Teknologi

Ini Tahap - Tahap Evolusi Insfrastuktur TI

Infrastruktur Teknologi Informasi merupakan sumber daya teknologi infromsi yang menyediakan platform untuk sistem informasi perusahaan.

Mawarni18 Oktober 2022

Infrastruktur Teknologi Informasi merupakan sumber daya  informasi yang menyediakan platform informasi perusahaan. Infrastruktur TI terdiri dari fasilitas fisik, jasa dan manajemen sebagai pendukung sumber daya komputasi. 

Dalam evolusi infrastruktur teknologi informasi ada lima tahapan yang dilalui. Masing - masing memiliki konfigurasi yang berbeda. Adapun lima tahapan itu adalah :

Mainframe yang digunakan untuk kebutuhan umum dan komputasi komputer mini.

  • Komputer pribadi
  • Jaringan client/server
  • Komputasi enterprise
  • Cloud dan mobile computing
  • Perkembangan Teknologi Informasi

Teknologi informasi memudahkan menyampaikan informasi dan data di dalam kehidupan sehari - hari. Contoh penggunaan teknologi informasi adalah pengelolaan data menjadi lebih cepat, tepat dan akurat. 

Perkembangan teknologi berperan penting di berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, kepemerintahan dan lain sebagainya. Saat ini, teknologi terus berkembang mengikuti kebutuhan manusia. Bagi organisasi, teknologi selalu digunakan untuk mempermudah perusahaan dan bisa menyesuaikan dengan lingkungannya.

Pergerakan teknologi dari evolusi infrastruktur

Perkembangan teknologi informasi dihasilkan dari  pemrosesan perangkat keras dan perangkat lunak. Perkembangan evolusi TI dapat dilihat dalam perkembangan teknologi informasi berikut ini :

Hukum Moore dan daya pemrosesan mikro

Hukum moore merupakan hukum yang sangat terkenal di dalam industri mikroprosesor. Pertama kali di kenalkan oleh Gordon E. Moore yang merupakan pendiri Intel. Ia mengatakan Pertumbuhan kecepatan mikroprosesor mengikuti rumusan peningkatan eksponensial.

Hukum Moore telah dijadikan target yang ingin dicapai dalam pengembangan industri semikonduktor. Secara tidak langsung hukum moore mengendalikan semua orang untuk mengembangkan prosesor. Para peneliti terus berusaha menjadikan hukum moore dalam melakukan pengembangan produknya.

Hukum penyimpanan digital besar

Hukum ini menjelaskan tentang penurunan eksponensial dalam biaya penyimpanan data.

Hukum Metcalfe dan ekonomi jaringan

Kedua hukum sebelumnya membantu untuk memahami sumber - sumber komputasi yang tersedia saat ini. Hukum ini menjelaskan peningkatan secara eksponensial anggota jaringan semakin banyak lagi.

Perkembangan teknologi informasi memperlihatkan bagaimana pemrosesan komputer, chip memori, perangkat penyimpanan, telekomunikasi, dan jaringan hardware dan software.

Teknologi informasi memberikan manfaat bagi perusahaan seperti menghasilkan informasi serta meningkatkan efisiensi pekerjaan. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap pertahanan perusahaan dalam bersaing dengan para pesaingnya.

Evolusi juga dijadikan sebagai pedoman di dalam sebuah perkembangan infrastruktur teknologi informasi perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan menerapkan kebijakan  untuk kepentingan yang berbeda.

Mengurangi biaya komunikasi dan internet

Penurunan biaya komunikasi yang sangat cepat dan peningkatan ukuran internet secara eksponensial. Diperkirakan  1,1 milyar orang yang memiliki akses internet di seluruh dunia. Atau 175 juta penduduk berada di Amerika Serikat.

Dengan demikian penurunan penggunaan telekomunikasi semakin meningkat dikarenakan pengaksesan komunikasi dilakukan dengan internet. Peningkatan pertumbuhan internet disebabkan oleh turunnya biaya koneksi internet dan biaya komunikasi secara keseluruhan. Hal ini dapat menjadi peluang bisnis teknologi pada standar - standar komputasi dan komunikasi.

Dampak jaringan dan standar

Infrastruktur yang dimiliki oleh perusahaan dan komputasi internet dapat melakukan kesepakatan antara produsen dan konsumen secara luas. Standar teknologi tersebut dapat menentukan spesifikasi kompatibilitas dari produk dan kemampuan komunikasi dalam jaringan yang digunakan.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait