Teknologi

Memahami Pentingnya Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi antara manusia dan komputer (IMK) atau human-computer interaction (HCI) akan selalu ada. Hal ini dikarenakan komputer sendiri merupakan buatan dari manusia.

Mawarni15 Oktober 2022

Interaksi antara manusia dan komputer (IMK) atau human-computer interaction (HCI) akan selalu ada. Hal ini dikarenakan komputer sendiri merupakan buatan dari manusia. Interaksi manusia dan komputer adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara mendesain, mengevaluasi, serta mengimplementasikannya kedalam sistem komputer sehingga dapat digunakan manusia. Dalam kehidupan sehari - hari, interaksi manusia dan komputer sangat sering dijumpai.

Komputer sendiri memiliki 3 aspek utama yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (brainware). Ketiga aspek tersebut tidak dapat dipisahkan. Komputer tidak akan dapat digunakan apabila salah satu dari aspek tersebut tidak ada. 

Salah satu hal terpenting dalam bidang HCI adalah antarmuka pengguna. Antarmuka pengguna adalah bagian sistem yang akan dikendalikan oleh pengguna. Berikut ini adalah prinsip - prinsip kerja pada sebuah sistem komputer.

  • Input unit//masukan

Bagian yang menerima atau memasukan data serta instruksi.

  • CPU/Proses

Bagian yang berfungsi untuk melaksanakan serta mengatur instruksi, termasuk untuk menghitung dan membandingkan.

  • Output Unit/Keluaran

Bagian yang mengatur hasil proses yang ditampilkan secara virtual maupun secara fisik.

Tujuan Rekayasa Sistem Interaksi Manusia dan Komputer

Tujuan rekayasa interaksi manusia dan komputer adalah sebagai berikut :

1. Fungsionalitas yang semestinya

Sistem fungsionalitas yang kurang memadai biasanya akan mengecewakan pengguna dan akan ditolak penggunanya. Sistem yang fungsionalitasnya berlebihan akan cenderung berbahaya karena sulit digunakan.

2. Kehandalan, ketersediaan, keamanan, dan integritas data

  • Dimana Kehandalan dapat berfungsi sebagaimana yang di inginkan.
  • Ketersediaan data ketika ingin digunakan
  • Keamanan data terlindungi dari hal - hal atau kerusakan yang tidak diinginkan.
  • Integritas data yang terjamin kebutuhannya.

Aspek manusia dalam interaksi dengan komputer

Berikut beberapa aspek yang mempengaruihi manusia dalam interaksi dengan komputer antara lain :

1. Aspek penglihatan

Penglihatan merupakan bagian dari salah satu panca indera manusia yang sangat berharga. Para ahli berpendapat, mata manusia digunakan untuk melakukan beberapa hal yaitu gerakan, ukuran, bentuk, jarak, posisi relatif, tekstur, dan warna. Dalam dunia nyata mata kita terbiasa melihat benda 3 dimensi.

Namun, dalam komputer yang menggunakan layar 2 dimensi, mata kita dipaksa untuk melihat objek pada layar tampilan. Seharusnya objek dua dimensi dipahami dengan objek 3 dimensi dengan teknik- teknik tertentu. 

2. Aspek pendengaran

Sudah ada beberapa aplikasi yang memanfaatkan media suara sebagai feedback kepada user. Pemanfaatan media suara dapat kita lihat pada dunia multimedia. 

3. Aspek sentuhan

Pada asek ini jari jemari kita akan lebih sensitif dengan perubahan tekanan. Sensasi tekanan akan muncul pada program aplikasi yang sifatnya konstan. Pengguna keyboard akan mengeluh saat memakai keyboard yang memiliki tekanan yang keras. Hal ini mempercepat rasa lelah dan sakit, serta rasa jengkel juga akan muncul.

4. Pemodelan sistem pengolahan

Sistem komputer terdiri dari prosesor dan memori.

5. Pengendalian motorik

Pengendalian pada motorik manusia dapat dilatih dengan melakukan mengetik 10 jari. Dalam satu menit dapat menghasilkan 1000 huruf. 
 

Share:

0 Komentar