

emakin banyak kita bergaul dengan programmer, makin banyak ilmu dan pengalaman yang didapatkan. Oleh karena itu jangan sampai lewatkan kesempatan ini ya sob!

6. Jaga pola makan

Hal yang sering dialami oleh seorang programmer adalah gangguan kesehatan. Seorang programmer dituntut untuk berfikir logika serta proses penyelesaian harus diselesaikan secepat mungkin. Hal inilah yang menyebabkan programmer sering begadang bahkan hingga tidak tidur.

Oleh karena itu, pola tidur menjadi terganggu. Jadi kita harus selalu menjaga pola makan yang sehat agar kesehatan selalu terjaga.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait